Aplikasi pesan instan saat ini telah memiliki beragam fitur (Sumber gambar: Unsplash/Adem Ay Zs)

Bot hingga Permainan, Menelaah Ragam Fitur Aplikasi Pesan Instan 

18 August 2022   |   17:59 WIB

Perhatikan ponsel dan komputer pribadi yang dimiliki: kemungkinan kalian telah memasang aplikasi pesan instan di sana untuk berkomunikasi. Aplikasi pesan instan dewasa ini sudah berkembang dari sekadar mengirim pesan teks, hingga memiliki berbagai fitur tambahan yang tidak kalah bergunanya.

Seperti dikutip dari Bisnis Indonesia Weekend edisi Februari 2017, berikut ini adalah beberapa fitur menarik yang terdapat di berbagai aplikasi pesan instan populer : 

Baca Juga : Catat, Ini 5 Hal yang Sebaiknya tidak Disampaikan Lewat Pesan Teks 
 

Pesan Rahasia 

Kalian tentunya tidak ingin percakapan pribadi yang dilakukan dengan teman atau kekasih disadap oleh pihak yang tidak bertanggung jawab bukan? Untuk itu, beberapa aplikasi chat yang ada saat ini sudah menawarkan fitur antisadap, berkat teknologi enkripsi (end to end encryption

Tidak semua aplikasi populer menawarkan fitur enkripsi ini, tetapi pengguna sudah dapat menemukannya pada aplikasi terkemuka, seperti WhatsApp. Dengan demikian, secara umum pengguna tidak perlu melakukan setelan tambahan untuk mendapatkan fitur antisadap tersebut.

Ada kemungkinan bahwa pengguna aplikasi harus melakukan langkah tambahan untuk memastikan keamanan komunikasi dengan lawan bicara pada aplikasi chat. Pada WhatsApp dan Signal misalnya, hal ini dilakukan dengan memeriksa kode keamanan (security code). 

Aplikasi seperti Telegram dan Google Allo juga menawarkan mode pesan terenkripsi. Hanya saja kedua aplikasi pesan instan ini tidak menyediakan mode terenkripsi secara default. Bila ingin menggunakan mode ini, kalian harus menciptakan percakapan khusus.

Meskipun sedikit lebih repot, percakapan khusus terenkripsi pada Telegram dan Allo memiliki beberapa fitur tambahan. Sebagai contoh, percakapan rahasia pada Telegram bisa terhapus otomatis setelah beberapa waktu (dan karena itu tidak bisa dibaca bila ada orang lain yang tidak diinginkan memegang ponsel). Bila ada salah satu pihak peserta chat yang mengambil screenshot, pihak lain juga akan diberi tahu.

Baca Juga : Kuy Kenalan dengan 6 Fitur WhatsApp untuk Perlindungan Pesan Teks 
 

Bot & Asisten Pribadi 

Beberapa aplikasi pesan instan sekarang ini juga mendukung fitur bot. Bot pada aplikasi pesan instan secara umum adalah program yang bisa berkomunikasi dengan pengguna lewat perintah teks atau bahasa alami. Fungsi pada aplikasi pesan instan bisa beragam, salah satunya permainan. 

Beberapa bot bisa diajak bercakap-cakap layaknya manusia, tetapi  kebanyakan bot yang ada saat bisa ini dikendalikan hanya dengan perintah sederhana saja. Fitur bot bisa ditemukan pada aplikasi pesan instan, seperti Facebook Messenger dan Telegram.

Aplikasi pesan instan Google Allo yang beroperasi hingga 2019 lalu, menyediakan asisten pribadi terintegrasi, yang cukup cerdas untuk bisa diajak bercakap-cakap. Google menyertakan berbagai fungsi seperti informasi cuaca dan langganan berita pada asisten pribadi ini. Pada platform lain fungsi ini bisa ditangani oleh bot. 


Pesan Suara & Panggilan Video 

Beberapa aplikasi pesan instan populer dilengkapi dengan fitur telepon terintegrasi. Contoh aplikasi seperti ini adalah Skype (yang dari awal memang lebih dipromosikan sebagai aplikasi telepon), WhatsApp, dan Google Hangouts.

Selain fungsi telepon, beberapa aplikasi ini dilengkapi pula dengan fitur panggilan video (video call). Fitur ini bermanfaat bila kalian tidak hanya ingin bercakap-cakap, tetapi juga ingin melihat ekspresi wajah lawan bicara.


Permainan 

Beberapa aplikasi pesan instan, seperti Line, KakaoTalk, dan Telegram tidak hanya bisa  berfungsi sebagai aplikasi percakapan, tetapi juga bisa menjadi platform untuk  permainan. Kendati banyak pengguna yang lebih suka bermain di tempat lain, tetapi integrasi permainan dengan aplikasi pesan instan ini punya kelebihan sendiri. 

Pemain akan lebih mudah menemukan lawan main dibandingkan pada platform lainnya. Fitur permainan pada pesan instan ini terutama berguna bila kalian bukan pemain game garis keras, dan enggan memasang aplikasi khusus hanya untuk bermain di ponsel. Jenis permainan yang tersedia juga umumnya simpel dan mudah untuk dimainkan, alias bersifat kasual. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor : Syaiful Millah `

SEBELUMNYA

Novel 'Where the Crawdads Sing' Kokoh di Best Seller

BERIKUTNYA

Kapersky Catat Eksploitasi Kerentanan yang Meningkat di Suite Microsoft Office

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: