Ilustrasi (dok. Freepik)

Kenali 3 Tanda Gejala Diabetes Pada Kaki

22 June 2021   |   11:46 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu kan kalau diabetes tipe 2 atau diabetes melitus memrupakan penyakit yang berdampak pada kerusakan tubuh hingga kematian. Tanda-tandanya ternyata bisa dilihat di kaki lho. 

Diabetes tipe 2 terjadi ketika tubuh mengalami disfungsi untuk memproses hormon insulin. Adapun insulin adalah salah satu hormon yang berfungsi mengatur gula darah. 

Ketika kadar gula darah tidak terkontrol, ini dapat merusak tubuh. Salah satu tanda kerusakan itu bisa muncul di kaki. Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten dapat menyebabkan neuropati atau kerusakan saraf di kaki.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), neuropati di kaki meningkatkan kemungkinan ulkus kaki, infeksi, dan akhirnya berujung pada amputasi.

Menurut Diabetes UK, kadar gula darah yang tinggi secara konsisten juga dapat memengaruhi sirkulasi darah. Ini dapat menyebabkan suplai darah ke kaki terhambat. 

Tanpa suplai darah yang baik, kamu mungkin bermasalah dengan luka dan penyembuhan luka. "Anda mungkin juga mengalami kram dan nyeri di kaki,” tambah situs kesehatan itu. 

Nah, untuk mengurangi risiko komplikasi pada kaki, sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah.  “Pastikan tekanan darah dan kadar kolesterol juga dipantau dan dikontrol dengan obat-obatan jika diperlukan," kata spesialis kaki Mike O'Neill dalam sebuah artikel yang diterbitkan di situs web NHS.

Menurut NHS, bagi penderita diabetes penting untuk menjaga kebersihan kaki dan bebas dari infeksi. Kenakan sepatu yang pas dan tidak sempit. Sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan jagung dan kapalan, bisul, dan masalah kuku.

Jangan pernah berjalan tanpa alas kaki, terutama di taman atau di pantai untuk menghindari luka dan usahakan untuk tidak duduk dengan menyilangkan kaki agar sirkulasi darah tidak terhambat.

Potong kuku kaki secara teratur, berhenti merokok, dan turunkan kadar gula darah yang tinggi. Diet sehat dan tetap aktif juga sangat membantu mengelola kadar gula darah. 

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Bakal Ada Nintendo Switch Pro? Ini Kata Bos Nintendo Amerika Serikat

BERIKUTNYA

Nyok, Kenalan dengan Arsitektur Rumah Betawi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: