Ilustrasi orang belanja (Sumber gambar: Freepik)

Daftar 5 Mal Terbesar di Indonesia, Cocok Buat Kalian Shopaholic

15 September 2022   |   15:05 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Hampir setiap kota di Indonesia mempunyai pusat perbelanjaan atau mal. Tiap-tiap pusat perbelanjaan itu memiliki keunggulan dan kekhasannya masing-masing. Satu dari beberapa daya tarik yang dimiliki oleh mal-mal itu adalah kelengkapan fasilitas dan tenannya. Semakin lengkap, artinya kian menarik untuk didatangi. 

Kelengkapan ini biasanya ada pada mal dengan kapasitas besar. Di dalamnya terdapat berbagai macam fasilitas hingga sajian untuk memanjakan pengunjung. Mal-mal besar ini cocok buat kalian para shopaholic. Namun, di mana mal terbesar di Indonesia? 

Apabila kalian mengira pusat perbelanjaan terbesar berada di Jakarta, anggapan itu tidak tepat. Salah satu mal terbesar justru berada di kota besar, di Jawa Timur. Meskipun begitu, beberapa mal di Ibu Kota tetap masuk dalam daftar pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia. 

Baca juga: 6 Perbedaan Menarik Gaya Belanja Pria & Wanita, Yuk Intip Fakta-faktanya

Tidak cuma ukuran, berbagai mal terbesar ini juga memiliki ciri khasnya masing-masing. Hal itu tentu jadi daya tarik yang membuat masyarakat berbondong-bondong belanja di tempat tersebut. Lantas apa saja mal terbesar di Indonesia? Berikut daftar mal terbesar di Indonesia yang Hypeabis.id himpun dari berbagai sumber.
 

Pakuwon Mall

 

Pakuwon Mall (Sumber gambar: pakuwonjaticom)

Pakuwon Mall (Sumber gambar: pakuwonjaticom)

Banyak orang akan menebak mal terbesar di Indonesia berada di Jakarta. Namun, mal terbesar di Indonesia justru berada di Surabaya, Jawa Timur. Nama mal tersebut adalah Pakuwon Mall. Sesuai namanya, mal ini dikelola dan dikembangkan oleh Grup Pakuwon.

Pakuwon Mall sudah dibuka untuk umum sejak 2003. Saat ini namanya masih Supermal Pakuwon Indah, lalu pada 2017 mengalami perluasan dan baru diubah menjadi Pakuwon Mall. Dengan luas lantai sekitar 200.000 meter persegi, Pakuwon Mall bisa dibilang sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Indonesia.
 

Tunjungan Plaza Surabaya

 

Tunjungan Plaza (Sumber gambar: tunjunganplaza.com)

Tunjungan Plaza (Sumber gambar: tunjunganplaza.com)

Masih terletak di Surabaya, Tunjungan Plaza ternyata juga termasuk salah satu mal terbesar di Indonesia. Dengan luas sekitar 170.000 meter persegi, mal ini jadi salah satu favorit tempat belanja bagi orang Surabaya.

Lantaran sangat luas, mal ini bahkan sampai dibagi menjadi enam pusat perbelanjaan, dari Tunjungan I sampai Tunjungan VI. Selain menjadi yang terbesar, Tunjungan Plaza juga termasuk mal legend karena sudah didirikan sejak 1986.
 

Summarecon Mall Kelapa Gading

 

Summarecon Mall Kelapa Gading (Sumber gambar: malkelapagading.com)

Summarecon Mall Kelapa Gading (Sumber gambar: malkelapagading.com)

Summarecon Mall juga termasuk mal yang masuk ke deretan terbesar di Indonesia. Berada di pusat bisnis Kelapa Gading, Jakarta, mal ini juga terhubung dengan kawasan komersial lain. Sempat beberapa kali direnovasi dan mengalami perluasan, saat ini Summarecon Mall memiliki luas sekitar 150.000 meter persegi.

Lantaran termasuk salah satu mal terbesar di Indonesia, Summarecon Mall Kelapa Gading juga sering mengadakan berbagai acara-acara besar, seperti Jakarta Fashion and Food Festival. Mal ini sendiri saat ini dikelola oleh PT Summarecon Agung.
 

Grand Indonesia

 

Grand Indonesia (Sumber gambar: grand-Indonesia.com)

Grand Indonesia (Sumber gambar: grand-Indonesia.com)

Grand Indonesia memiliki luas sekitar 140.000 meter persegi. Mal yang berada di kawasan elit Jakarta ini diketahui jadi pusat perbelanjaan favorit masyarakat kelas menengah atas.  Saking luasnya, mall ini juga terbagi ke dalam tiga area besar, yakni mal barat, mal timur, dan skybridge.

Grand Indonesia berdiri pada 2007 dan diresmikan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan mengusung konsep Family Friendly Lifestyle Mall, Grand Indonesia menyediakan seluruh kebutuhan keluarga dalam satu tempat.
 

Mall Taman Anggrek

 

Mall Taman Anggrek (Sumber gambar: Twitter/MalTamanAnggrek

Mall Taman Anggrek (Sumber gambar: Twitter/MalTamanAnggrek

Luas Mall Taman Anggrek mencapai 130.000 meter persegi. Mal yang beroperasi sejak 1996 ini bahkan menyandang status pusat perbelanjaan terbesar di Asia Tenggara saat itu. Namun, seiring banyaknya mal-mal baru, posisinya telah tergantikan.

Baca juga: Cobain Kuy! 4 Tempat Kuliner Legendaris Kaya Sejarah di Indonesia

Fasilitas mal ini juga sangat lengkap, dari perbelanjaan, restoran, bioskop, dan masih banyak lagi. Mal ini juga jadi pelopor bagi mal lain yang menyediakan arena ice skating indoor.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Erigo Tampilkan Koleksi Metamorfosis di Ajang New York Fashion Week

BERIKUTNYA

4 Perbedaan iPhone Ex Internasional dan Ex iBox, Mana Lebih Layak?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: