ilustrasi ruang pameran lukisan (Sumber gambar Hypeabis.id/ Prasetyo Agung Ginanjar)

Terjual dengan Harga Fantastis, Inilah 5 Lukisan Termahal para Old Master Indonesia

09 September 2022   |   11:29 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

5. Perburuan Banteng (La Chasse au Taureau Sauvage), Raden Saleh

Lukisan Perburuan Banteng  tercatat menjadi lukisan termahal karya old master Indonesia. Karya ini merupakan seri ke-4 dari lukisan bertema sama yang pernah dibuat oleh Raden Saleh. Dua di antaranya adalah koleksi Istana Negara, Berburu Banteng I dan Berburu Banteng II.

Menurut penelitian geleri Cabinet Turquin di Prancis, lukisan ini dipercaya merupakan pesanan Jules Stanislas Sigisbert Cézard, saudagar kopi dan gula asal Prancis yang lahir di Batavia pada 1829. 

Namun, saat Jules kembali ke Prancis pada 1859 dia menjual rumah dan seluruh perabotan di dalamnya termasuk lukisan tersebut, sebagaimana diberitakan koran Java-Bode pada 30 April 1859.
 

Lukisan Perburuan Banteng (La Chasse au Taureau Sauvage) karya Raden Saleh, oil on canvas, 110×185 cm, 1855 (sumber foto: Ouest France).

Lukisan Perburuan Banteng (La Chasse au Taureau Sauvage) karya Raden Saleh, oil on canvas, 110×185 cm, 1855 (sumber foto: Ouest France).


Lukisan Perburuan Banteng terjual di balai lelang Ruellan Auction Vannes, Prancis pada 27 Januari 2018 silam dengan harga 7,2 juta euro atau setara Rp120 miliar dengan kurs rupiah tanggal tersebut pada seorang kolektor asal Indonesia yang tidak diketahui identitasnya.

Editor: Fajar Sidik 
1
2
3
4
5


SEBELUMNYA

Prestasi Ratu Elizabeth II Semasa Hidup, Ini Daftar Peristiwa Penting dalam Hidup Ratu Inggris

BERIKUTNYA

Charles III dan Camilla Naik Takhta, Ini 5 Prosesi Penobatan Raja Baru Kerajaan Inggris

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: