Ilustrasi produk True Wireless Stereo (TWS). (Sumber gambar: Unsplash/Yasin Hasan)

Apa Itu True Wireless Stereo, Teknologi Audio Tanpa Kabel?

23 August 2022   |   18:34 WIB

Like
Salah satu produk teknologi yang sedang tren di kalangan masyarakat adalah teknologi tanpa kabel atau nirkabel yang dikembangkan dalam sejumlah produk seperti aksesoris dan gawai atau gadget. Dari beberapa teknologi nirkabel yang sudah ada, True Wireless Stereo atau TWS merupakan produk yang banyak digunakan.

Melansir situs Wevolver, TWS sendiri merupakan produk teknologi yang menyediakan pengalaman mendengarkan audio dengan suara stereo tanpa kabel. Umumnya, teknologi ini menggunakan transmisi Bluetooth sebagai perantara antar gawai dan sudah berkembang secara global sejak 2015.

Secara umum, TWS mulai berkembang sejak produk Bragi Dash hadir pada 2015 dengan kepopuleran yang masih belum besar. Adopsi teknologi ini mulai berkembang pesat setelah raksasa teknologi Apple mulai menggunakan sistem nirkabel tersebut sejak 2016 dalam produk audio AirPods.

Setelahnya, perkembangannya perlahan meningkat pada 2020 dengan estimasi pertumbuhan produk TWS hingga lebih dari 30 persen. Lembaga riset Canalyst kala iotu memprediksi bahwa produk TWS akan semakin meningkat setiap tahunnya, di mana angka produksinya diperkirakan mencapai 760,4 juta unit pada 2024.

Perkembangan TWS sebagai salah satu produk teknologi yang banyak digunakan dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, misalnya kemudahan penggunaan, fitur yang meningkatkan kenyamanan (mis. kualitas suara, noise cancellation, masa pakai, hingga harga), hingga fleksibilitas penggunaan pada berbagai kegiatan.

Baca jugaSimak Dulu Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, dan Handsfree, Jangan Tertukar!

Tidak hanya itu, tren perkembangan ini juga didasari atas dua hal penting, yaitu pada peningkatan konsumsi konten video dan gim di berbagai lokasi (mobile). Hal inilah yang membuat produk ini bisa memperkuat fleksibilitas masyarakat dalam menggunakan dan mengonsumsi konten media apapun dengan lebih mudah dan imersif.
 

Fitur yang Umum Ditemui dalam TWS

Dalam perjalanannya, TWS memiliki beragam pengembangan dalam aspek fitur maupun desain. Perkembangan ini akan selalu terjadi saat seiring dengan bertambahnya waktu dan kemajuan inovasi dari produsen produk teknologi TWS. Biasanya, ada lima fitur yang sering muncul dalam berbagai produk TWS: latensi rendah, noise cancelling, Bluetooth 5.2, arsitektur akustik, serta aspek desain dan kenyamanan.

Latensi rendah memiliki makna bahwa produk TWS bisa mendukung periode transmisi suara yang pendek saat proses suara yang masuk ke dalam sistem teknologi. Fitur ini biasanya mendukung periode pemrosesan suara dengan delay atau jeda yang pendek dalam satuan milidetik, sehingga suara bisa lebih cepat didengar pada proses akhir.

Baca jugaMau Beli Earphone TWS? Perhatikan 4 Hal Ini Genhype

Noise cancelling adalah fitur yang mendukung redaman suara dari luar atau sekitar pengguna saat menggunakan produk TWS seperti earphone atau earbuds. Sejak 2020, teknologi ini  sudah populer sebagai salah satu kriteria dalam pencarian perangkat suara karena meningkatkan pengalaman pengguna untuk lebih fokus saat mendengarkan suara dari perangkat ponsel atau komputer dengan lebih jelas.

Bluetooth 5.2 merupakan versi dari teknologi Bluetooth yang paling baru untuk produk teknologi. Fitur ini membantu dalam transmisi suara dan dukungan untuk beberapa kelebihan yang memudahkan pengguna, misalnya kendali kekuatan perangkat yang rendah saat koneksi, transmisi dengan bandwith yang rendah, serta koneksi yang lebih banyak ke beberapa perangkat.

Arsitektur akustik suara berfokus pada desain yang berpengaruh pada sistem, misalnya perangkat keras berupa driver sebagai pendukung perubahan sinyal elektrik ke suara sebelum masuk ke telinga, pembangunan diafragma dalam struktur yang menciptakan gelombang suara, serta tekanan suara yang berpengaruh pada kualitas bass dalam tingkatan volume tertentu.

Terakhir, aspek desain dan kenyamanan dilihat dari faktor model earphone atau earbuds yang sesuai dengan bentuk telinga atau dengan desain standar yang menggantung di telinga serta pengganjal berupa silikon atau memory foam. Hal ini berpengaruh pada pengalaman mendengarkan suara yang dirasakan pengguna produk TWS.
 

Cara Kerja Produk TWS

Bergantung pada merek dan jenis produk, ada beragam sistem atau cara kerja dari TWS. Biasanya, headphone TWS memiliki satu buah earbud sebagai perantara utama antara sumber media dan earbud kedua. Dikutip dari situs Telink, hal ini terjadi dengan salah satu earbud yang mengirimkan sinyal ke perangkat sumber, lalu terhubung dan perangkat sumber kemudian menyalurkan sinyal yang sama ke earbud kedua.

Cara lainnya adalah dengan adanya koneksi antara dua buah earbud ke sumber media yang langsung terhubung. Biasanya, chip Bluetooth pada perangkat akan mengirimkan sinyal suara secara langsung ke dua earbuds dengan kelebihan pada kekuatan koneksi dan kejelasan suara.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor : Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Raditya Dika Jadi Satu-satunya Orang Indonesia di Daftar Influencer Berpenghasilan Tertinggi

BERIKUTNYA

Jadi Lawan Main Nicsap di Sayap-Sayap Patah, Simak Profil Ariel Tatum

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: