Para pemain drama Snowdrop (Sumber gambar: JTBC)

Wah, Percakapan tentang Konten Korea di Twitter Melonjak

08 September 2022   |   21:12 WIB

Konten-konten hiburan Korea Selatan mulai dari K-Pop, K-Drama, K-Movie, hingga webtoon, kian menjadi perbincangan banyak orang di media sosial. Menurut laporan Twitter baru-baru ini, jumlah percakapan tentang K-Content di platform ikon burung biru itu meningkat sebesar 546 persen selama 10 tahun terakhir.

Berkembang dari percakapan yang terjadi di berbagai wilayah di Asia, laporan itu menyebut bahwa saat ini percakapan seputar K-Content telah menyebar ke berbagai wilayah di Eropa, Amerika Utara, dan bahkan Peru yang termasuk dalam 20 negara dengan Tweet terbanyak tentang K-Content pada tahun ini.

Yeon Jeong Kim, Head of Global K-Pop & K-Content Partnerships Twitter, mengatakan komunitas K-Pop di Twitter memiliki antusiasme yang tinggi. Dia menyebut bahwa pertumbuhan percakapan serta tren fandom juga meliputi berbagai percakapan mengenai K-Content lainnya.

"Para penggemar K-Content memimpin percakapan secara global melalui percakapan yang terjadi di Twitter secara real time," katanya dalam rilis resmi yang Hypeabis.id terima, Kamis (8/9/2022).
 

Sumber gambar: Twitter

Sumber gambar: Twitter

Negara Paling Banyak Membicarakan Konten Korea
Twitter melaporkan bahwa 7 dari 20 negara yang paling banyak membicarakan K-Content di platform mereka masih didominasi oleh negara-negara Asia seperti Korea Selatan, Thailand, Filipina, Indonesia, India, dan Malaysia. Namun, menariknya, Amerika Serikat justru berada di posisi ketiga.

Selebihnya diikuti oleh negara-negara lain di wilayah Eropa dan Amerika Utara seperti Brasil, Britania Raya, Meksiko, Kanada, Prancis, Vietnam, Spanyol, Italia, Turki, Jerman, dan Peru.

Drama dan Film Korea Paling Banyak Dibicarakan 
Kegiatan para bintang K-Pop yang melebarkan sayap mereka ke bidang seni lainnya juga mendorong minat masyarakat dunia terhadap K-Content. Contohnya adalah kemunculan penyanyi Kim Se-Jeong yang turut berperan dalam drakor Business Proposal, Lee Jun-ho dalam drakor The Red Sleeve, Lee Jie-un atau IU dalam film Broker, dan Ok Taec-yeon di film Hansan: Rising Dragon, yang menghasilkan lonjakan percakapan di Twitter di kalangan penggemar K-Content dunia.

Bahkan, serial Our Beloved Summer mencatat cuitan terbanyak seiring dengan peluncuran lagu soundtrack drakor tersebut, Christmas Tree, yang dinyanyikan oleh personel BTS, V. Sementara drakor yang diangkat dari webtoon seperti All of Us Are Dead dan Our Beloved Summer memimpin pertumbuhan percakapan seputar drakor dan webtoon.
 

f

 

Sumber gambar: Twitter

Sumber gambar: Twitter

Adapun, di Indonesia, Snowdrop menjadi drama Korea yang paling banyak dibicarakan di Twitter tahun ini. Sementara itu, Twenty Five Twenty One dan Business Proposal berada di peringkat kedua dan ketiga diikuti oleh All of Us Are Dead, Our Beloved Summer, Semantic Error, Extraordinary Attorney Woo, The Red Sleeve, Our Blues, dan Squid Game.
Jika berbicara mengenai K-movie atau film-film Korea, Broker menjadi film yang paling banyak dibicarakan di Twitter secara global sepanjang tahun ini. Film ini menarik perhatian lantaran penampilan aktor Song Kang-ho yang memenangkan penghargaan aktor terbaik dalam Festival Film Cannes.

Selain itu, film Hunt dan The Witch: Part 2 -The Other One menduduki posisi kedua dan ketiga film Korea yang paling banyak dibicarakan di Twitter secara global, diikuti oleh The Roundup, Emergency Declaration, Alienoid, Decision to Leave, Hansan: Rising Dragon, Parasite, dan On the Line.

Editor: M R Purboyo
SEBELUMNYA

Kata Cantika Abigail Soal Musik R&B : Infrastruktur Minim

BERIKUTNYA

Penggemar Podcast Merapat, Spotify Luncurkan Tiga Original Video Podcast, Siapa Saja Mereka?

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: