Honda memperkenalkan CR-V Hybrid dan Accord Hybrid di GIIAS 2022. (Sumber gambar: Fajar Sidik/Hypeabis.id)

Intip Duet CR-V Hybrid & Accord Hybrid yang Mejeng di GIIAS 2022

13 August 2022   |   19:34 WIB
Image
Fajar Sidik Hypeabis.id

Tren elektrifikasi kendaraan makin gencar dilakukan oleh produsen otomotif. Salah satunya Honda Prospek Motor yang membuka elektrifikasi di pasar Indonesia dengan memperkenalkan dua model yang ditanamkan teknologi mesin hibrida (bensin dan motor listrik) yaitu CR-V Hybrid dan Accord Hybrid.

Kedua model tersebut diperkenalkan dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang berlangsung 11-21 Agustus 2022 di ICE, BSD, Tangerang Selatan. Namun untuk pemasaran CR-V Hybrid dan Accord Hybrid di dalam negeri, baru akan dimulai pada 2023, meski di sejumlah negara seperti Jepang dan Amerika Serikat sudah banyak mengaspal. 

Baca Juga : Jalan-Jalan ke GIIAS 2022? Jangan Lupa Test Drive Kendaraan Listrik 

Honda mengusung  hybrid electric vehicle (e:HEV) yaitu teknologi mesin hibrida yang disebut memberikan efisiensi bahan bakar lebih baik, dan emisi yang lebih bersih. Hal itu, sebagai bagian dari perwujudan visi elektrifikasi Honda yang menargetkan elektrifikasi 100% untuk seluruh produknya secara global pada 2040.

Sebagai perkenalan awal, kalian bisa mencoba langsung model e:HEV Honda melalui unit test drive CR-V Hybrid yang tersedia di area test drive GIIAS 2022. Tapi buat kalian yang belum sempat ke GIIAS, yuk kepoin dulu tampang dua mobil baru Honda yang akan diboyong ke Indonesia ini.
 

CR-V Hybrid

 

CR-V Hybrid

CR-V Hybrid


Secara desain, penampilan CR-V Hybrid ini tidak banyak berbeda dengan New CR-V 2022 yang sudah banyak beredar di pasaran saat ini, baik dari desain bumper, lampu utama dan lampu kabut hingga model bokong yang semuanya menegaskan karakter kendaraan yang sporty (SUV). Begitu pula dengan interior mulai dari dashboard, klaster instrumen, dan desain jok kulit semuanya seragam sebagai dari bahasa desain Honda secara global.  

Yang membedakan adalah teknologi perkawinan mesin konvensional bahan bakar minyak dan motor listrik yang dilengkapi dengan baterai penyimpanan energi. Mengutip informasi dari Honda global automobiles-honda-com, CR-V hibrida ini ditanamkan mesin i-VTEC 2.0 dilengkapi motor listrik sehingga memiliki tingkat efisiensi bahan bakar yang sangat baik. Berdasarkan informasi yang disajikan Honda, teknologi ini mampu mencatatkan konsumsi bahan bakar mencapai 40 mil per galon atau sekitar 16-19 km per liter, yang didukung dengan transmisi e-CVT.

Saat dikendarai, aliran daya dapat dimonitor dengan jelas pada layar dashboard baik peralihan kerja mesin dan motor listrik, maupun pengisian daya dan pengisian ulang baterai.

Baca Juga : Tertarik Beli Mobil Listrik? Yuk Ceh Harganya dari yang Termurah hingga Termahal 
 

CR-V Hybrid

CR-V Hybrid

Adapun untuk harganya, Honda Prospek Motor belum mengumumkan angka kisarannya, lantaran masih menunggu waktu 6 bulan sampai setahun untuk dipasarkan resmi di Indonesia. Tetapi sebagai gambaran, CR-V Hybrid di pasar AS dijual mulai dari US$32.010 untuk tipe terendah hingga US$37.800 untuk tipe tertinggi pada model 2022. Jika dirupiahkan sekitar Rp474 juta-Rp559 juta. Tentu saja harga ini masih ditambah pajak dan biaya lain jika masuk ke Indonesia. 

Adapun untuk harga New CR-V 2022 (nonhybrid) saat ini dijual mulai Rp516 juta untuk tipe 2.0L i-VTEC hingga Rp653 juta untuk tipe 1.5 L Prestige Turbo (OTR Jakarta). 
 

Accord Hybrid

Accord Hybrid

Accord Hybrid


Sedan mewah Honda ini juga memiliki desain interior dan eksterior yang hampir sama dengan model Accord pada umumnya. Mengutip spesifikasi CR-V di Honda Prospek Motor, pada tampilan luar, desain lancip pada lampu utama, lampu kabut, lampu belakang dan lampu rem semuanya sudah menggunakan LED, velg berukuran 18 inci, spion lipat otomatis dan antena sirip hiu menjadi ciri utamanya.

Pada interior hampir dominan berbalut kulit terutama pada jok, setir, tuas transmisi dan beberapa bagian lain serta dilengkapi sunroof dan kaca dengan lapisan antipanas. Selain itu, AC otomatis dua zona, pengontrol multimedia pada setir, pengaturan kursi secara elektrik, start stop engine, monitor aliran daya antara mesin dan motor listrik dapat dimonitor secara langsung dan berbagai fitur lainnya turut disematkan sebagai standar pada jajaran mobil premium Honda.

Nah sebagai teknologi kendaraan elektrifikasi, Accord ini memiliki mesin powertrain hybrid dengan dua motor penggerak yang menghasilkan daya 212 tenaga kuda, dan memiliki efisiensi bahan bakar yang optimal. Berdasarkan peringkat badan perlindungan lingkungan AS (EPA), hasil pengujian di 48 kota dan 47 jalan raya menunjukkan tingkat konsumsi bahan bakar mencapai 30 mil per galon untuk dalam kota, dan 38 mil per galon untuk luar kota. Jika dikonversi, angka itu berada pada kisaran 12-15 km per liter.

Sebagai gambaran saja, Accord Hybrid di pasar AS memiliki lima tipe mulai dari tipe terendah dibanderol Rp392,5 juta hingga tipe tertinggi Rp570 juta. Sedangkan untuk New Accord nonhybrid yang dijual di Indonesia saat ini dibanderol mulai Rp773 juta untuk tipe terendah OTR Jakarta.

Baca Juga : Perhatikan Hal Krusial Ini Dalam Perawatan Mobil Listrik  
 

Accrod Hybrid

Accrod Hybrid

Sebagai segmen kendaraan premium Honda, pastinya CR-V Hybrid dan Accord Hybrid ini memiliki pilihan mode berkendara, yaitu ECON membantu performa mesin yang paling efisien, Mode Sport membantu menjaga tenaga mesin pada performa yang maksimal, dan Mode EV yang memungkinkan berkendara sepenuhnya dengan mengandalkan motor listrik pada kondisi tertentu.

Selain itu, fitur keamanan lengkap serba sensor bakal dihadirkan, mulai dari sistem kemudi, navigasi berkendara, sampai pengereman yang semuanya didukung oleh fitur cerdas Honda Sensing. 

Nah gimana Genhype, apakah kalian tertarik dengan mobil hybrid Honda tersebut meski penjualannya masih menunggu tahun depan? Biar lebih yakin, silakan dijajal dulu unitnya yang disediakan Honda selama ajang GIIAS 2022.

Tak hanya itu, Honda juga memperkenalkan model berbasis listrik lainnya di GIIAS, termasuk model yang akan diproduksi secara lokal di Indonesia. Rencana tersebut merupakan bagian dari visi elektrifikasi Honda yang saat ini difokuskan pada hybrid electric vehicle (e:HEV) sebagai transisi menuju era elektrifikasi total.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Art Jakarta 2022 Hadirkan Koleksi dari 39 Galeri Lokal, Yuk Cek Profilnya

BERIKUTNYA

Mengumpulkan Jejak Sejarah Indonesia yang Tercecer dari Negeri Paman Sam

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: