Ada banyak papan tik atau keyboard yang beredar di pasaran (Sumber gambar: Unsplash/Martin Garrido)

Memiliki Fungsi Sama, Ini Perbedaan hingga Kelebihan Membrane & Mechanical Keyboard 

15 May 2022   |   19:05 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pengguna komputer perlu tahu bahwa ada banyak jenis papan tik (keyboard) yang beredar di pasaran. Tiap jenisnya juga menawarkan pengaturan seperti tombol dan fitur lainnya secara berbeda-beda, untuk keperluan penggunaan tertentu. 

Salah dua keyboard yang banyak digunakan adalah jenis membran (membrane keyboard) dan mekanis (mechanical keyboard). Apakah kalian cukup familiar dengan keduanya? Barangkali iya atau justru tidak, berikut ini adalah perbedaan di antara dua jenis papan tik tersebut. 
 

Keyboard Membran 

Papan tik membran pada umumnya terdiri atas tiga lapisan, yakni membran atas, lubang kunci, dan membran bawah. Pada perangkat ini, tiap kali pengguna menekan tombol, sinyal melewati lapisan-lapisan tersebut untuk mencapai sirkuit konduktif. 

Ini adalah keyboard berlapis karet dan bodinya berbahan plastik yang banyak ditemui dan menjadi pilihan banyak orang karena harganya yang terjangkau. Kendati tergolong murah, tentu saja ada sejumlah kelebihan dari perangkat ini dibandingkan papan tik mekanik. 
 
  • Kelebihan Membran Keyboard 

    Perangkat mengetik ini dirancang untuk melayani kebutuhan pengguna yang memiliki anggaran terbatas. Jadi tentu saja harganya yang lebih murah. Salah satu keunggulannya adalah bentuknya yang ergonomis. 

    Jenis membran ini juga secara umum bersifat lebih fleksibel karena biasanya terbuat dari bahan plastik yang ringan, sementara papan tik mekanik banyak yang terbuat dari komponen logam untuk ketangguhan yang lebih. 

    Tak hanya itu, membrane keyboard juga tidak menghasilkan banyak suara karena tidak memakai sakelar pegas. Seperti disebutkan, papan tik ini memakai lapisan karet untuk mengekang umpan balik yang membuatnya lebih tidak berisik. 


Keyboard Mekanis 

Berbeda dengan jenis membran, pada papan tik mekanik, setiap tombol yang ada menggunakan sakelar individual. Sakelar ini menggantikan lapisan karet dengan mekanisme yang berjalan di setiap bawah tombol. 

Perangkat ini juga membutuhkan tekanan yang jauh lebih sedikit untuk menghasilkan pencatatan yang diinginkan. Selain itu, keyboard dianggap lebih akurat ketimbang tipe sebelah karena alasan sakelar tadi. 
 
  • Kelebihan Keyboard Mekanis 

    Mechanical keyboard biasanya menawarkan beberapa fitur penting yang tidak ada pada membrane keyboard misalnya rollover n-key, anti ghosting, dan tombol makro yang bagi sebagian pengguna merupakan perkara penting. 

    Secara umum, papan tik ini juga menjadi pilihan banyak orang karena memiliki waktu respons yang cepat, ketahanan perangkat yang lebih lama dan baik, serta beberapa opsi konektivitas yang lebih beragam. 

    Selain itu, keyboard mechanical memiliki beberapa tipe yang bisa disesuaikan dengan preferensi pengguna. Umumnya ada tiga tipe dasar sakelar yang ada di pasaran yakni linear, taktil, dan klik. Tiap sakelar akan dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda pula. 
     

Baca juga: Google Keyboard Kini Punya Fitur Grammar Check untuk Semua Ponsel Android


Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Mari Berkenalan dengan 10 Tokoh Ikonik dalam Film Srimulat: Hil yang Mustahal

BERIKUTNYA

Sistem Operasi Android 13 Bakal Punya Fitur Peringatan Gempa 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: