Telegram (Unsplash/Christian Wiediger)

Wow, Telegram Diunduh 1 Miliar Kali di Seluruh Dunia

01 September 2021   |   13:42 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aplikasi pesan instan Telegram telah menjadi salah satu platform yang melampaui milestone 1 miliar unduhan secara global. Hal tersebut membuktikan kepopuleran aplikasi yang pertama kali dirilis pada 2013 lalu tersebut sudah menjadi bagian dari platform aplikasi pesan yang akrab di masyarakat.

Firma riset Sensor Tower menyatakan bahwa Telegram melewati tonggak 1 miliar unduhan di seluruh dunia pada akhir Agustus lalu, bersaing ketat dengan aplikasi pesan populer lain termasuk WhatsApp dan Messenger.

Adapun, aplikasi lain yang memiliki jumlah unduhan teratas di dunia di antaranya ialah WhatsApp, Messenger, Facebook, Instagram, Snapchat, Spotify, dan Netflix.

Berdasarkan data dari Sensor Tower, negara yang menyumbangkan pengguna terbanyak dari Telegram adalah India. Negara tersebut memiliki pangsa pasar sekitar 22 persen dari total unduhan global.

Sementara itu, negara lain yang berkontribusi tinggi terhadap capaian Telegram termasuk Rusia dengan total 10 persen pangsa pasar. Posisi selanjutnya ialah Indonesia yang menerima sekitar 8 persen dari total pemasangan aplikasi.

Mobile Insight Strategist EMEA Sensor Tower, Craig Chapple mengatakan bahwa strategi Telegram dengan berfokus pada segi keamanan dan privasi telah mendorong perusahaan mendapat banyak pengguna anyar.

Terlebih, beberapa waktu lalu pesaingnya yakni WhatsApp mengeluarkan kebijakan anyar yang dinilai banyak pihak tidak pro terharap isu serupa. Akibat hal itu, terjadi migrasi besar-besaran di sejumlah negara ke platform Telegram.

Dalam beberapa hari setelah pembaruan kebijakan privasi WhatsApp diumumkan, Telegram menyatakan bahwa mereka telah menerima 25 juta pengguna baru.

"Dengan berfokus pada privasi, Telegram mengukir ceruknya sendiri di pasar perpesanan seluler yang sangat kompetitif," kata Chapple seperti dikutip Gadget 360.

Penting untuk diketahui bahwa jumlah pemasangan yang disebutkan oleh Sensor Tower tidak mewakili basis pengguna aktif aplikasi tersebut. Akan tetapi, tahun lalu Telegram menyatakan bahwa ada sekitar 500 juta pengguna aktif bulanan di dalam platformnya.

Belum lama ini, platform analitik App Annie juga melaporkan bahwa Telegram menjadi salah satu aplikasi paling banyak diunduh secara global pada 2020, bersama dengan sejumlah aplikasi populer termasuk TikTok, Messenger, WhatsApp, dan yang lainnya. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Pencinta Kopi Tak Melulu Identik dengan Lelaki

BERIKUTNYA

Belajar Jadi Barista di Rumah dengan Acepresso

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: