Rokok menjadi penyebab kanker paru-paru (Sumber gambar : Freepik)

Mau Paru-Paru Bersih Setelah Berhenti Merokok? Ikuti 5 Kiat Ini Yuk

12 September 2022   |   17:07 WIB

Berhenti merokok merupakan cara yang tepat untuk menjaga kesehatan dan mengurangi terjadinya beragam penyakit pernapasan hingga kanker paru-paru. Risiko penyakit tersebut tidak lepas dari kandungan 7.000 bahan kimia yang ada di dalam sebatang rokok seperti nikotin, karbon monoksida, tar, dan benzena. 

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) Agus Dwi Susanto mengatakan kandungan radikal dan oksidatif pada rokok apa pun jenisnya dapat menyebabkan peradangan kronik, meningkatkan risiko penyakit saluran nafas seperti asma. Rokok juga menyebabkan kematian karena timbulnya kanker paru, penyakit jantung koroner, dan penyakit paru obstruksi kronik (PPOK).

"Rokok terbukti menyebabkan berbagai penyakit komorbid," tegasnya beberapa waktu lalu. 

Baca juga: Terapi Pengganti Nikotin, Apakah Efektif Menghentikan Kebiasaan Merokok? 

Sementara itu, memang tidak mudah bagi seorang pecandu yang sudah puluhan tahun, untuk berhenti merokok. Namun ketika memutuskan untuk berhenti merokok, kamu harus memiliki komitmen yang kuat dan menyesuaikan pola hidup sehat. Semua itu diperlukan untuk membersihkan ribuan zat kimia yang pernah masuk dan ah dan sayuran segar mengendap di dalam tubuh, terutama di paru-paru kamu. 

Nah, berikut ini beberapa cara untuk membersihkan paru-paru dan menyehatkan tubuh setelah berhenti merokok yang dirangkum Hypeabis.id dari berbagai sumber.


1. Coba Teh Hijau

Spesialis Akupuntur Klinik dari RS Pondok Indah, R. Handaya Dipanegara, yang sering menangani pasien yang kecanduan rokok, mengatakan teh hijau atau green tea dapat diminum selama masa detoksifikasi untuk memberikan jaringan elemen yang mengurangi keinginan untuk merokok. 

Sementara itu, Dokter Umum dari Ciputra Hospital, Erwin Halim, menerangkan bahwa teh teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya akibat menghirup asap asap. Oleh karena itu, mengonsumsi teh hijau juga merupakan cara efektif membersihkan paru-paru.


2. Makan-Makanan Anti Inflamasi

Makanan antiinflamasi seperti bluberi, ceri, bayam, kubis, zaitun, dan kacang almond dipercaya dapat mencegah peradangan paru-paru. Riset menunjukkan bahwa jenis makanan ini mengurangi peradangan pada tubuh. Ingat, paru-paru perokok cenderung mengalami peradangan yang dapat membuatnya sulit bernapas, untuk itu makanan anti inflamasi merupakan poin penting yang perlu dipertimbangkan. 


3. Minum Air Hangat

Menurut American Lug Association, tetap terhidrasi penting untuk kesehatan paru-paru. Dengan minum delapan gelas per hari, kamu bisa menjaga lendir di paru-paru tetap tipis, yang membuatnya lebih mudah untuk membuang lendir saat batuk. Minum air hangat dapat menyebabkan pengenceran lendir, sehingga lebih mudah dibersihkan dari saluran udara kamu.

Direktur bedah toraks di Asosiasi Fakultas Kedokteran George Washington di Washington DC, dr. Keith Mortman, menyebut seorang perokok kemungkinan memiliki banyak lendir yang menumpuk di paru-paru. Penumpukan ini dapat bertahan setelah berhenti merokok. Batuk bekerja dengan membantu tubuh kamu membuang lendir ekstra itu, membuka blokir saluran udara yang lebih kecil dan membukanya untuk mendapatkan oksigen.


4. Terapi Uap

Terapi uap dapat membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Menghirup uap air dapat memberikan rasa lega yang langsung terasa, dan membantu seseorang bernapas lebih mudah.


5. Olahraga

berolahraga menjadi salah satu langkah terbaik untuk mempertahankan dan meningkatkan fungsi patu-paru. Cukup berjalan mengitari kompleks di pagi hari, dapat membantu kantung udara di paru-paru tetap terbuka. Jika kantung-kantung tersebut tetap terbuka, terjadi pertukaran oksigen termasuk di dalam paru-paru.  Handaya menyebut berolahraga juga dapat mengurangi stres dan membantu mantan pecandu rokok lebih rileks. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Angka Kasus Bunuh Diri Masih Tinggi, Ini Rekomendasi Strategi Pencegahannya

BERIKUTNYA

Kepoin Yuk! 3 Website buat Kalian yang Mau Berbisnis Waralaba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: