Ilustrasi seorang pebisnis sedang menghitung kalkulasi keuangan (sumber unsplash: campaign creators)

Sedang Merintis Bisnis? Ini 5 Indikator Kesuksesan yang Perlu Diperhatikan

03 September 2022   |   13:18 WIB

Menjalankan usaha memang membutuhkan ketekunan khusus agar mencapai target yang diinginkan Genhype saat mulai terjun dan memasuki dunia bisnis. Selain usaha keras strategi marketing yang handal juga perlu diaplikasikan.

Tanpa adanya kerja keras dan ketelitian dalam menghitung kalkulasi dari bisnis kalian tentu kesuksesan akan sulit digapai. Terlebih saat memulai sebuah usaha banyak permasalahan yang juga harus dihadapi agar on the track sehingga target terpenuhi. 

Tahap-tahap inilah yang selain menjadi ujian juga menyaring kalian apakah lolos seleksi dalam persaingan ketat dengan kompetitor lain yang memiliki strategi berbeda baik dari pemasaran hingga pengemasan produk.

Baca juga: 5 Alternatif Cari Uang Tambahan Untuk Anak Kuliahan

Genhype tentu ingat bukan, ada pepatah yang mengatakan tidak ada usaha yang akan menghianati hasil. Nah inilah sebenarnya yang dapat dijadikan pijakaan untuk mencapai tujuan akhir dari semua bisnis, yakni mencapai kesuksesan.

Meski untuk mencapai tahap itu membutuhkan usaha yang ekstra. Namun Genhype juga harus melihat indikator yang dapat menjadi penentu apakah bisnis kalian memiliki prospek atau tidak. Nah, berikut Hypeabis.id rangkumkan indikator tersebut dari berbagai sumber.
 

1. Volume Penjualan Meningkat

Indikator pertama tentu saja volume penjualan yang terus meningkat. Karena semakin besar volume penjualan Genhype dalam menjalankan usaha dapat menjadi indikator bisnis yang dijalankan diterima dengan baik oleh konsumen.

Saat mencapai momen ini kalian juga bisa menganalisa produk apa saja yang laris dan menjadi best seller di kalangan konsumen. Tidak hanya itu kalian juga bisa melakukan evaluasi terhadap produk yang kurang laku sehingga menemukan strategi lain untuk memasarkannya kembali.


2. Break Even Point Tercapai

Break Even Point (BEP) adalah jumlah pengeluaran biaya produksi sama dengan jumlah pendapatan yang diterima dari hasil penjualan. Untuk mancapai titik ini memang tidak mudah karena memerlukan kiat khusus dari segi manajemen dan pembukuan yang tepat.

Memang pada tahap BEP usaha yang dijalankan belum  tentu mendapat keuntungan karena semua pemasukan digunakan untuk menutupi keperluan bisnis. Namun ini bisa jadi tahap yang baik, karena saat pemasukan  menjadi lebih besar, maka indikator keberhasilan bisnis mulai beranjak.


3. Memiliki Banyak Konsumen

Dengan semakin meningkatnya volume penjualan sudah pasti memiliki banyak konsumen yang berhasil terjaring dan menjatuhkan pilihannya pada produk kalian. Nah di sinilah juga yang dapat dijadikan titik untuk mengevaluasi bisnis  yang dijalankan.

Genhype perlu menyortir ada berapa banyak konsumen lama dan konsumen baru. Lakukan juga analisa apa yang membuat mereka tertarik membeli produk kalian. Ketahui juga dari mana konsumen tahu bisnis yang dijalankan, apakah dari surat kabar, media sosial atau yang lain.
 

4. Biaya Hidup Terpenuhi

Indikator ini juga dapat dijadikan acuan apakah bisnis kalian berhasil atau tidak. Karena ketika usaha yang dijalankan sudah mampu membiayai hidup meski belum mendapat profit real, artinya tinggal satu tahapan lagi untuk mencapai kesuksesan.

Pada tahap ini Genhype memang sudah bisa menghasilkan gaji dan memenuhi semua kebutuhan usaha yang dijalankan mulai dari fixed cost dan variable cost, yang sisanya bisa untuk menggaji diri sendiri serta digunakan untuk kebutuhan usaha.

 

5. Menghasilkan Profit Real

Indikator terakhir adalah profit real atau uang tunai yang tersisa setelah dipotong kewajiban membayar karyawan serta ongkos biaya produksi dan administrasi lain dalam mengelola bisnis kalian. Pada tahap ini biasanya bisnis yang dijalankan telah mapan dan memiliki nilai aset yang tinggi.

Nah itulah dia lima indikator keberhasilan bisnis yang kalian jalankan Genhype, sudah sampai pada tahap apa usaha yang saat ini sedang dirintis?


(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda
 
SEBELUMNYA

The Mysterious Benedict Society Musim Kedua Tayang Oktober 2022

BERIKUTNYA

7 Film & Serial Terbaru yang Bakal Hadir di Waktu Netflix Indonesia, Wajib Dinantikan!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: