Yogyakarta punya banyak kuliner legendaris yang sayang untuk dilewatkan (Sumber gambar: Unsplash/Angga Kurniawan)

Tak hanya Gudeg, 4 Kuliner Ini Wajib Kalian Coba Saat Pelesiran ke Yogyakarta

31 August 2022   |   11:11 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai wilayah khusus, Yogyakarta memiliki segudang destinasi tempat pelesiran yang menarik untuk disambangi. Selain menyimpan keindahan bentangan alam yang memukau, kota yang selalu istimewa ini juga memiliki ragam kuliner yang pantang dilewatkan.

Saat berkunjung ke daerah ini, tentu salah satu makanan khas yang terngiang-ngiang dalam benak Genhype adalah Gudeg. Tak salah memang, karena daerah ini selain dijuluki sebagai Kota Pelajar, juga dikenal sebagai Kota Gudeg. 

Tapi tahukah Genhype, Yogyakarta ternyata juga menyimpan ragam kuliner yang patut dicoba selain makanan berbahan dasar nangka muda itu. Jika kalian berencana berkunjung ke kota ini, berikut adalah rekomendasi kuliner yang wajib kalian coba selain gudeg, berdasarkan rangkuman Hypeabis.id : 

Baca juga: Cicipi 8 Kuliner Khas Magelang, Mulai dari Sup Senerek hingga Mangut Beong 
 

1. Mangut Lele Mbah Marto

Terletak di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu kuliner legendaris yang wajib kalian coba saat berkunjung ke daerah ini. Jika berangkat dari arah Yogykarata kota, kalian dapat menempuh jalan melewati Parangtritis untuk dapat menikmati kuliner yang berdiri sejak 1960-an itu. 

Lokasi persis tempat ini memang cukup tersembunyi karena berada di tengah kampung. Tepatnya di Jalan Sewon Indah RT 04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tenang, dengan memanfaatkan teknologi peta digital, kalian dapat menemukan kuliner satu ini dengan mudah.

Saat tiba dan masuk ke warung makan ini,  kalian jangan kaget karena akan disuruh masuk ke dapur mereka yang masih menggunakan kayu bakar. Sudah pasti ingatan kalian seolah kembali berkunjung ke rumah nenek, tapi dengan hidangan mangut lele dan lauk pendukung, seperti opor, gudeg, dan sayur tempe-krecek.
 

2. Soto Kadipiro

Genhype ingin mencicipi kuliner berkuah dari resep yang sudah berusia hampir satu abad? Soto Kadipiro adalah jawaban yang tepat. Meski Yogyakarta memiliki menu soto yang beragam, soto yang berada di daerah Wates, Yogyakarta ini merupakan salah satu yang wajib kalian coba.

Berdiri sejak tahun 1928, warung Soto Kadipiro awalnya dijual pikulan oleh Karto Wijoyo hingga ia menetap di daerah Kadipiro, Yogyakarta. Saat ini, pengelola warung sudah sampai di generasi ketiga, yang tentu mereka masih pertahankan kelezatan resep turun temurun itu.

Warung Soto Kadipiro terletak di Jalan Wates No.33, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta. Hal yang unik dari warung ini, selain tempatnya yang terkesan jadul, mereka juga masih menggunakan bahan baku ayam kampung sebagai kaldu dan ayam suwiran yang ditaruh di mangkok soto.

Baca juga: 10 Kuliner yang Harus Diburu di Yogyakarta 
 

3. Tengkleng Gajah

Eits, jangan sampai salah Genhype, meskipun namanya Tengkleng Gajah, tetapi bukan berarti warung makan ini menggunakan bahan dasar daging gajah sebagai bahan utamanya.Tengkleng Gajah tak lain adalah tengkelng dari kambing muda yang disajikan dalam porsi besar karena saking banyaknya.

Di warung makan yang terletak di Kawasan Ngaglik, Sleman Yogyakarta ini Genhype juga dapat  menikmati kudapan lain seperti nasi goreng kambing, tongseng, dan juga sate. Selain itu kalian juga dapat menyicipi berbagai jenis minuman yang mereka sediakan dari es teh hingga jus buah.
 

4. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Makanan kreasi dari olahan daging koyor sapi atau kerap dispa gajih ini juga wajib kalian cicipi saat pelesiran ke Yogyakarta. Lewat rasa pedasnya yang khas, kuliner yang berdiri sejak 1998 ini menggunakan idiom mercon atau petasan karena saat disantap seolah-olah ada ledakan di dalam mulut

Dilihat dari bentuknya, memang tidak ada yang menarik dari hidangan ini karena hanya terdiri dari nasi putih panas, ditemani oseng-oseng sederhana berisi kikil, gajih, kulit dan, tulang muda. Namun, saat disantap jangan ditanya, pasti Genhype akan minta tambah karena memang kuliner ini istimewa.

Warung tempat makan ini sendiri terletak di Jalan Haji Ahmad Dahlan, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta Indonesia. Bila kalian ingin menghindari makana pedas, di warung ini juga ada makanan lain yang bisa dipesan, seperti pecel ayam, lele, hingga burung puyuh.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Rekomendasi 5 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

BERIKUTNYA

Cerita Makbul Mubarak Sutradarai Debut Film Panjang Autobiography

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: