Kampanye setop merokok-National Cancer Institute on social. (Unsplash)

Mau Berhenti Merokok? Ikuti 9 Tips Ini

05 October 2021   |   16:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Bagi perokok berat, berhenti merokok menjadi hal tersulit untuk dilakukan. Padahal tidak sedikit dari mereka sadar bahwa merokok itu memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Beberapa dari perokok berat mungkin telah mencoba berhenti menghisap gulungan tembakau itu berkali-kali, namun selalu gagal.

Nah, biar tidak gagal lagi dan buat kamu yang serius ingin berhenti merokok, ikuti tips dari lembaga kesehatan masyarakat Inggris (NHS) ini.
 

1. Berpikir positif.

Buat kamu yang sebelumnya berhenti merokok dan tidak berhasil, jangan dijadikan alasan untuk menyerah. Sebaliknya, jadikan itu menjadi pelajaran dan pengalaman agar kamu berhasil untuk berhenti merokok pada percobaan kali ini.
 

2. Buatlah rencana.

Buat janji, tetapkan tanggal dan patuhi itu. Berpegang pada aturan bisa membantu kamu untuk serius berhenti merokok. Setiap kali kamu menemukan diri dalam kesulitan, katakan pada diri sendiri bahwa kamu pasti bisa melakukannya.

Pikirkan rencana ketika kamu harus menghadiri acara yang dipenuhi perokok. Setidaknya kamu tahu harus berbuat apa nantinya. 
 

3. Pertimbangkan diet.

Merokok setelah makan malam mungkin menjadi kebiasaan. Sebuah penelitian di AS mengungkapkan bahwa beberapa makanan, termasuk daging, membuat rasa rokok lebih memuaskan. Sementara keju, buah dan sayuran, membuat rokok terasa tidak enak. Jadi, tukar steak atau burger biasa dengan pizza vegetarian.

Ubah rutinitas setelah waktu makan. Bangun dan langsung cuci piring atau duduk di ruangan di mana kamu tidak bisa merokok.
 

4. Ganti minuman.

Studi serupa menyebut minuman bersoda, alkohol, cola, teh, dan kopi membuat rokok terasa lebih enak. Jadi ketika kamu hangout, pilih saja air putih dan jus.
 

5. Identifikasi & buat pengalihan.

Sebuah keinginan bisa bertahan 5 menit. Sebelum kamu menyerah, buatlah daftar strategi 5 menit untuk melakukan pengalihan. Pikirkan tentang ini, bahwa kombinasi merokok dan minum meningkatkan risiko kanker mulut hingga 38 kali lipat.
 

6. Dapatkan dukungan.

Minta keluarga atau rekan untuk mendukung upaya kamu yang ingin berhenti merokok. Dukungan itu penting agar kamu terus termotivasi dan tidak tergiur menghisap rokok.
 

7. Berolahraga.

Sebuah tinjauan studi ilmiah telah membuktikan bahwa olahraga, bahkan berjalan kaki atau peregangan selama 5 menit, mengurangi keinginan untuk merokok.
 

8. Buat lingkaran teman yang tidak merokok.

Saat kamu berada di sebuah pesta atau sedang berkumpul, tetaplah dengan non-perokok. Ketika kamu melihat perokok, jangan iri dan anggap apa yang mereka lakukan agak aneh.
 

8. Jaga tangan dan mulutmu selalu sibuk.

Terapi penggantian nikotin (NRT) dapat menggandakan peluang kamu untuk sukses berhenti merokok. Selain tambalan, ada tablet, tablet hisap, permen karet, dan semprotan hidung. 

Jika kamu suka memegang rokok, ada produk genggam seperti inhaler atau rokok elektrik. Jika sedang berkumpul, cobalah meletakkan minuman di tangan yang biasanya memegang rokok, atau minum dari sedotan agar mulut tetap sibuk.
 

9. Buat daftar alasan untuk berhenti

Terus ingatkan diri mengapa kamu membuat keputusan untuk berhenti merokok. Buatlah daftar alasannya dan bacalah ketika kamu membutuhkan dukungan.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Cinnamon Roll Ekstra Lembut, Wajib Dicoba Nih!

BERIKUTNYA

9 Ribu Orang Antusias Ikut Indonesia Menari 2021

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: