The Lord of The Rings: The Rings of Power (Sumber gambar: Amazon Prime)

Sukses Mana: ‘The Rings of Power’ Atau ‘House of the Dragon’?

15 September 2022   |   16:26 WIB

Genhype sudah menonton film blockbuster The Lord of The Rings: The Rings of Power dari Amazon Prime dan House of the Dragon dari HBO? Kedua film tersebut saat ini menyedot banyak perhatian karena memiliki penggemar yang kuat, cerita fantasi yang menarik, dengan biaya produksi yang sangat besar untuk ukuran serial televisi.

The Rings of Power merupakan prekuel dari film legendaris The Lord of The Rings dan The Hobbits dari buku karya J. R. R. Tolkien, sementara House of the Dragon juga berupa kisah prekuel dari serial sukses Game of Thrones (tayang pada 2011–2019) yang dibuat oleh George R. R. Martin.

Kedua film fantasi tersebut menjadi film waralaba paling populer dalam 25 tahun terakhir, dengan biaya produksi yang sangat besar, hampir US$200 juta untuk House of the Dragon dan US$465 juta untuk Rings of Power dan tayang perdanan hanya selisih dua pekan (House of the Dragon tayang lebih dahulu).

Kedua film juga mendapat penilaian hampir sama dari penonton. Skor Rotten Tomatoes untuk The Rings of Power dan House of the Dragon hampir sempurna, dengan House of the Dragon mendapat nilai 85 persen dan The Rings Of Power 84 persen, dan untuk episode kedua, keduanya mendapat poin sama 86 persen.

Sementara itu, Top Critics Rotten Tomatoes memberikan 81 persen untuk episode pertama The Rings of Power dan episode kedua 86 persen dengan rata-rata 84 persen, sedangkan dua episode pertama House of the Dragon menerima 79 persen dan 75 persen dari Top Critics dengan rata-rata 77 persen .

Adapun jumlah episode The Rings of Power adalah delapan episode untuk musim pertamanya, sementara House of the Dragon berjumlah 10 episode. jadi masih ada banyak waktu untuk melihat perkembangan skor dalam musim pertama kedua film tersebut.
 

House of the Dragon/HBO

House of the Dragon (Sumber gambar: HBO)


Dari kedua film seri yang lagi tayang tersebut, mana yang lebih sukses dan menarik jumlah penonton terbanyak? Untuk mengetahuinya tentu tidak semudah membandingkan film tayang di bioskop yang menghitungnya berdasar tiket yang dibeli penonton.

Belum ada cara yang disepakati untuk menghitung penonton film di televisi, sehingga setiap stasiun televisi punya cara menghitung sendiri-sendiri.

Baca juga: Daftar Film Serial TV Sekelas Box Office yang Lagi Tayang

Bila melihat hasil riset dari lembaga riset Samba TV, penonton di Amerika Serikat atas House of the Dragon jauh lebih banyak, mencapai 4,8 juta pada empat hari penayangannya di HBO dan HBO Max, sementara penonton premiere Rings of Power berjumlah 1,8 juta pada empat hari penayangannya di Prime Video.

Penghitungan Samba TV hanya menggunakan teknologi pengenalan konten otomatis miliknya pada Smart TV yang disertakan di 28 juta perangkat AS, tanpa memperhitungkan perangkat non-TV seperti ponsel dan laptop.

Namun, Amazon mengklaim bahwa pemutaran perdana Rings of Power mampu menarik 25 juta pemirsa secara global pada hari pertama, kendati masih belum jelas bagaimana Amazon mendefinisikan menonton (menonton hanya lima menit pertama dari sebuah episode, atau bagaimana).

Sementara itu, House of the Dragon ditayangkan perdana kepada hampir 10 juta pemirsa di Amerika Serikat pada Minggu malam di seluruh HBO dan HBO Max  dengan penayangan perdana meningkat menjadi lebih dari 20 juta pemirsa domestik pada pekan pertama penayangannya.

Dengan demikian, jumlah penonton kedua film seri tersebut masih saling berkejaran, dan baru akan diketahui setelah kedua serial itu selesai tayang keseluruhan episodenya.

Jadi tidak ada salahnya untuk menonton kedua film tersebut karena keduanya memang film yang mengagumkan untuk serial di televisi.


Editor: Indyah Sutriningrum

SEBELUMNYA

Yuk Tahu Sejarah Seni Rupa Kontemporer

BERIKUTNYA

Punya Anak Berkebutuhan Khusus? Pahami Hal Ini Sebelum Belajar di Sekolah Luar Biasa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: