Toolkit wajib dibawa oleh pemudik dengan sepeda motor (Sumber gambar ilustrasi : Pexels/ icon0.com)

Jangan Lupa Bawa Toolkit Ini Saat Mudik Bersepeda Motor

21 April 2022   |   10:42 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Seperti tahun-tahun sebelum pandemi, hari raya Idulfitri menjadi momen bagi sebagian besar masyarakat Muslim untuk kembali ke kampung halaman, atau biasa disebut mudik, demi bisa berkumpul dan bersilaturahmi bersama keluarga besar merayakan Lebaran.

Banyak masyarakat yang menggunakan sepeda motor untuk mudik. Kendati tidak disarankan karena alasan keselamatan dan keamanan, penggunaan sepeda motor masih cukup diminati para mudikers.

Peralatan atau toolkit merupakan salah satu persiapan yang wajib diperhatikan oleh para pemudik yang akan menggunakan sepeda motor selain persiapan utama, yakni kondisi tubuh dan kendaraan yang akan digunakan.
 

Antrean mudik dengan sepeda motor/JIBI

Antrean mudik dengan sepeda motor/JIBI


Toolkit perlu dibawa oleh para pemudik dengan sepeda motor untuk membantu saat kondisi darurat di sepanjang perjalanan yang dapat dialami meskipun sudah memeriksa kendaraan sebelum berangkat.
Dilansir dari rilis PT Altama Surya Anugerah dan beberapa sumber lainnya, berikut toolkit yang dapat dibawa oleh pemudik dengan sepeda motor saat melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran bersama orang tua dan keluarga.

Kunci Busi


Busi memiliki peranan penting agar kendaraan dengan mesin pembakaran internal dapat hidup. Tanpa busi, kendaraan Genhype tidak dapat hidup ketika disela dengan kaki atau pun melalui starter yang ada di setang kendaraan.

Kunci busi digunakan untuk memeriksa kondisi busi ketika kendaraan sepeda motor mengalami masalah seperti tiba-tiba brebet atau bahkan mogok saat dalam perjalanan. Pemeriksaan terhadap kondisi busi adalah yang pertama kali ketika melakukan perjalanan mudik.

Tang

Tang merupakan toolkit yang juga wajib ada saat individu melakukan perjalanan dengan sepeda motor. Ada banyak fungsi tang, salah satunya adalah untuk menyambung kembali rantai bagi kendaraan roda dua yang menggunakan rantai ketika rantainya putus.

Kunci Pas Ring

Kunci pas ring juga merupakan salah satu kunci yang tidak boleh dilupakan oleh pemudik ketika melakukan perjalanan dengan sepeda motor.

Kunci pas ring digunakan untuk membuka atau mengencangkan mur atau menyetel kerenggangan rantai. Para pemudik dapat membawa kunci pas ring dengan nomor 10 mm, 12 mm, 17 mm, dan 19 mm.

Obeng

Obeng merupakan toolkit lainnya yang harus dibawa oleh individu saat pulang ke kampung halaman dengan menggunakan kendaraan roda dua. Obeng dapat digunakan pemudik ketika harus membuka atau mengencangkan baut di sepeda motor yang memang membutuhkan obeng.

Pelumas Serbaguna

Ketika akan membuka baut atau mur, pemudik tidak jarang mengalami kesulitan lantaran keras. Pelumas serbaguna dapat digunakan untuk mengatasi baut atau mur yang macet atau sulit untuk dibuka.

Tidak hanya itu, pemudik juga bisa menggunakan pelumas serbaguna ketika mengalami masalah kelistrikan pada motor seperti mengatasi tombol sein yang tiba-tiba macet atau keras, klakson tidak bunyi, atau tombol starter elektrik yang bermasalah.

Editor: M R Purboyo
 

SEBELUMNYA

5 Cara Seru & Berkesan untuk Memperingati Hari Kartini

BERIKUTNYA

Inilah 5 Film Komedi Terlaris Sepanjang Masa

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: