Acara  utama  Jakarta Film Week akan  berlangsung  pada  13-16  Oktober  2022 (sumber gambar ilustrasi: pexels/Tima Miroshnichenko)

Mau Jadi Produser Film? Gabung aja ke Program Producer's Lab

06 September 2022   |   17:55 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Ajang Jakarta Film Week menghadirkan program baru, yakni Producer’s Lab pada tahun kedua penyelenggaraan. Program ini hadir untuk membidani kelahiran produser-produser muda yang siap berkompetisi secara lokal dan internasional.

Rina Damayanti, Festival Director Jakarta Film Week 2022 berharap bahwa program yang berkolaborasi dengan Direktorat Perfilman, Musik, dan Media Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi itu menjadi wadah mengeksplorasi kemampuan produser muda. “Dari tentang manajemen produksi, pendanaan film, hingga distribusi di ranah ekosistem lokal dan internasional,” katanya.

Baca juga: Masalah Klasik Bioskop, Produser KKN di Desa Penari Soroti Ini

Dia menuturkan bahwa kebutuhan industri dan produksi di dalam negeri semakin tinggi dan kompetitif, seiring dengan semakin banyak cerita yang menarik dan talenta yang semakin terampil pada saat ini. “Dengan  adanya  program  baru  Producer’s  Lab  di  Jakarta  Film  Week  2022,  diharapkan  industri  film  di  Indonesia  semakin  berkembang  dengan  mantap  dengan  hadirnya  produser-produser  baru  yang  siap  bertarung  di  kancah  internasional,” katanya.

Rina menambahkan bahwa penyelenggara juga berharap partisipan bisa lebih matang dalam mempersiapkan proyek film jangka panjang di program ini dengan pendampingan dari mentor produser yang berpengalaman di berbagai produksi dan ko-produksi internasional.

Dengan begitu, lanjutnya, film yang dihasilkan juga diharapkan bisa memiliki daya saing tinggi di beberapa forum pendanaan maupun dapat berproses bersama sutradara atau tim produksi lainnya.
 

Syarat Pendaftaran

Bagi sineas yang bisa mendaftarkan  diri  mengikuti  Producer’s  Lab, mereka harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu:
  • Berkewarganegaraan  Indonesia. 
  • Sudah  pernah  membuat  setidaknya  2  film  pendek.
  • Produser  yang  sedang  mempersiapkan  film  panjang  fiksi.
  • Dapat  mengikuti  seluruh kegiatan  secara  luring. 

Jika  telah  memenuhi  persyaratan,  calon  peserta  sudah  bisa  mendaftarkan  diri  sampai dengan   15  September  2022,  melalui  website  Jakarta Film Week.
 

Tema Tahun Ini

Jakarta  Film  Week  kembali  lagi  setelah  diklaim sukses  dengan  edisi  perdana  pada tahun  lalu. Festival  yang diinisiasi  oleh  Dinas  Pariwisata  dan  Ekonomi  Kreatif  Provinsi  DKI  Jakarta  ini  akan  kembali  menerangi  layar-layar  perak  di  ibukota  Indonesia. 

Acara  utama  akan  berlangsung  pada  13-16  Oktober  2022,  dengan  rencana  roadshow  dan  berbagai  program  publik  pada  bulan-bulan  menjelang  festival. 

Tema  ajang Jakarta Film Week pada tahun  ini adalah Emerge. Lahir  ketika  pandemi  sedang  tinggi-tingginya,  Jakarta  Film  Week telah  menjadi  saksi  atas  berbagai  perubahan  dan  pergumulan  yang  dipaksakan  oleh  krisis kesehatan  global. 

Pandemi  masih  ada  sampai  hari  ini,  tapi  kini  semua  bisa  melihat  secercah cahaya  baru.  Sebuah  tanda  akan  zaman  baru  yang   hendak  dijelajahi  bersama  semua  lewat  film-film  pilihan  dari  berbagai  pojok  dunia  serta  kegiatan bersama beragam pelaku industri dan komunitas film. Acara ini akan diadakan secara daring maupun luring.
 

Jakarta Film Fund

Sebelumnya, penyelenggara Jakarta Film Week 2022 menyebutkan bahwa telah mempersiapkan sejumlah program selain Produce’s Lab. Program-program tersebut antara lain mulai  dari  roadshow, road  to  Jakarta  Film  Week,  program film  kompetisi  dan  non-kompetisi,  Jakarta  Film  Fund,  dan sebagainya.

Kemudian, dalam program Jakarta Film Fund tahun ini juga penyelenggara menyebutkan bahwa nilai dukungan produksi yang akan didapatkan oleh peserta lebih tinggi Rp20 juta jika dibandingkan dengan nilai dalam program dan ajang yang sama pada tahun lalu.

Baca juga: Produser Film Ini Sebut Antusiasme terhadap Konten Lokal Tinggi, Tapi...

Nilai dukungan produksi dalam program Jakarta Film Fund di ajang Jakarta Film Week 2022 mencapai Rp50 juta. Sementara nilai dukungan produksi dalam program dan ajang yang sama tahun lalu sebesar Rp30 juta.

Jakarta Film Fund sendiri merupakan kompetisi  ide cerita film pendek untuk pembuat film generasi baru.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Film Zombi yang Bisa Kalian Tonton di Disney+ Hotstar

BERIKUTNYA

4 Tips Sederhana Membuat Kopi di Rumah ala Barista Profesional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: