Ilustrasi investasi saham. (Sumber gambar : Freepik/Rawpixel)

Kiat Merdeka Finansial Lewat Jalur Investasi Saham

15 August 2022   |   18:45 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Indonesia sebagai sebuah negara telah merdeka sejak 77 tahun yang lalu. Tentu, kemerdekaan itu bukan hal yang mudah dan melalui sejumlah tantangan. Banyak darah dan air mata yang tumpah untuk bangsa ini terbebas dari tangan penjajah.

Sebagai penerus, kita harus mempertahankan kemerdekaan ini. Namun sebagai individu, terutama buat kamu generasi muda, kamu harus bisa merdeka secara finansial agar tidak perlu lama menjadi beban orang tua, bahkan negara 

Merdeka finansial memiliki makna ketika kamu memiliki dana yang cukup untuk mencapai tujuan hidup. Salah satu cara meraih merdeka finansial adalah dengan cara investasi saham. 

Baca juga: Begini Tips Trading Saham dengan Keuntungan Konsisten

Financial Expert Ajaib Sekuritas Yazid Muamar, menjelaskan zaman sekarang membuka akun rekening di sekuritas untuk memulai transaksi saham sangat mudah. Calon investor saham cukup melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas yang telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Bagi kamu yang ingin memulai investasi saham, berikut ini  beberapa tips dari Yazid yang wajib diterapkan jika ingin sukses dan merdeka finansial.


1. Pastikan biaya hidup dan dana darurat aman

Sebelum memulai investasi saham, pastikan biaya hidup kamu sudah tersedia dan memiliki dana darurat yang cukup. Jangan melakukan investasi saham dengan dana darurat ataupun dengan menggunakan dana pinjaman. 

Kamu bisa membuat anggaran keuangan untuk melihat pengeluaran per bulan. Ini juga merupakan rutinitas yang memperkuat tujuan kamu untuk merdeka finansial dan memperkuat tekad terhadap godaan untuk berbelanja secara berlebihan. 

Kata Yazid anggaran keuangan yang jelas juga mempermudah kamu untuk memperkirakan jangka waktu yang dibutuhkan untuk mencapai merdeka finansial.


2. Pahami keuntungan dan risiko

Jika kamu ingin menekuni saham sebagai instrumen investasi, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah belajar. Kamu bisa mendapatkan informasi mengenai saham ini di banyak media, namun tetap perhatikan kredibilitas sumber yang menjadi acuan. 

Jangan pula ragu untuk berdiskusi dengan orang-orang yang memiliki latar belakang pendidikan ekonomi dan yang sudah lama terjun ke dunia saham. Pengalaman dari  mereka akan memberikan kamu gambaran bagaimana berinvestasi saham yang baik. 

Apabila sudah memahami dasar dan tata cara investasi saham yang efektif, maka kamu pun akan lebih mudah mendapatkan keuntungan.

Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan tinggi, kamu harus tau bahwa akan ada risiko besar juga yang mungkin akan kamu terima. Jadi, jika kamu tidak percaya diri mengambil saham dengan risiko tinggi, pilihlah saham perusahaan yang memiliki track record baik dan dikenal masyarakat luas.


3. Tentukan tujuan investasi

Tujuan investasi ini penting. Tanpa adanya tujuan kamu akan tersesat dan sulit menentukan arah. Oleh karena itu, tentukan teujuan investasi kamu terlebih dulu. Tujuan inilah yang nantinya akan mempengaruhi nominal serta jangka waktu yang diinginkan dan membuat kamu termotivasi berinvestasi dengan cara yang tepat. 


4. Investasi sesuai kemampuan

Jangan pernah memaksakan diri untuk besar pasak daripada tiang. Mulailah investasi sesuai kemampuan. Ingat selalu ada risiko di balik keununtungan yang beesar.

Jangan tergesa-gesa untuk investasi dengan nominal besar. Mulailah dengan nominal kecil lalu perlahan bertambah besar. Seiring bertambahnya pengetahuan dan kepercayaan diri kamu dalam berinvestasi, kamu pun akan semakin yakin untuk berinvestasi saham dengan nominal yang besar.


5. Jangan FOMO (fear of missing out)

Sebagai investor, pasti kamu akan tergoda ketika nilai saham semakin naik atau ikut-ikutan membeli saham karena orang tertentu tanpa mempelajari informasi lengkap mengenai perusahaan tersebut. 

Kamu harus fokus dan konsisten terhadap rencana investasi dan keuangan yang telah kamu buat. Sangat jarang investor pemula mendadak kaya ketika baru mulai berinvestasi, maka hindari pengambilan keputusan yang didasari oleh FOMO.

Itulah beberapa hal mengenai saham dan tempat yang bisa kamu manfaatkan untuk mulai belajar saham pemula. Dengan mengetahui ilmu investasi saham, kamu bisa dengan mudah menentukan saham mana yang baik untuk dibeli. 

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Minum Es Bikin Perut Buncit? Simak 9 Mitos Seputar Diet & Pola Makan

BERIKUTNYA

Jangan Abaikan Sakit Gigi pada Anak, Ini Alasannya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: