Ilustrasi seseorang memegang bendera merah putih (Sumber gambar: Rizky Rahmat Hidayat/Unsplash)

7 Film Lawas Indonesia Bertema Perjuangan yang Wajib Kalian Tonton

10 August 2022   |   14:31 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Perawan di Sektor Selatan (1971)

 

Perawan di Sektor Selatan berkisah tentang tokoh perempuan bernama Laura, yang memiliki dendam dengan gerilyawan republik yang membuat ibunya meninggal. Untuk membalas sakit hatinya, dia memihak Belanda dan diselundupkan sebagai mata-mata ke pasukan Kapten Wira (Kusno Sudjarwadi) di Sektor Selatan, suatu daerah pedalaman terpencil. Laskar rakyat ini dikenal lantang melawan Belanda.
 

6. Merdeka atau Mati Surabaya 1945 (1990)

 

Peristiwa 10 November di Surabaya merupakan salah satu kejadian penting dalam mempertahankan kemerdekaan. Sebab, teruji kegigihan rakyat Indonesia melawan kolonialisme.

Di sisi lain, berbagai perisitwa bersejarah pun muncul dari kejadian ini, mulai dari kepiawaian Bung Tomo dalam mengobarkan semangat rakyat melawan sekutu, perobekan bendara Belanda, hingga insiden tertembaknya jenderal Inggris. Adapun, film ini merekonstruksi ulang dalam bentuk visual tentang beberapa kisah heroik itu dari kacamata rakyat biasa.

Baca juga: Tak Kalah Sama Hollywood, Ini 7 Rekomendasi Film Laga Indonesia
 

7. November 1828 Diponegoro (1979)

 

Disutradarai Teguh Karya, film ini menceritakan tentang sebuah kelompok penduduk desa di Jawa yang memberontak melawan pemerintahan penjajahan Hindia Belanda. Film ini mengandung tema loyalitas dan pengkhianatan. November 1828 Diponegoro dibintangi sederet aktor senior Indonesia seperti Slamet Rahardjo, Rachmat Hidayat, El Manik, dan Yenny Rachman.

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Maknyus, Restoran Ini Sajikan Brisket Sapi Otentik Amerika

BERIKUTNYA

Ini Alasan Pentingnya Buat Komitmen Keuangan Sebelum Menikah

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: