5 Kiat Menata Ruang Kerja Sesuai Feng Shui Agar Karier Moncer
05 September 2022 |
16:34 WIB
Selama masa pandemi Covid-19 tatanan masyarakat gobal banyak mengalami perubahan, salah satunya adalah dalam cara kita bekerja akibat adanya kebijakan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah. Banyak orang secara khusus membuat ruang kerja di dalam rumah atau menata ulang sudut rumah untuk dijadikan area kerja.
Kebijakan yang ditengarai akan menjadi kebiasaan baru di masa mendatang ini memang telah menjadi gaya hidup masyarakat, tetapi, apakah Genhype sudah nyaman dengan ruang kerja kalian, ataukah malah tidak bersemangat?
Pernahkah kalian berpikir ada sesuatu yang tidak beres dalam penataan ruang kerja sehingga malah membuatmu tidak produktif dan cenderung frustasi hingga stres saat berada di ruang kerja? Untuk menyiasati hal itu Genhype bisa loh menata ruangan sesuai feng shui.
Baca juga: Intip 4 Kiat Dekorasi Meja Kantor sesuai Feng Shui 2022
Dikutip dari National Geographc, feng shui adalah sebuah sistem China kuno yang mengatur mengenai pengaturan spasial, baik struktur maupun tempat serta orientasi yang memiliki hubungan dengan aliran energi tertentu untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan.
Saat membangun sebuah ruangan, baik itu rumah atau gedung, masyarakat China percaya bahwa mereka memang harus mengikuti patokan-patokan dalam ilmu feng shui yang bertujuan untuk memastikan ruangan tersebut dibangun dengan kondisi qi (kekuatan alam) yang baik.
Fungsi feng shui pada dasarnya agar terjadi keselarasan antara pengguna dengan kekuatan rohani dari suatu tempat sehingga dapat mewujudkan hidup yang harmonis. Nah, inilah 5 kiat teknik feng shui dikutip dari Thechinesezodiac yang dapat diterapkan di ruangan tempat kerja kalian agar karirnya melesat di perusahaan tempat bekerja.
Saat mendesain ruangan tempat kamu bekerja cobalah untuk menggunakan lima elemen feng shui seperti kayu, api, tanah, logam dan air. Selain itu kalian juga bisa menerapkan detail dekorasi dari logam, benda-benda dari kayu, tanaman, akuarium, dan lain-lain.
Salah satu dekorasi yang biasa Genhype terapkan adalah dengan menempatkan patung katak yang umumnya terbuat dari logam tepat di sisi utara ruangan kantor. Elemen hewan ini dipercaya memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi kalian yang sedang menjalankan bisnis atau memperoleh penghasilan tambahan dari komisi dan bonus.
Kekacauan memiliki efek mendalam pada kondisi emosional dan kesejahteraan seseorang dalam bekerja. Kantor yang bersih dan terorganisir dipercaya membawa energi vital dan memfasilitasi inspirasi, konsentrasi, dan kreativitas.
Saat ruangan di tempat kerja kalian menjadi rapai dan tertata sesuai tempatnya maka ide-ide akan mengalir dengan lancar sehingga kamu bisa menjadi lebih kreatif. Tidak janya itu kamujuga akan lebih santai dan tenang sehingga tidak terpengaruh oleh stres.
Sebisa mungkin tempatkan meja di tempat yeng bersebrangan dengan pintu atau jendela karena kamu dapat melihat siapa saja yang akan datang. Namun, jika tidak dapat menerapkan cara ini pastikan kalian memiliki kursi yang tinggi agar dapat melindungi saat ada bahaya.
Pilihlah juga furnitur dan aksesori yang menginspirasi kamu dengan tema kemakmuran, kelimpahan, dan kesuksesan. Sebagai contoh di belakang meja, kamu dapat menggantung lukisan gunung tanpa puncak yang tajam, dan di depannya, lukisan kehidupan akuatik, karena air melambangkan kekayaan dan kemakmuran.
Untuk mengatur suasana dinamis di kantor, atur juga benda di tempat yang tepat dengan bantuan kompas, seperti telepon, agenda, komputer, kartu nama ke arah barat atau barat laut. Sementara itu untuk memfasilitasi kontak eksternal dan meningkatkan karir kamu bisa menempatkan foto bersama kerabat di arah barat atau timur.
Kemudian, untuk penempatan lampu harus diatur ke arah selatan, hal ini agar dapat menerangi prospek masa depan kalian. Terakhir, untuk meningkatkan hubungan dengan kolega, Genhype bisa juga menempatkan tanaman di sebelah timur. Selamat mencoba ya!
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Nirmala Aninda
Kebijakan yang ditengarai akan menjadi kebiasaan baru di masa mendatang ini memang telah menjadi gaya hidup masyarakat, tetapi, apakah Genhype sudah nyaman dengan ruang kerja kalian, ataukah malah tidak bersemangat?
Pernahkah kalian berpikir ada sesuatu yang tidak beres dalam penataan ruang kerja sehingga malah membuatmu tidak produktif dan cenderung frustasi hingga stres saat berada di ruang kerja? Untuk menyiasati hal itu Genhype bisa loh menata ruangan sesuai feng shui.
Baca juga: Intip 4 Kiat Dekorasi Meja Kantor sesuai Feng Shui 2022
Dikutip dari National Geographc, feng shui adalah sebuah sistem China kuno yang mengatur mengenai pengaturan spasial, baik struktur maupun tempat serta orientasi yang memiliki hubungan dengan aliran energi tertentu untuk mencapai keselarasan dan keseimbangan.
Saat membangun sebuah ruangan, baik itu rumah atau gedung, masyarakat China percaya bahwa mereka memang harus mengikuti patokan-patokan dalam ilmu feng shui yang bertujuan untuk memastikan ruangan tersebut dibangun dengan kondisi qi (kekuatan alam) yang baik.
Fungsi feng shui pada dasarnya agar terjadi keselarasan antara pengguna dengan kekuatan rohani dari suatu tempat sehingga dapat mewujudkan hidup yang harmonis. Nah, inilah 5 kiat teknik feng shui dikutip dari Thechinesezodiac yang dapat diterapkan di ruangan tempat kerja kalian agar karirnya melesat di perusahaan tempat bekerja.
1.Gunakan 5 elemen feng shui
Saat mendesain ruangan tempat kamu bekerja cobalah untuk menggunakan lima elemen feng shui seperti kayu, api, tanah, logam dan air. Selain itu kalian juga bisa menerapkan detail dekorasi dari logam, benda-benda dari kayu, tanaman, akuarium, dan lain-lain.Salah satu dekorasi yang biasa Genhype terapkan adalah dengan menempatkan patung katak yang umumnya terbuat dari logam tepat di sisi utara ruangan kantor. Elemen hewan ini dipercaya memiliki pengaruh yang menguntungkan bagi kalian yang sedang menjalankan bisnis atau memperoleh penghasilan tambahan dari komisi dan bonus.
2. Mulai dengan merapikan kekacauan di atas Meja
Tahap selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan menyingkirkan semua kekacauan di atas meja kerja kalian. Perbaiki dan buang semua benda yang tidak lagi berfungsi serta atur dokumen di atas mejamu hingga rapi.Kekacauan memiliki efek mendalam pada kondisi emosional dan kesejahteraan seseorang dalam bekerja. Kantor yang bersih dan terorganisir dipercaya membawa energi vital dan memfasilitasi inspirasi, konsentrasi, dan kreativitas.
Saat ruangan di tempat kerja kalian menjadi rapai dan tertata sesuai tempatnya maka ide-ide akan mengalir dengan lancar sehingga kamu bisa menjadi lebih kreatif. Tidak janya itu kamujuga akan lebih santai dan tenang sehingga tidak terpengaruh oleh stres.
Ilustrasi home office. (Sumber gambar: Unsplash/Collov Home Design)
3. Jangan tempatkan meja kerja di dekat pintu
Prinsip-prinsip feng shui yang juga harus dilakukan adalah kamu tidak boleh menempatkan meja di dekat jendela atau pintu, bahkan memunggunginya. Selain membuat posisi kalian rentan hal ini juga dapat menciptakan perasaan cemas.Sebisa mungkin tempatkan meja di tempat yeng bersebrangan dengan pintu atau jendela karena kamu dapat melihat siapa saja yang akan datang. Namun, jika tidak dapat menerapkan cara ini pastikan kalian memiliki kursi yang tinggi agar dapat melindungi saat ada bahaya.
4. Gunakan partisi sebagai penyekat
Jika kamu bekerja di ruangan yang cukup terbuka, penting juga memiliki dinding partisi, karena di ruang yang terlalu terbuka, energi cenderung menguap. Cobalah untuk membatasi ruang antara tempat kamu bekerja dengan ruangan lain dengan menggunakan sekat. Selain dapat memberimu privasi, sekat juga dapat membuat kondisi psikologismu nyaman.5. Aplikasikan objek atau gambar di ruang kerja
Ketika kalian dikelilingi oleh gambar dan objek yang menginspirasi baik itu pemandangan alam atau yang lain, hal ini tentu saja dapat menguntungkan karena dapat menciptakan lingkungan yang baik untuk mencapai target di perusahaan tempat bekerja.Pilihlah juga furnitur dan aksesori yang menginspirasi kamu dengan tema kemakmuran, kelimpahan, dan kesuksesan. Sebagai contoh di belakang meja, kamu dapat menggantung lukisan gunung tanpa puncak yang tajam, dan di depannya, lukisan kehidupan akuatik, karena air melambangkan kekayaan dan kemakmuran.
Untuk mengatur suasana dinamis di kantor, atur juga benda di tempat yang tepat dengan bantuan kompas, seperti telepon, agenda, komputer, kartu nama ke arah barat atau barat laut. Sementara itu untuk memfasilitasi kontak eksternal dan meningkatkan karir kamu bisa menempatkan foto bersama kerabat di arah barat atau timur.
Kemudian, untuk penempatan lampu harus diatur ke arah selatan, hal ini agar dapat menerangi prospek masa depan kalian. Terakhir, untuk meningkatkan hubungan dengan kolega, Genhype bisa juga menempatkan tanaman di sebelah timur. Selamat mencoba ya!
(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)
Editor: Nirmala Aninda
Komentar
Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.