Aprilia Tuareg 660 memiliki 4 mode berkendara (sumber gambar: PT Piaggio Indonesia)

Aprilia Tuareg 660 Meluncur, Cek Harga & Spesifikasi Motor Adventure Ini Yuk!

06 September 2022   |   22:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Merek sepeda motor Aprilia memperkenalkan tunggangan baru, yakni Aprilia Tuareg 660. Kendaraan ini didesain untuk pengendara yang senang berpetualang lantaran dapat diandalkan sebagai alat mobilitas yang tangguh untuk segala kondisi jalan.

Kendaraan ini disebut menawarkan kebutuhan untuk menjelajahi setiap sudut lanskap Indonesia yang indah dengan berbagai kondisi medan. “Aprilia Tuareg 660 terbaru bergabung dalam keluarga 660, yaitu Aprilia RS 660 dan Aprilia Tuono 660, sehingga melengkapi segmen Aprilia dari racing ke adventure,” kata Marco Noto La Diega, Managing & Country CEO PT Piaggio Indonesia.

Baca juga: 5 Sepeda Motor Listrik yang Bisa Jadi Solusi Harga BBM Naik

Kehadiran produk sepeda motor ini juga untuk merespons permintaan pasar akan kendaraan roda dua yang mudah dikendarai, dinamis, dan juga praktis untuk perjalanan sehari-hari. Berikut spesifikasi dan fitur yang disematkan pada sepeda motor adventure ini.
 

1. Desain Fungsional

Desain Aprilia Tuareg 660 adalah hasil karya para desainer di Piaggio Advanced Design Center (PADC) yang dipimpin oleh Miguel Galluzzi. Mereka menciptakan gaya sepeda motor petualangan yang berbeda dan sangat khas. 

Mereka menghapus besar-besaran dari setiap bagian yang tidak memiliki fungsi khusus pada Aprilia Tuareg 660. Tujuannya untuk menjaga ukuran dan berat keseluruhan tetap terkendali. Gayanya didesain untuk menemukan keseimbangan antara bentuk dan fitur teknologi dan fungsionalitas.

Aprilia Tuareg 660 terinspirasi dari dunia petualangan dan perlengkapan teknikal yang digunakan dalam kegiatan petualangan, yakni barang-barang yang sangat fungsional yang menjadikan elemen teknikal sebagai sumber keindahannya.

Fairing atas kendaraan hanya terdiri dari plexiglass yang luas. Bagian transparan ini terbuat dari jenis polimer tekno yang spesifik dan diperkaya dengan fiberglass yang juga berfungsi sebagai struktur pendukung klaster instrumen.

Kemudian, kendaraan ini juga tidak memiliki panel samping klasik di bawah jok. Namun, panel itu digantikan oleh dua panel yang dapat dilepas saat memasang set pannier samping agar lebih dekat dengan badan kendaraan.

Sepeda motor ini juga memiliki sistem pencahayaan full LED yang mencakup unit lampu depan ringkas yang menampilkan DRL perimeter. Untuk pertama kali pada kategori ini, Aprilia Tuareg 660 memperkenalkan konsep double fairing yang berfungsi sebagai pelengkap aerodinamis.
 

2. Mesin Kembar

Kendaraan ini memiliki konfigurasi paralel dari mesin twin cylinder Aprilia yang memungkinkan para desainer untuk mempertahankan ketinggian sadel dari tanah dan menghasilkan jarak sadel ke tanah yang lebih rendah, dan dengan lekukan straddle yang jauh lebih rendah.

Kondisi itu memungkinkan para pengendara dengan tinggi badan berapapun dapat menjejak tanah. Bobot yang ringan, ringkas, dan memiliki keseimbangan dikombinasikan dengan suspensi berkendara yang diklaim menjadikan Aprilia Tuareg sebagai tolok ukur baru untuk petualangan, sportivitas, dan efektivitas off-road.
 

3. Arsitektur Sasis

Arsitektur sasis yang ada pada Aprilia Tuareg 660 adalah hasil budaya desain konstuksi dari pengalaman yang dimiliki Aprilia Raccing. Arsitektur ini bertujuan meningkatkan standar baik on road maupun off road.
 
Aprilia Tuareg 660 dirancang untuk penggunaan "tugas berat" – yaitu untuk berkendara off-road yang menantang, dengan kapasitas kargo yang signifikan sebagai faktor tambahan.

 

4. Kontrol Elektronik Khusus

Perusahaan menyematkan fitur Aprilia Performance Ride Control (APRC) paket kontrol elektronik khusus yang dikalibrasi untuk kinerja dan keselamatan dengan pengaturan khusus sehingga pengendara dapat merasakan pengalaman yang aman sekaligus menantang di jalan.

Pada saat yang bersamaan, pengendara dapat merasakan perjalanan off-road yang penuh tantangan tanpa batasan. Paket APRC pada Aprilia Tuareg 660 yang dikembangkan khusus untuk model ini meliputi  Aprilia Traction Control (ATC), yakni kontrol traksi yang dapat disesuaikan ke 4 level atau dinonaktifkan, ditandai dengan logika kinerja tinggi dan pengoperasian yang disetel dengan baiki.

Aprilia Cruise Control (ACC), yakni untuk mempertahankan kecepatan yang disetel tanpa menyentuh kontrol throttle, sangat berguna saat bepergian; Aprilia Engine Brake (AEB), yakni sistem untuk mengontrol engine brake saat menutup throttle, dapat disesuaikan sampai 3 tingkat.

Kemudian, Aprilia Engine Map (AEM), yakni tiga pemetaan mesin berbeda tersedia untuk mengubah karakter mesin dan cara menghasilkan tenaga. Fitur ini tidak mengubah daya maksimum yang diberikan.

Baca juga: Jangan Lupa Bawa Toolkit Ini Saat Mudik Bersepeda Motor

Aprilia Tuareg 660 memiliki dapur pacu mesin 660 cc dengan 2 silinder. Adapun tenaga yang dihasilkan adalah sekitar 80 HP di 9.250 rpm dengan toris 70 Nm di 6.500 rpm. Dengan berbagai fitur yang tersedia, kendaraan ini dibanderol Rp656 juta untuk OTR DKI Jakarta.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Rekomendasi Mix and Match Outfit Oversized ala Selebriti

BERIKUTNYA

Desainer Muda Merapat, Yuk Belajar Bikin Brand Fashion di Pelatihan Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: