IVE. (Sumber gambar: Starship Entertainment)

After LIKE IVE Masuk Daftar Album Girl Group dengan Rekor Penjualan Sehari

23 August 2022   |   21:47 WIB

Girl group rookie IVE kini kembali mencetak rekor dalam karya terbaru mereka yaitu album single After LIKE yang rilis pada Senin (22/8/2022). Album ini tercatat oleh Hanteo sebagai album ketiga yang paling banyak terjual dalam perilisan hari pertama sepanjang sejarah industri musik K-pop.

Berdasarkan pantauan dari Hanteo dan sejumlah situs penjualan album yang dikumpulkan pengguna Twitter Korean Sales (@koreansales_twt), After LIKE tercatat telah terjual sebanyak 464.690 kopi album pada hari pertamanya.

Angka ini tercatat sebagai yang paling tinggi sepanjang karier IVE, capaian girl group K-pop secara umum, serta capaian grup dalam top 100 (dengan peringkat ke-26).

Pantauan Hypeabis.id juga melihat bahwa angka ini berada di bawah aespa dengan mini album Girls yang terjual sebanyak 806.891 kopi dan BLACKPINK dengan albul full-length THE ALBUM yang terjual sebanyak 589.310 kopi pada hari pertamanya.

Namun, capaian IVE sendiri mengalahkan sejumlah girl group seperti TWICE dengan album MORE & MORE yang terjual sebanyak 274.471 kopi, NewJeans dengan album New Jeans sebanyak 262.815 kopi, dan ITZY dengan album CHECKMATE sebanyak 251.509 kopi. 

Tak hanya itu IVE juga telah melampaui rekor albumnya sendiri, di mana capaian ini mengalahkan album single debut ELEVEN yang terjual sebanyak 56.209 kopi dan album single LOVE DIVE yang terjual sebesar 120.345 kopi pada periode yang sama. Angka ini sendiri diperkirakan akan terus meningkat dengan kepopuleran IVE yang semakin menarik perhatian publik.

Di sisi lain, album ini juga tercatat memiliki penjualan pekan pertama tertinggi yang melewati capaian dari album The ReVe Festival 2022 milik Red Velvet yang terjual sebanyak 443.922 kopi dan album CHECKMATE milik ITZY sebanyak 472.395 kopi.

Angka saat ini diperkirakan akan terus meningkat, mengingat bahwa catatan penjualan album After LIKE yang beredar saat ini masih terhitung untuk penjualan hari kedua pada Selasa (23/8/2022).
 

After LIKE merupakan album single ketiga yang terdiri dari lagu utama berjudul sama dan lagu b-side berjudul My Satisfaction. Lagu utamanya sendiri mengusung aliran deep house dengan lirik yang mengekspresikan tentang perasaan jujur tentang cinta, di mana lagu ini menggunakan interpolasi dari lagu jadul hits I Will Survive (1978) milik penyanyi Gloria Gaynor.

Setelah perilisannya, album ini debut di peringkat pertama dalam tangga album Regional iTunes Album di Bahrain dan Hong Kong; mendapatkan peringkat kedua di Jepang; masuk ke dalam top 50 di Australia (ke-14), Prancis (ke-24), Kanada (ke-30), dan Inggris (ke-46); serta masuk ke top 100 di Italia (ke-71) dan Jerman (ke-81).

Secara digital, lagu dalam album single ini juga mendapatkan beberapa capaian secara domestik. Hingga saat ini, lagu utama After LIKE tercatat memiliki pendengar unik terbanyak kelima dalam kurun waktu 24 jam dengan 368.081 stream di platform MelOn pada tahun ini.

IVE sendiri mendapatkan capaian kategori umum ini bersama dengan Still Life (BIGBANG), Pink Venom (BLACKPINK), At That Moment (WSG Wannabe - Gaya-G), dan I Missed You (WSG Wannabe - 4FIRE).

Lebih rinci, IVE juga menjadi grup dengan pendengar unik terbanyak kedua dalam kurun waktu 24 jam untuk lanskap girl group. Dengan angka yang sama, girl group dari Starship Entertainment itu mengalahkan Savage (aespa), Queendom (Red Velvet), dan Feel My Rhythm (Red Velvet).

Dalam kategori pendengar unik satu jam pertama sepanjang tahun 2022, lagu ini juga menyabet posisi ketiga dengan berada di bawah Pink Venom milik BLACKPINK dan Yet To Come milik BTS. Dengan angka 49.869 stream, IVE melampaui sejumlah lagu seperti Glitch Mode milik NCT Dream, Feel My Rhythm milik Red Velvet, dan If We Ever Meet Again milik Lim Young-woong.

Jika dipersempit ke lanskap girl group, lagu yang sama juga mendapatkan pendengar unik terbanyak kedua dalam kurun satu jam di bawah Pink Venom milik BLACKPINK. Angka ini juga melewati sejumlah rilisan pada tahun ini seperti Feel My Rhythm milik Red Velvet, FOREVER 1 milik Girls' Generation, Attention milik NewJeans, dan lagunya sendiri yaitu LOVE DIVE.

Sampai pukul 16.00 WIB, lagu utama itu juga tercatat mendapatkan capaian peringkat di tangga lagu beberapa platform. After LIKE kini berada di posisi ketiga di MelOn, Genie, dan FLO serta peringkat pertama di tangga lagu Bugs. Beberapa capaian ini merupakan pembaruan setelah mengalami peningkatan, lainnya merupakan capaian stagnan atau tetap setelah beberapa jam pasca perilisannya.

Terbaru, lagu After LIKE juga mendapatkan capaian keempat dalam tangga lagu Spotify Korea Selatan. Tak hanya itu, lagu ini juga masuk peringkat ke-49 dengan jumlah 1,515 juta stream di Spotify Global. Capaian ini sendiri didapat bersamaan dengan Pink Venom milik BLACKPINK, Left and Right milik Charlie Puth & Jungkook BTS, Bad Decisions milik benny blanco, BTS & Snoop Dogg, dan Dynamite milik BTS.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Mau Merdeka Finansial? Lewati Dulu Tahapan Ini

BERIKUTNYA

Darwis Triadi Sebarkan Spirit of Photography Lewat Sekolah Foto

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: