Ilustrasi piring (Sumber gambar: Gaby Yerden/Unsplash.com)

5 Tradisi Unik Negara-negara di Dunia

30 August 2022   |   17:03 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Berbagai negara di dunia memeiliki caranya masing-masing dalam menjaga tradisi, adat, serta kebudayaan. Tradisi terbentuk karena kesepakatan masyarakat setempat yang kemudian dibudayakan secara turun menurun.

Meski sudah berada di era yang modern, sebagian masyarakat di negara tertentu masih membudayakan tradisi yang terbilang unik untuk diteruskan ke generasi selanjutnya.

Baca juga: 6 Negara Ini Punya Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru

Uniknya tradisi di berbagai negara menempatkan setiaop masyarakatnya memiliki ciri khas yang bisa dibanggakan kepada negara lain. Mulai dari memecahkan piring hingga cara mengkonsumsi makanan, Hypeabis.id merangkum beberapa negara yang memiliki tradisi terunik di dunia. Yuk simak!
 

1. Memecahkan Piring (Denmark)

Memecahkan piring merupakan hak yang biasa terjadi di Denmark setiap malam tahun baru. Tradisi unik memecahkan piring ini dianggap mampu mengusir kejahatan dan niat buruk menjelang pergantian ke tahun yang baru. Warga akan mulai saling melemparkan piring ke depan pintu tetangga dan kerabatnya untuk mengawali tahun baru. Masyarakat Denmark percaya semakin banyak piring yang pecah di depan pintu masuk, maka semakin tinggi juga keberuntungan yang akan diterima di tahun mendatang.


2. Menyeruput Makanan (Jepang)

Selain dikenal dengan budaya kerjanya yang tinggi, Jepang memiliki tradisi khusus dalam hal cara makan. Berbeda dengan kebanyakan negara yang menganggap bersuara saat makan itu tidak sopan, Jepang justru menganggap suara saat menyeruput makanan sebagai tanda seseorang menghargai masakan tersebut. Hal ini juga sering menjadi cara bagi maysrakaat Jepang mengapresiasi dan menunjukkan jika makanan yang dikonsumsinya bercita rasa lezat.
 

3. Famadihana (Madagaskar)

Berbeda dengan situasi berduka dan kelam, masyarakat Madagaskar memilih untuk bergembira bersama mayat. Tradisi yang dinamai Famadihana ini mengajak warga Madagaskar untuk berdansa dengan mayat yang dilakukan dari Juni hingga September setiap tahunnya. Sudah berlangsung dari generasi ke generasi, tradisi Famadihana juga dilakukan dengan mengganti kain yang dikenakan mayat.


4. Tulip Time (Belanda)

Negara yang dikenal dengan ikon kincir angin ini memiliki tradisi bernama Tulip Time, perayaan atas mekarnya bunga tulip di musim semi. Warga akan menggunakan pakaian tradisional dan melangsungkan parade pada pertengah Mei, tepat saat waktu bunga tulip bermekaran. Biasanya acara dilangsungkan di beberapa tempat yang memiliki taman bunga tulip.


5. Piring Bibir (Ethiopia)

Sebuah suku bernama Mursi di Ethiopia memiliki cara khusus untuk menunjukkan kecantikan seorang wanita. Masyarakat setempat percaya jika semakin lebar bibir seorang wanita maka akan terlihat semakin cantik. Tak tanggung- tanggung, suku Mursi harus meletakkan piring berukuran 5cm-25 cm ke dalam bibirnya demi terlihat indah. Hal ini menyebabkan wanita Suku Mursi harus mencabut beberapa gigi bagian bawah hingga memotong bibirnya.

Genhype, itulah beberapa negara dengan tradisi unik di dunia. Sempatkan mengenal tradisi mereka saat kalian berkunjung ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Viral Foto Lukisan Raden Saleh Diunggah Menkeu, Yuk Intip Perawatan Koleksi Benda Seni di Istana Negara

BERIKUTNYA

Bisa Fatal, Intip 5 Bahaya Terlalu Banyak Minum Air Putih

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: