Harley Davidson (Rachman/JIBI)

7 Ide Modifikasi Moge Buat Penggemar Pemula Harley Davidson

07 June 2022   |   15:14 WIB

Sebagai merek premium di segmen sepeda motor gede, Harley Davidson (HD) tetap menjadi kebanggaan bagi para penggemarnya. Bentuknya yang besar dan gagah, dengan mesin yang menderu membuat pengendara Harley serasa jadi penguasa jalanan. 

Jika kalian perhatikan, para penggemar Harley kerap memodifikasi tunggangannya. Modifikasi yang dilakukan pun begitu beragam. Aksesori yang digunakan untuk modifikasi pun banyak pilihannya, mulai dari yang  asli keluaran Harley hingga produk lainnya yang mendukung kebutuhan modif motor gede tersebut.

Menurut Yudi Santoso, pencinta Harley dari komunitas Freedom Gading  Community, nilai jual Harley yang telah  dimodifikasi bisa naik hingga 30 persen jika menggunakan aksesori asli. Jika  memakai aksesori lain, nilai jualnya  hanya bertambah 10– 20 persen. 
 

Baca juga: Menyalurkan Hobi dan Berbagi Lewat Touring Harley Davidson


Pria yang akrab disapa Obelix ini  menegaskan dua hal yang  harus diperhatikan saat  modifikasi Harley, yakni  keamanan dan  kenyamanan. Jangan  sampai modifikasi  dilakukan hanya  dengan  menitikberatkan  pada salah satu, dari dua faktor  penting itu. 

Menurut Obelix, ada  beberapa modifikasi  paling umum yang  dilakukan para pencinta Harley Davidson.
 

1. Modifikasi  pelindung mesin

Modifikasi engine guard atau pelindung mesin yang berfungsi sebagai penahan motor sebelum terjatuh sehingga modi dan mesin dapat tertahan. Besi penahan pada bagian kanan dan kiri motor ini juga memberikan kesan Harley menjadi lebih gagah. 
 

2. Sandaran belakang

Aksesori lain yang paling sering  ditambahkan pada motor Harley adalah back  rest pads atau sandaran belakang.  Fungsinya untuk memberikan  kenyamanan pada penumpang bila  menempuh perjalanan jauh. Bentuknya  pun bermacam-macam dan dapat Anda  pilih sesuai dengan kebutuhan. 
 

3. Mengganti saringan udara

Anda juga dapat mengganti saringan  udara pada HD dengan volume yang  lebih besar. Komponen ini berfungsi  menyaring udara yang akan masuk ke  ruang pembakaran mesin sehingga kondisi mesin tetap bersih. 

Untuk motor miliknya sendiri, Obelix  mengganti saringan udara dengan  aksesori asli Harley tipe screaming eagle  yang berkapasitas 300 cc, dua kali lebih  besar dari saringan udaranya dulu.  Dengan mengganti komponen ini, dia  mengaku tarikan moge kesayangannya  itu terasa lebih ringan. 
 

4. Modifikasi stang

Dari segi penampilan, salah satu  bagian yang memberikan efek signifikan ketika dimodifikasi adalah stang.  Memang tiap-tiap motor Harley memiliki  jenis dan tinggi stang beragam. Jika  menginginkan kesan lebih tangguh, dapat mencoba stang uphanger setinggi  10 – 16 inci.

Baca juga: Bos JNE Menikmati Touring Harley Davidson

Jangan  lupa sesuaikan  tinggi stang dengan  tinggi badan dan  kenyamanan tangan . Pastikan  jangkauan tangan  masih mampu  menggapai stang  dengan nyaman. 
 

5. Mengubah model  fender

Alternatif lain  untuk  memberikan  kesan lebih  macho adalah  mengubah model  fender motor. Ada  banyak bentuk fender  modifikasi Harley, mulai ceper atau rendah  hingga yang meruncing  dan memberikan kesan  tajam. Tinggal sesuaikan dengan  selera. 
 

6. Menambahkan bagasi samping

Bagi yang gemar touring, tak ada salahnya menambahkan bagasi samping.  Bagasi ini akan memberikan ruang lebih untuk penyimpanan barang seperti jaket,  bekal makanan dan minuman, juga  perlengkapan tur lainnya. 
 

7. Lampu, knalpot dan velg

Bisa juga mengutak-atik bagian lainnya seperti lampu, knalpot, dan velg sesuai kepribadian. Bahkan, bila ingin  semakin menarik perhatian, tidak ada  salahnya juga menambahkan sirine pada  kendaran. Dengan begitu, Harley pun bakal makin mencuri perhatian.

Catatan redaksi: Artikel ini diolah dari materi Bisnis Indonesia Minggu yang terbit pada edisi 10 Mei 2015.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Masalah Klasik Bioskop, Produser KKN di Desa Penari Soroti Ini

BERIKUTNYA

Cegah Tangkal Osteoporosis Sejak Dini dengan Terapi Tepat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: