Mie Belitung (dok: BelitungIsland.com)

Yuk, Kenalan Sama 5 Kuliner Khas Daerah yang Jarang Didengar

27 June 2021   |   21:00 WIB
Image
Rezha Hadyan Hypeabis.id

Guys, Indonesia memiliki beragam pilihan kuliner tradisional yang khas dengan olahan bumbu rempah-rempah nan lengkap. Tentu buat Genhype yang gemar traveling, berburu kuliner menjadi agenda wajib selain menikmati keindahan alam dan pesona budayanya, saat sedang mengunjungi daerah tertentu di Indonesia.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, para pelancong pasti sudah sangat merindukan aktivitas wisata terutama ke berbagai daerah untuk mengeksplorasi kekayaan kuliner tradisional tiap-tiap daerah wisata ini.

Beberapa kuliner mungkin sudah cukup dikenal para Genhype. Namun ada beberapa kuliner tradisional lainnya yang boleh jadi masih jarang didengar wiatawan. Kuliner ini juga memiliki cita rasa yang tidak kalah dengan kuliner pop yang sudah cukup dikenal masyarakat umum. Yuk kita cek satu-satu.

1. Bubur Ase
 

Bubur ase (dok: Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta)

Bubur ase (dok: Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan DKI Jakarta)


Bubur Ase merupakan salah satu makanan tradisional khas Betawi yang sudah jarang ditemui di Jakarta. Salah satu keunikan bubur ini dibandingkan dengan bubur yang ada pada umumnya yaitu disajikan dengan semur daging dan tahu serta asinan sawi, acar dan mentimun. 

Nama Ase sendiri juga diambil dari singkatan asinan dan semur. Nah, salah satu outlet yang masih menjual makanan tradisional khas betawi ini adalah Warung Bubur Ase Bu Neh yang berada di Jalan Kebon Kacang III No.83, Tanah Abang, Jakarta Pusat.


2. Tengkleng Solo 
 

Tengkleng Solo (dok: Dinas Pariwisata Kota Surakarta)

Tengkleng Solo (dok: Dinas Pariwisata Kota Surakarta)


Salah satu makanan tradisional khas Solo ini banyak dicari tetapi tidak mudah ditemui. Isi tengkleng sendiri terdiri atas  jeroan kambing yang sangat cocok dinikmati dengan nasi putih dan teh hangat sebagai hidangan makan malam. 

Sebagai salah satu makanan tradisional khas Solo, tengkleng bisa menjadi pilihan buat kalian penggemar makanan yang berbahan utama kambing ketika mengunjungi kota batik tersebut. Tertarik? Next time kalian mampir ke Solo, bisa mencobanya di Warung Tengkleng Bu Edi di Pasar Klewer.

3. Mie Atep Belitung 

 

 Mie Atep (dok: Belitungisland.com)

Mie Atep (dok: Belitungisland.com)


Salah satu makanan tradisional khas Belitung yang wajib kamu coba yaitu Mie Atep. Kuliner yang satu ini harus kamu coba karena menyajikan rasa nikmat dengan kombinasi sempurna dari berbagai bahan dasar bumbu serta kenyalnya mie kuning yang dipadukan dengan tauge hingga cabai rawit tumbuk khas Belitung. 

Mie Atep juga sangat cocok disantap dengan Es Jeruk Kunci yang menjadi minuman andalan di Belitung untuk pelepas dahaga. Bagi kamu yang ingin mencoba kuliner ini, pastikan Mie Atep Belitung di Jl. Sriwijaya no. 27, Tanjung Pandan, ini menjadi salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Belitung.


 
1
2


SEBELUMNYA

MAPPA Rilis Teaser Serial Animasi Chainsaw Man

BERIKUTNYA

Simak 6 Penampilan Spesial dalam The Penthouse 3

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: