Papan ketik di layar atau onscreen keyboard (sumber gambar: Tangkapan layar Windows)

Sulit Ketik Karakter Tertentu? Manfaatkan Keyboard Khusus di Windows

15 September 2022   |   14:34 WIB

Genhype pernah memperhatikan papan ketik atau keyboard komputer yang dipergunakan? Berapa banyak karakter yang dapat ditemukan di papan ketik Kalian? Sebuah papan ketik standar biasanya memiliki sekitar 100-an lebih tombol. Ini saja tidak dapat menampung semua karakter dan simbol yang dikenal oleh komputer.

Sebagai contoh, bagaimana caranya bila Kalian ingin mengetikkan simbol mata uang yang  belum tentu berada di papan ketik namun sering digunakan seperti Euro dan Yen?

Pada saat ini emoji juga sudah menjadi simbol tambahan untuk berkomunikasi buat banyak orang. Sistem operasi ponsel pintar (Android dan iOS) sudah lebih dulu mengintegrasikan fitur emoji ke dalam papan ketiknya.

Lain ceritanya dengan sistem operasi komputer pribadi. Karena kebanyakan komputer pribadi mengandalkan papan ketik fisik, kebanyakan fitur baru ini lebih sulit ditemukan oleh penggunanya.

Sebenarnya Windows sudah memperkenalkan papan ketik khusus untuk berbagai simbol dan emoji yang tidak dapat ditemukan di papan ketik fisik. Selain itu, papan ketik khusus ini juga mendukung animasi GIF (berkat dukungan Tenor).

Papan ketik khusus lain yang juga bisa kita gunakan adalah papan ketik virtual (on screen keyboard). Papan ketik ini lebih ditujukan untuk mereplikasi fungsi papan ketik fisik di layar komputer. Karena itu kebanyakan orang dengan akses papan ketik fisik mungkin tidak akan memerlukannya. Namun papan ketik ini cukup bermanfaat untuk situasi tertentu.


Papan ketik untuk emoji

 
Papan ketik emoji/Tangkapan layar
Pernahkah Genhype ingin mengetikkan emoji ketika mengirimkan pesan media sosial di komputer? Atau memakai emoji di surat elektronik dan dokumen agar tulisan terlihat lebih hidup? Bila Anda menggunakan Windows, saat ini Microsoft sudah mendukung fitur emoji untuk Windows 10 dan 11.

Untuk mengaktifkan fitur ini, tekan tombol Windows +  titik (.). Ini akan menampilkan papan ketik khusus. Anda bisa memilih emoji secara manual atau melakukan pencarian dengan kata kunci.

Selain emoji, kita juga bisa mencari emoticon (menggunakan karakter ASCII) dan kaomoji (emoticon, tetapi dengan karakter khusus, yang pertama kali dipopulerkan di Jepang). Kaomoji sempat populer tetapi saat ini tampaknya sudah digusur oleh emoji. Bila Anda masih suka menggunakannya, Anda bisa memilih kaomoji dari papan ketik khusus ini.

Beberapa reaksi mungkin tidak cukup diungkapkan lewat emoji. Animasi GIF saat ini juga sudah menjadi cara populer untuk berkomunikasi di media sosial dan berbagai aplikasi daring lainnya. Anda bisa memasukkannya dari Windows dari papan ketik khusus ini.

Papan ketik khusus ini juga bisa digunakan untuk memasukkan simbol-simbol, misalnya simbol mata uang dan simbol matematika. Karakter khusus dalam alfabet Latin yang diperluas (misalnya, é, ö, ?) yang biasa ditemukan pada berbagai bahasa Eropa juga bisa dimasukkan dari sini. Terdapat juga karakter dari alfabet Yunani. Ini akan membantu bila Anda harus memasukkan karakter tertentu yang tidak didukung oleh papan ketik fisik yang sedang digunakan saat ini.


Papan ketik di layar

On screen keyboard (papan ketik di layar) adalah alternatif untuk papan ketik fisik. Ini bisa digunakan misalnya bila papan ketik Anda ternyata rusak, namun Anda masih punya akses ke tetikus atau touchpad.

Papan ketik di layar ini bisa langsung diaktifkan saat masuk log Windows. Bila Anda memerlukannya setelah masuk log, pilih menu Settings, lalu klik opsi Accesibility dan Keyboard. Akan ada pilihan untuk mengaktifkan papan ketik di layar.

Papan ketik di layar ini meniru setelan bahasa yang Anda gunakan. Jadi kita tidak akan bisa menggunakannya untuk memasukkan huruf Yunani bila Windows menggunakan bahasa Inggris atau Indonesia.

Editor: M R Purboyo
 
SEBELUMNYA

Ini Karya Mural Terbesar di Dunia

BERIKUTNYA

Jadi Kontroversi, Ini Alasan Utama Disney Pilih Halle Bailey Jadi Ariel The Little Mermaid

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: