Jelaskan produk yang dijual secara rinci (Sumber gambar: Tokopedia)

Seller, Ikutin 5 Cara Ampuh Dapat Review Bintang 5 dari Pembeli

05 August 2022   |   22:16 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Like
Salah satu pertimbangan konsumen dalam membeli sebuah produk di toko daring yang ada di e-commerce adalah ulasan dari pembeli lainnya. Tak jarang seseorang tidak jadi membeli karena ulasan atau bintang toko tersebut jelek. Sebaliknya jika ulasan dan bintang yang diberikan tinggi, pembeli akan tertarik membeli produk yang ada di gerai tersebut.

Dengan makin tinggi bintang yang didapatkan dan ulasan yang positif, maka akan makin baik pula perkembangan bisnisnya.

Nah, rupanya untuk bisa dapat bintang 5 dan review positif dan konsumen, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Merchant Education Senior Lead Tokopedia, Resti Purniandi, membagikan lima tips mendapat review atau ulasan bintang lima dari pembeli.

Baca juga7 Tips Membangun Bisnis bagi Pemula ala Pengusaha Milenial
 

1. Responsif dan Komunikatif

Pembeli selalu senang dengan penjual yang cepat dan tepat dalam menjawab. “Jawab pertanyaan pembeli di kolom chat dan diskusi dalam waktu maksimal 10 menit agar meminimalisir potensi pembeli berpaling ke toko lain,” jelas Resti.

Seller juga perlu menyampaikan ke calon pembeli terkait jam buka tutup toko demi menjaga ekspektasi mereka. Penjual bisa menggunakan fitur Jadwal Toko untuk mengatur jam buka-tutup hingga jadwal libur toko.
 

2. Gunakan Foto dan Video yang Sesuai

Pastikan foto dan video produk asli dan buatan sendiri. Foto produk dari berbagai sisi dapat memudahkan pembeli melihat detail produk dengan jelas.

“Manfaatkan juga pencahayaan yang terang dan gunakan latar belakang foto yang sederhana. Para penjual yang menggunakan foto produk asli dan video produk cenderung lebih dipercayai pelanggan,” ujarnya.
 

3. Deskripsikan Produk dengan Jelas

Jelaskan produk yang dijual secara rinci, mulai dari merek, fungsi, ukuran, kelengkapan produk, detail warna hingga cara perawatan. Informasikan juga terkait layanan logistik yang digunakan serta jadwal pengiriman.

“Penjual sebaiknya memposisikan diri sebagai pembeli agar bisa memperkirakan pertanyaan-pertanyaan apa saja yang kemungkinan akan ditanyakan oleh pembeli,” kata Resti.
 

4. Kemas Produk dengan Aman - Gunakan ukuran kardus yang mendekati dimensi produk dan tambahkan pelapis secukupnya agar aman.

“Periksa ulang produk yang akan dikirim sebelum dikemas, pastikan tidak ada cacat pada barang. Kemas produk secara aman sesuai kategori barang dan pertimbangkan durasi pengiriman. Ingatkan pembeli untuk membuat video unboxing paket sebagai bukti kondisi produk jika ternyata ditemukan keluhan,” jelas Resti.
 

5. Jaga Komunikasi dengan Pembeli Setelah Bertransaksi

Ketika pesanan sudah diterima oleh pembeli, ucapkan terima kasih dan tanyakan langsung tanggapan pembeli terhadap pelayanan toko. "Mintalah kritik dan saran serta ajak pembeli untuk memberi ulasan produk dan bintang sebagai tanda kepuasan,” tutur Resti.

Seller juga dapat berbagai materi edukasi untuk penjual bisa diperoleh dan diakses secara gratis melalui Pusat Edukasi Seller. "Kami berharap berbagai inisiatif Tokopedia dapat memajukan UMKM lokal sekaligus membantu memulihkan perekonomian nasional,” tutupnya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

 Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Moms, Yuk Ajak Anak Bermain Sambil Belajar dengan 4 Cara Seru Ini

BERIKUTNYA

Instagram Resmi Meluncurkan Fitur NFT di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: