Sistem operasi iOS 16 memungkinkan personalisasi tampilan lock screen iPhone (Sumber gambar : Pixabay)

Cek Keistimewaan Fitur Lock Screen di Sistem Operasi iOS 16

16 September 2022   |   09:30 WIB

Like
Raksasa teknologi Apple meluncurkan sistem operasi seluler terbaru mereka yakni iOS 16 pada awal pekan ini. Penerus dari peranti lunak iOS 15 ini memuat beragam fitur anyar dan pembaruan yang cukup siginifikan. Salah satu yang menjadi sorotan yakni fitur lock screen yang dibuat menjadi lebih pribadi, indah, dan disesuaikan dengan gaya pengguna. 

Pemabruan lock screen atau layar kunci bisa dikatakan sebagai fitur unggulan iOS 16. Layar kunci ini bisa ditata ulang sedemikian rupa, bukan lagi hanya sekadar tampilan jam dan pemberitahuan pesan. Sistem operasi baru Apple hadir dengan Widget baru di tampilan depannya. 

Pengguna kini bisa lebih mudah mendapatkan informasi secara sekilas di bagian lock screen seperti kalender, tingkat baterai, alarm, zona waktu, maupun pengingat aktivitas langsung, dan maish banyak yang lainnya. Semuanya akan tampil di bagian lock screen tanpa harus menggeser layar untuk membuka kunci.

Kalian juga bisa menampilkan foto pilihan dari Gallery di Lock Screen, atau kumpulan foto dinamis yang diacak sepanjang hari. Bisa menggunaan koleksi wallpaper Apple yang mencakup citra ikonik dari Apple. Misalnya, wallpaper Cuaca untuk melihat kondisi cuaca langsung saat berubah sepanjang hari dan wallpaper Astronomi untuk pemandangan Bumi, bulan, dan tata surya. 

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Fitur Sorotan iPhone 14 Series dari Apple 
 

Tampilan Lock Screen pada iOS 16 (Sumber gambar : Apple)

Tampilan Lock Screen pada iOS 16 (Sumber gambar : Apple)


Selain itu, pengguna sistem operasi iOS 16 juga dapat membuat desain unik dengan emoji dan kombinasi warna favorit. Dengan gaya Lock Screen yang baru, kamu dapat beralih di antara subjek favorit hanya dengan menggesek.

Notifikasi pun didesain ulang. Sekarang notifikasi bergulir dari bawah untuk menawarkan tampilan Lock Screen yang jelas, dan pengguna dapat memilih untuk melihat notifikasi dalam daftar yang diperluas, ditumpuk, atau sebagai tampilan hitungan.

Tidak hanya itu, dengan iOS 16, Fokus pun lebih mudah diatur dan menjadi lebih kuat dengan menghubungkan ke Lock Screen, memberi pengguna cara untuk menggesek ke Lock Screen yang ditentukan untuk mengaktifkan Fokus yang sesuai. 

Baca juga: Cek Fitur Lengkap dan Cara Update iOS 16 
 

Tampilan Fokus di Lock Screen pada iOS 16 (Sumber gambar : Apple)

Tampilan Fokus di Lock Screen pada iOS 16 (Sumber gambar : Apple)


Dengan filter Fokus, aplikasi seperti Kalender, Mail, Pesan, dan Safari hanya dapat menampilkan konten yang relevan dengan fokus pengguna. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka menemukan keseimbangan yang lebih baik.

Masih banyak lagi fitur-fitur yang tersedia di iOS 16 ini dan membuat pengalaman baru bagi pengguna Apple dalam memakai perangkat iPhone. Kendati demikian, peranti lunak ini tidak bisa digunakan untuk semua seri iPhone ya. 

Berikut ini adalah seri iPhone yang bisa mendapatkan dukungan sistem operasi iOS 16:
  • iPhone 8 series (iPhone 8 & iPhone 8 Plus)
  • iPhone SE (Generasi 2 & 3)                                
  • iPhone X series (iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR)
  • iPhone 11 series (iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max)
  • iPhone 12 series (iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max)
  • iPhone 13 series (iPhone 13, iPhone 13 mini, iPhone 13 Pro, dan iPhone 13 Pro Max)
  • iPhone 14 series (iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, iPhone 14 Pro Max)

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah
SEBELUMNYA

Langit Ukraina Diserbu UFO? Begini Penjelasan Astronom

BERIKUTNYA

Hari Ozon Internasional, Simak Sejarah & Cara Ikut Serta Melestarikannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: