Pembuatan mural terbesar di Korea Selatan menghabiskan 865.400 liter cat (sumber gambar: tangkapan layar laman Guinness World Records)

Ini Karya Mural Terbesar di Dunia

15 September 2022   |   14:21 WIB

Mural merupakan salah satu dari banyak jenis karya seni rupa, dan biasanya dibuat di luar ruangan. Mural yang lahir dari tangan terampil para seniman tidak jarang dibuat dalam ukuran yang tidak biasa, dan membuatnya menjadi yang terbesar di dunia.

Sejumlah seniman tercatat telah berhasil membuat karya seni rupa mural dengan ukuran puluhan ribu meter persegi di luar ruangan. Tidak hanya itu, karya seni yang mempercantik dinding, bangunan, atau pun ruang terbuka di luar ruangan bahkan ada yang tercatat di dalam catatan rekor dunia, atau Guinness World Records.

Baca juga: 5 Seniman Mural Dunia yang Karyanya Mengundang Kontroversi

Berikut mural-mural besar yang ada di dunia.


Lilith dan Olaf

Mural karya seniman Ella dan Pitr ini terdapat pada festival NuArt di Norwegia pada 2015 silam. Memiliki ukuran 21.000 m2, karya sang seniman berada di sebuah atap bangunan di Klepp, Rogaland Country.

Dilansir dari laman Arts & Culture, mural Lilith & Olaf terinspirasi dari kisah alkitabiah karena Lilith terkadang ditampilkan sebagai istri pertama Adam. Dia, disebutkan dalam laman, diciptakan dari tanah liat yang sama dengan Adam, tapi menolak untuk tunduk dan kemudian memberontak melawan Tuhan dan sang suami.
 

 Lilith & Olaf /Facebook

Lilith & Olaf /Facebook Ella & Pieter

Lilith menjadi sebuah simbol feminisme karena memiliki sebuah keinginan untuk kemerdekaan dan kesetaraan. Karya itu menggambarkan sosok wanita monokromatik yang menggunakan celana pendek dan tank top sambil meringkuk.

Kedua seniman secara teratur memasukkan batas fisik permukaan dalam karya mural ini. Sang seniman menjadikan tepi atap tempat murah dibuat sebagai bingkai sekaligus memperlihatkan bagaimana subjek utama terlihat terbatas dalam bergerak.

Di karya ini juga terdapat gambar pria bermahkota di sudut yang mewakili Raja Olaf 1 dari Norwegia yang memerintah pada 995 – 1000.


Pueblo Levee Mural Project


Mural dengan ukuran terbesar lainnya yang ada di dunia adalah mural dalam Pueblo Levee Mural Project di sepanjang tanggul sungai Arkansas.
 

Pueblo Levee Mural Project/website Pueblo Levee Mural Project

Pueblo Levee Mural Project/website Pueblo Levee Mural Project

Sebagaimana dilansir dari pueblolevee.org, mural kontinu sepanjang 3 mil yang terletak di Pueblo, Colorado ini telah mendapatkan sertifikat dari Guinness Book of Records sebagai lukisan terpanjang di dunia.

Karya seni mural ini adalah karya mahasiswa Colorado State University, Pueblo yang pada awalnya membuat mural dengan sembunyi-sembunyi agar tidak diketahui oleh pihak yang berwenang.

Masyarakat yang mengetahui pekerjaan mereka pada 1970-an itu pada akhirnya memberikan dukungan. Mural yang terdapat di sepanjang sungai Arkansas itu mencapai 47 mural.


Mural di Incheon


Karya seni mural terbesar lainnya yang ada di dunia adalah sebuah mural yang terlukis di silo gandum di Incheon, Korea Selatan. Guinness World Records bahkan menganugerahkan karya mural ini sebagai mural terbesar di luar ruangan pada 2018 silam dengan ukuran 23.688,7 m2.

Pihak yang terlibat dalam pembuatan karya ini adalah Industry Promotion Division, Incheon Metropolitan City, Incheon Port Authority, Korea TBT Co. Ltd. dan Incheon Business Information Technopark.

Dilansir dari Korea Times, Pemerintah Kota Incheon dan Otoritas Pelabuhan Incheon pada saat itu menugaskan 22 seniman dan menghabiskan 550 juta won untuk proyek pembuatan mural ini.

Tidak hanya itu, karya dengan medium cat ini juga menghabiskan 865.400 liter cat. Karya ini menggambarkan seorang anak laki-laki tumbuh dewasa dan satu set lengkap 16 buku.

Proyek pembuatan mural itu adalah bagian dari upaya untuk mengubah pandangan negatif tentang fasilitas industri yang sudah tua. Karya ini juga untuk menyatukan antara penduduk dengan kegiatan bisnis yang ada di daerah itu. Lebih dari itu, pemerintah pada saat itu juga berharap mural yang tercipta mendorong para wisatawan untuk datang.

Baca juga: 5 Mural Keren di Singapura yang Wajib Genhype Kunjungi

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Film INANG Ungkap Seramnya Rahasia Keji Ritual Rabu Wekasan pada Ibu Hamil 

BERIKUTNYA

Sulit Ketik Karakter Tertentu? Manfaatkan Keyboard Khusus di Windows

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: