Produk iPhone (Sumber gambar: Bagus Hernawan/Unsplash)

4 Perbedaan iPhone Ex Internasional dan Ex iBox, Mana Lebih Layak?

15 September 2022   |   09:46 WIB

iPhone dikenal sebagai produk best seller andalan perusahaan Apple. Sejak awal kemunculannya pada 2007, iPhone telah mengalami perkembangan pesat mulai dari fitur, tampilan, dan teknologi hingga menginjak series ke 14 saat ini. Hingga saat ini, iPhone dari berbagai seri masih terus dicari dan diminati oleh penggemar Apple.

Namun, penggemar iPhone kerap kebingungan dengan istilah iPhone Ex Internasional dan iPhone Ex iBox. Meski sama-sama produk asli iPhone, ternyata ada segi perbedaan yang mencolok antara iPhone Ex Internasional dan iPhone  Ex iBox ini.

Baca juga: iOS 16 Dirilis Besok, Intip Fitur dan Cara Update di iPhone

iPhone Ex Internasional merupakan produk smartphone iPhone yang sudah digunakan oleh tangan pertama atau biasa disebut second, yang diimpor dari luar negeri dan dijual lagi di Indonesia. Sementara itu, iPhone Ex iBox adalah smartphone second yang terjamin original karena telah melalui tahap distribusi resmi dari iBox, sebagai perusahaan penjual produk Apple resmi di Indonesia.

Secara lebih detail, Hypeabis.id sudah merangkum perbedaan iPhone Ex Internasional dan iPhone Ex iBox yang bisa dilihat dari perangkat smartphone. Yuk simak!

1. Kode atau Nomor Model

Kode atau nomor model pada iPhone merupakan penanda yang paling terlihat di antara iPhone Ex Internasional atau Ex  iBox. iPhone yang dibeli dari iBox memiliki empat varian kode yakni PA/A, ID/A, SA/A, dan FE/A. Sementara itu, iPhone Ex Internasional kodenya adalah LL/A, X/A, ZP/A, ZA/A dan mungkin beberapa kode lain diluar kode resmi iBox tadi.
Untuk mengetahui kode ini, Genhype bisa membuka menu Pengaturan, kemudian pilih General, dan klik About. Pada tampilan layar akan ditemui Model dan Nomor Model dari iPhone yang digunakan.
 

2. Garansi

Dengan memilih iPhone Ex Internasional, artinya kamu memilih iPhone dengan garansi dari luar negeri. Sementara iPhone Ex iBox memiliki garansi dalam negeri karena produknya sudah pasti dari tangan distributor resmi Indonesia.

iPhone (Sumber gambar: Daniel Romero/Unsplash)

iPhone (Sumber gambar: Daniel Romero/Unsplash)
 

3. Harga

Perbedaan selanjutnya datang dari harga. iPhone Ex Internasional biasanya dijual lebih murah di pasaran. Hal ini karena iPhone Ex Internasional tidak melalui proses distrubisi yang resmi masuk ke Indonesia. Biasanya iPhone Ex Internasional ini merupakan smartphone second bekas penggunaan di Malaysia, China, atau Jepang. Sementara iPhone dari iBox akan lebih mahal karena pendistribusiannya dilakukan dan dikirim secara resmi dari pabrik Apple ke Indonesia.


4. Keamanan IMEI

Karena iPhone Ex Internasional tidak resmi masuk ke Indonesia, tentu saja keamanan IMEI-nya cukup dipertanyakan. Tak jarang beberapa pengguna iPhone Ex Internasional mengalami kehilangan sinyal secara mendadak sesaat setelah melakukan update iOS. Sinyal yang hilang ini merupakan indikator dari IMEI yang terblokir.

Sejak April 2020 lalu, iPhone Ex Inter kebanyakan mengalami blokir IMEI. Sementara iPhone dari iBox sudah aman dan lancar digunakan karena IMEI-nya terdaftar di Kementerian Perindustrian RI sebagai produk resmi yang masuk ke Indonesia.

Genhype, itulah beberapa perbedaan dari iPhone Ex Internasional dan iPhone Ex iBox. Kamu lebih pilih yang mana?

Editor: Dika Irawan
 
SEBELUMNYA

Daftar 5 Mal Terbesar di Indonesia, Cocok Buat Kalian Shopaholic

BERIKUTNYA

Selesai Berolahraga Malah Mengantuk, Baiknya Lanjut Bobo atau Enggak Nih?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: