Sistem operasi mendatang untuk iPhone, iOS 16 diumumkan (Sumber gambar: Apple)

Sistem Operasi iOS 16 Diumumkan, Begini Fitur yang Bakal Tersedia 

07 June 2022   |   11:52 WIB

Raksasa teknologi Apple resmi mengeluarkan pratinjau untuk sistem operasi seluler terbarunya, iOS 16. Mereka mengumumkan pembaruan yang cukup signifikan dibandingkan dengan para pendahulunya, termasuk untuk fitur komunikasi hingga kecerdasan buatan baru. 

“iOS 16 adalah rilis besar dengan pembaruan yang akan mengubah cara kalian menikmati iPhone,” kata Senior Vice President of Software Engineering, Craig Federighi. 

Ada banyak pembaruan fitur yang dihadirkan oleh Apple. Beberapa yang menjadi highlight utama sistem operasi iOS 16 adalah sebagai berikut :

Baca Juga : iPhone Disebut-Sebut Bakal Pakai Pengisian Daya USB Type-C, Benarkah? 
 

Lock Screen 

 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)


Pada iOS 16, lock screen dibuat menjadi lebih pribadi, indah, dan bermanfaat. Dalam pratinjau yang ditampilkan, terlihat subjek foto diatur secara artistik di depan waktu yang menciptakan kesan kedalaman dan lebih indah. 

Pengguna juga dapat mengubah tampilan tanggal dan waktu dengan gaya tipe ekspresif dan pilihan warna yang beragam. Selain itu, lock screen menampilkan widget yang mengambil inspirasi dari komplikasi Apple Watch untuk memudahkan pengguna mendapat informasi. 

Ada juga fitur baru bernama Live Activities yang membantu penggunanya tetap update dengan hal-hal yang terjadi secara real time. Notifikasinya juga telah didesain ulang untuk memastikan pengguna memiliki pandangan yang lebih jelas. 
 

Focus 

 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)


Focus telah menjadi salah satu fitur unggulan dari sistem operasi iOS dalam beberapa waktu terakhir. Sekarang, fitur ini dibuat lebih mudah teratur dan terhubung ke lock screen yang menawarkan kemudahan pemakaian. 

Untuk mengaktifkan Focus, pengguna cukup menggesek ke lock screen yang sesuai. Dengan filter pada fitur tersebut, aplikasi seperti Kalender, Mail, dan Safari hanya dapat menampilkan konten yang relevan dengan penggunanya. 
 

iCloud 

 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)


Nama lengkap fiturnya adalah iCloud Shared Photo Library yang memberikan kemudahan bagi keluarga untuk berbagi foto tanpa hambatan dengan perpustakaan iCloud yang terpisah dan dapat saling dikolaborasikan hingga enam pengguna. 

Nantinya, pengguna dapat memilih untuk membagikan foto yang ada di perpustakaan pribadi mereka, bisa juga dilakukan berdasarkan tanggal atau orang-orang yang ada di dalam foto. Ada juga pilihan untuk membagikan foto secara otomatis saat media itu dibuat. 

Selain itu, pengguna akan menerima saran cerdas untuk membagikan foto yang menyertakan peserta di Shared Foto Library. Setiap pengguna yang tergabung memiliki akses untuk menambah, menghapus, mengedit, dan membagikan foto yang ada di perpustakaan tersebut. 
 

Messages & Mail 

 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)


Dengan iOS 16, pengguna dapat melakukan banyak hal terkait dengan pesan yang dikirim. Mereka bisa mengedit dan mengingat pesan yang baru dikirim, memulihkan pesan yang baru dihapus, hingga menandai percakapan tertentu. 

Terkait dengan fitur Mail, saat ini pengguna bisa menjadwalkan email sebelumnya dan bahkan memberikan waktu untuk membatalkan pengiriman pesan sebelum dikirimkan. Mail juga akan mendeteksi jika pengguna lupa menyertakan bagian penting seperti lampiran. 

Selain itu, pengguna juga memiliki opsi untuk memunculkan kembali pesan kapan saja dengan Remind Later. Salah satu perombakan terbesar yang dilakukan oleh Apple adalah metode pencarian yang menggunakan teknik lebih canggih untuk memberikan hasil lebih relevan. 
 

Live Text & Visual Look Up 

 

(Sumber gambar: Apple)

(Sumber gambar: Apple)


Fitur Live Text atau teks langsung menggunakan kecerdasan pada perangkat untuk mengenali teks yang ada di dalam gambar. Pada iOS 16, ini diperluas termasuk untuk video. Jadi, pengguna dapat menjeda video dan nantinya fitur tersebut dapat dimanfaatkan. Ada juga fitur untuk dengan cepat mengkonversi mata uang dan menerjemahkan teks. 

Sementara itu, Visual Look Up kebagian fitur baru yang memungkinkan penggunanya mengetuk dan menahan subjek gambar untuk mengangkatnya dari latar belakang dan menempatkannya di aplikasi seperti Message. Ini juga diperluas untuk mengenali objek hewan seperti burung dan serangga. 


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Logitech G Boyong Headset Gaming Nirkabel Terbaru, Intip Spek & Harganya 

BERIKUTNYA

Ini Daftar iPhone yang Bakal Kebagian Update iOS 16

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: