setiap finalis terlihat menonjol dalam pendekatan artistik mereka sendiri. (sumber gambar: rilis/Museum MACAN)

Museum MACAN Bakal Menampilkan Karya Pemenang & Finalis Ajang VH Award ke-4

02 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Like
Museum MACAN akan mempresentasikan karya pemenang dan finalis ajang VH Award ke-4, yakni Lawrence Lek, Doreen Chan, Paribartana Mohanty, Jungwon Seo, dan Syaura Qotrunadha untuk umum pada 10 September 2022 – 13 November 2022. 

Dilansir dari rilis yang diterima Hypeabis.id, Aaron Seeto, Direktur Museum MACAN, mengatakan bahwa karya yang dipresentasikan oleh pemenang utama dan para finalis sangat beragam, dari sisi sinematik dan performatif, sampai penggunaan perangkat lunak dan pemrograman yagn sangat kompleks.

Berasal dari beragam latar belakang di negara-negara di Asia, setiap finalis terlihat menonjol dalam pendekatan artistik mereka sendiri. “Kami ingin memperkenalkan karya para finalis kepada publik, untuk mendorong pandangan yang lebih kritis dan komparatif mengenai minat dan praktik media baru mereka,” kata Aaron.

Baca jugaRekomendasi 5 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Sementara itu, DooEun Choi, Art Director Hyundai Motor, mengatakan bahwa presentasi yang diselenggarakan untuk yang pertama kalinya di Asia Tenggara ini terasa sangat penting. "Kami sangat senang bisa mempersembahkan pameran VH AWARD ke-4 di Indonesia. Melalui kolaborasi dengan Museum MACAN,” katanya.

Untuk diketahui, presentasi di Museum MACAN akan menampilkan karya multimedia dari seluruh finalis VH AWARD ke-4, di antaranya Lawrence Lek, pemenang utama yang berbasis di London; Doreen Chan yang saat ini tinggal di Chicago; Paribartana Mohanty yang tinggal dan bekerja di New Delhi; Jungwon Seo yang berbasis di Seoul; dan Syaura Qotrunadha yang tinggal di Yogyakarta.

Karya-karya para finalis melibatkan penggunaan teknologi dengan cara yang baru dan membangun koneksi yang baru dengan subjek yang berkisar pada hubungan manusia dengan kecerdasan artifisial hingga masalah sosial dan ekologi yang mendesak pada zaman ini.

Penghargaan ini bermuara pada komitmen Hyundai Motor Group untuk menghidupkan pertemuan antara seni dan teknologi melalui penelitian lintas budaya dan ekspresi artistik interdisipliner.

Pameran yang dilangsungkan di Museum MACAN merupakan bagian dari serangkaian presentasi global karya-karya para finalis yang mencakup pemutaran eksklusif di New Museum selama Frieze New York, presentasi daring dengan Elektra dan presentasi mendatang di Ars Electronica Festival.

VH AWARD memiliki tujuan mendukung pencarian perupa media baru muda dari beragam konteks di Asia, serta mendukung pameran karya para sang seniman.

Penghargaan pada tahun ini diselenggarakan dan diumumkan pada tahun lalu, dan menjadi yang pertama kali ekspansi ke luar kota, dengan melibatkan perupa dari seluruh wilayah di Asia yang menggambarkan dan mencerminkan beragam pendekatan kreatif terhadap seni media.

Dalam ajang ini, setiap perupa yang terpilih akan mendapatkan dana sebesar US$25.000 untuk memproduksi karya audio-visual dalam medium video yang akan dinilai oleh dewan juri, dan diundang untuk berpartisipasi dalam sebuah program residensi daring yang diselenggarakan oleh institusi seni dan teknologi ternama yang berbasis di New York, Eyebeam.

Lawrence Lek adalah pemenang utama yang diumumkan melalui acara penghargaan virtual pada November 2021. Dia menerima tambahan hadiah uang sebesar US$25.000.

Adapun juri dalam ajang VH Award antara lain Direktur Museum MACAN Aaron Seeto, kurator senior di Tate Modern Sook-kyung Lee, Kurator Independen dan Kritikus Christopher Phillips, Direktur Kuratorial, Koleksi, dan Program Singapore Art Museum June Yap, dan Roderick Schrock dari Eyebeam.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Bukan K-Pop, Remaja Depok Antusias Ikut DEPOKPOP

BERIKUTNYA

Siap-siap, Ini Jadwal Turnamen dan Line Up Grup Free Fire Master League Season 6 Divisi 1 Week 1

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: