Sistem operasi Windows 11. (Dok. Windows/Microsoft)

Ada yang Hilang & Diganti dengan Windows 11, Apa Saja Fiturnya?

25 June 2021   |   13:19 WIB

Baru-baru ini, Windows 11 dikenalkan kepada publik melalui reveal event daring yang berlangsung pada Kamis (24/6). Selain mengenalkan beberapa desain baru serta pembaruan fitur, ada juga beberapa fitur yang dihilangkan dari Windows 11.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Microsoft, berikut beberapa fitur yang dihilangkan atau diubah dalam sistem operasi terbaru kali ini.

1. Fitur asisten Cortana tidak akan dimasukkan ke dalam pengalaman boot pertama atau disematkan di dalam Taskbar.

2. Live Tiles tidak akan tersedia di dalam menu Start dan akan dihilangkan dalam sistem operasi ini. Tidak hanya itu, aplikasi yang disematkan di menu Start juga tidak akan masuk ke dalamnya dan belum bisa diatur ukurannya.

3. Tablet mode dihapus dan digantikan dengan fungsi dan kapabilitas baru termasuk penyesuaian Windows dalam tablet ketika dipasang keyboard terpisah (attached keyboard) dan ketika keyboard dilepas. Fitur S Mode yan sebelumnya ada di Windows 10 untuk pengguna tablet juga akan tersedia hanya di Windows 11 Home.

4. Skype tidak akan dimasukkan ke dalam pemabaruan di Windows 11 dan digantikan oleh integrasi Microsoft Teams.

5. Aplikasi OneNote untuk Windows 10 dihilangkan di dalam instalasi Windows 11.

6. Paint 3D dan 3D Viewer yang menjadi beberapa hal yang difokuskan pada Windows 10 akan dimasukkan dalam Windows 11 semenjak dicabut dari Windows 10 Insider Build pada Maret 2021.

7. Aplikasi yang tidak masuk ke dalam aplikasi bawaan di Windows 11 tetap bisa diunduh di Microsoft Store sesuai kebutuhan.

8. Internet Explorer (IE) sudah tidak bisa digunakan dan diganti dengan Microsoft Edge. Penggunaan browser ini disarankan karena penyesuaian Windows dan untuk mengakali desain agar pengalaman menggunakan Edge terasa seperti IE, Microsoft memasukan mode IE yang berguna dalam beberapa situasi.

9. Fitur Snipping Tool akan tetap ada, hanya saja desainnya dan fungsi yang ada pada Windows 10 digantikan dengan fitur Snip & Sketch.

10. Fitur sematan aplikasi di Taskbar akan dihilangkan dan hanya bisa diletakkan di bagian bawah Windows

11. Selain itu, aplikasi tidak lagi bisa menyesuaikan ukuran di Taskbar.

Ketinggalan dengan pengenalan sistem operasi Windows 11? Simak video singkatnya di bawah ini!
 



Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Wow, Musik Video Lagu How You Like That BlackPink Tembus 900 Juta Viewers di YouTube

BERIKUTNYA

Bikin Kejutan, TWICE Bakal Debut Single Digital Berbahasa Inggris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: