Pembukaan Jambore Nasional (Sumber gambar : Jambore Nasional)

Jambore Nasional Berlangsung di Buperta Cibubur, Diikuti Ribuan Peserta dari Dalam & Luar Negeri

15 August 2022   |   11:07 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Jambore Nasional (Jamnas) resmi digelar mulai tanggal 14 hingga 21 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta. Jamnas ke-11 bertema Ceria, Berdedikasi, dan Berprestasi  ini diikuti oleh 8.042  Pramuka penggalang, 1.013 pembina pendamping, dan 242 pimpinan kontingen daerah.

Mereka berasal dari 34 Kwarda dan  528  perwakilan Kwartir Cabang dan Satuan Komunitas Pramuka.
Selain itu, ikut menjadi peserta adalah Pramuka Berkebutuhan Khusus dari 4 kekhususan yaitu Tuna netra, Tuna Daksa, Tuna Rungu dan Tuna Grahita. Jumlah mereka ada 66 orang Pramuka.

Baca juga: Kenalan dengan 4 Perlengkapan Seragam Wajib Anggota Pramuka

Peserta lainnya berasal dari Gugus Depan yang berpangkalan di KBRI/ KJRI yaitu dari Kuala Lumpur  15 orang,  Davao (Filipina) 12 orang dan  dari NSO, yaitu dari Persekutuan Pengakap Malaysia 21 orang dan dari  UK Muslim Scout Fellowship (4 orang putri).  Selain itu hadir perwakilan  dari  WOSM, APR dan World Scout Foundation (WSF)  serta National Scout Organization of Thailand.

Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman berharap pelaksanaan Jambore Nasional ini dapat menjadikan para peserta bisa menjadi tunas harapan bangsa. "Untuk membangkitkan semangat adik-adikku sekalian. Saya berharap ke depannya, adik-adik terus terlibat, menjaga disiplin, loyalitas dan penuh semangat pada kegiatan Jambore ini. Nantinya akan melahirkan kegiatan-kegiatan yang sangat bermanfaat dan justru memunculkan jiwa korsa satuan dan kesatuan,” ujarnya.

Dudung bercerita sebelum menempuh pendidikan di Akademi Militer (Akmil) Magelang dan lulus pada 1988 dari kecabangan Infanteri, dia merupakan anggota Gerakan Pramuka saat sekolah di Bandung.
Pada saat itu hampir 90 persen yang masuk menjadi mahasiswa Akademi Militer berasal dari Praja Muda Karana (Pramuka).

Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Budi Waseso yang juga menjadi Pembina Upacara Pembukaan Jamnas dan Hari Pramuka ke-61 ini mengatakan kegiatan yang dilaksanakan ini, baik untuk meningkatkan keterampilan fisik maupun untuk menambah wawasan dan pemahaman mental dan rohani.

Menurutnya, dalam upaya Gerakan Pramuka membantu menanggulangi pandemi Covid-19, berbagai kegiatan telah dilaksanakan Satuan Tugas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19.

Antara lain Gerakan Kedisiplinan Nasional dengan mewujudkan perilaku mematuhi protokol kesehatan, maupun Gerakan Kepedulian Nasional dengan mewujudkan sikap empati dan simpati menolong sesama hidup, khususnya mereka yang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini.

Upacara Pembukaan Jambore Nasional XI dibuka secara simbolis dengan pemukulan dol oleh Ketua Kwartir Nasional Kak Budi Waseso dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Kak Dudung.

Baca juga: 4 Ide Permainan Unik untuk Kegiatan Pramuka, Bisa Dimainkan Semua Usia

Pada akhir upacara ditampilkan atraksi keterampilan pramuka dan seni budaya oleh peserta dari Kwarda Jawa Tengah. Selain itu adalah penampilan drumband Akademi Militer  Magelang, yakni Genderang Suling Canka Lokananta (GSCL).

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kuy Berkenalan dengan 6 Fitur WhatsApp untuk Perlindungan Pesan Teks

BERIKUTNYA

4 Persiapan Penting Membesarkan Anak Berkebutuhan Khusus 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: