Penandatanganan kerjasama Kemenparekraf dan Netflix untuk pariwisata Indonesia (Sumber: Kemenparekraf/Netflix)

Kemenparekraf Kolaborasi dengan Netflix Promosikan Indonesia Lewat Film & Serial

06 September 2022   |   16:43 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia memiliki bermacam khasanah budaya yang khas dan tidak dimiliki oleh negara lain baik dari segi budaya, alam, dan keragamannya yang membentang di berbagai pulau di Tanah Air. Hal ini tentu menjadi nilai lebih dan dapat menjadi ladang pariwisata guna menarik minat pelancong dunia. 

Dengan potensinya yang kaya tersebut Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) resmi menandatangani perjanjian kerjasama dengan platform video streaming Netfix lewat kampanye Wonderful Indonesia, agar potensi wisata Ibu Pertiwi dapat dilihat masyarakat Internasional.

Kolaborasi Kemenparekraf dengan penyedia layanan hiburan streaming populer ini sendiri bertujuan agar tajuk Wonderful Indonesia dapat dikenal masyarakat global lebih luas lagi, terlebih Netflix saat ini memiliki 220 juta pelanggan (subscribers) di seluruh dunia.

Baca juga: 7 Film & Serial Terbaru yang Bakal Hadir di Waktu Netflix Indonesia, Wajib Dinantikan 
 

(Sumber gambar: Kemenparekraf/Netflix)

(Sumber gambar: Kemenparekraf/Netflix)
 

Menteri Pariwisata Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan bahwa penayangan konten-konten tentang Indonesia di dalam platform itu, selain bisa menjadi ajang promosi, juga diharapkan bisa menjaring wisatawan mancanegara (wisman) untuk berkunjung ke dalam negeri. 

Dia melanjutkan, kerjasama ini juga mencakup pembuatan konten mulai dari destinasi pariwisata, kuliner, produk ekonomi kreatif serta cerita-cerita lokal autentik yang dapat membuka jendela dunia untuk Indonesia.

Salah satu potensi itu, paparnya, dapat dilihat dari tayangan serial Street Food Asia di Netflix yang salah satu serialnya menampilkan penjual kue lupis legendaris di Yogyakarta, Mbah Satinem. Setelah penanyangan film itu banyak turis yang datang ke Yogyakarta untuk mencicipi jajanan tradisional tersebut.

"Kalau ada film yang populer di platform ini, secara otomatis juga akan mempopulerkan konten kita tentang destinasi wisata di Indonesia," kata Sandiaga pada awak media di Jakarta, Selasa, (6/9/2022). 

Baca juga: 8 Rekomendasi Tayangan Film & Serial Netflix September 2022 

Pada kesempatan yang sama, Vice President Public Policy, Netflix, Dean Garfield, menyatakan komitmennya untuk menayangkan lebih banyak konten-konten yang menampilkan keindahan dan keunikan Indonesia di platform streaming, agar semakin dikenal masyarakat global. 

Dia mengungkap, sejak Netflix diluncurkan di Indonesia pada tahun 2016, lewat beberapa film seperti Ali & Ratu Ratu Queens, A Perfect Fit, dan Our Great National Parks tidak saja dapat memenangkan hati para penonton tetapi juga semakin mendukung industri kreatif Indonesia. 
 

Waktu Netflix Indonesia 

Kampanye kerjasama Wonderful Indonesia sendiri diluncurkan tepat setelah pengumuman terbaru Netflix yang akan meluncurkan beberapa film dan serial garapan sineas Indonesia dengan berbagai genre yang akan segera diluncurkan dalam waktu dekat. 
 

Beberapa film itu antara lain, film komedi Timo Tjahjanto, The Big 4; film komedi situasi unik Klub Kecanduan Mantan karya Salman Aristo, serial Komedi Kacau dari penulis-sutradara Raditya Dika, dan proyek seru dari penulis-sutradara Ernest Prakasa.

Ada juga serial drama Gadis Kretek dari produser Shanty Harmayn serta sutradara Kamila Andini dan Ifa Isfansyah. Lalu ada serial sci-fi thriller Nightmares and Daydreams karya Joko Anwar. Ada juga film coming-of-age, Dear David, sutradara Lucky Kuswandi, dan film Hari Ini Akan Kita Ceritakan Nanti karya Angga Dwimas Sasongko.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Film Lara Ati Sambut Penonton di Bioskop Mulai 15 September 2022

BERIKUTNYA

Mengenal Down Syndrome dan Mitos-mitos Salah yang Masih Menyelimutinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: