Ilustrasi suntik vaksin (dok. Freepik)

Begini Cara Atasi Nyeri di Lengan Setelah Disuntik Vaksin Covid-19

25 June 2021   |   09:02 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Lengan kamu nyeri dan pegal setelah disuntik vaksin Covid-19? Enggak perlu khawatir ya karena itu merupakan efek samping yang wajar dan terbilang ringan.

Penting untuk diketahui bahwa ada dua jenis efek samping yang dapat ditimbulkan oleh vaksinasi apapun, yakni efek lokal dan sistemik.

Efek sistemik terjadi di seluruh tubuh atau di bagian tubuh yang tidak menerima suntikan. Efek samping tersebut biasanya berupa sakit kepala, demam, perasaan lelah yang dapat hilang dalam beberapa hari. Ini menunjukkan bahwa vaksin sedang melakukan tugasnya.

Sementara efek lokal terasa di daerah vaksin diberikan. Jadi setiap rasa sakit, kemerahan atau pembengkakan ringan di lengan tempat suntikan diberikan adalah reaksi lokal.

Gejala-gejala ini sering terjadi ketika otot di lengan kamu bereaksi terhadap sejumlah kecil cairan vaksin yang disuntikkan ke lengan. Apabila kamu mengalami efek samping yang lebih kuat setelah menerima 2 dosis vaksin, jangan khawatir ya. 

Nah, untuk membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri yang dialami di tempat suntikan, cobalah kompres dengan air dingin. Ini akan mengurangi pembengkakan dan membantu meredakan sebagian rasa sakit. 

Ibuprofen, aspirin, dan parasetamol juga dapat diminum setelah vaksinasi untuk meredakan nyeri ringan. Kamu boleh meminumnya setelah disuntik ya, bukan sebagai tindakan pencegahan. Pastikan juga untuk membaca dosis yang direkomendasikan dari bentuk pereda nyeri ini.

Oiya, ketika ingin disuntik, sebaiknya tetap rileks dan lemaskan tangan. Ini sangat penting untuk menghindari ketegangan otot lengan selama injeksi.

Menjaga lengan tetap aktif setelah vaksin dapat membantu mengurangi rasa sakit.Cobalah untuk meregangkan lengan dengan lembut setelah divaksinasi dan tetap bergerak dengan mengayunkannya dengan lembut terus menerus. Cara itu akan meningkatkan aliran darah ke tempat suntikan, yang dapat membantu mengurangi nyeri yang terasa di lengan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Dukungan #FreeBritney Mengalir, Britney Spears Minta Maaf untuk Pura-pura Merasa Baik

BERIKUTNYA

Anak-Anak Bisa Alami Depresi, Ketahui Faktor Penyebabnya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: