Cuplikan gim video Vanaris Tactics. (Sumber gambar: Toge Productions/Matheus Reis)

4 Fakta Menarik tentang Vanaris Tactics, Gim yang Rilis Hari Ini

04 August 2022   |   08:53 WIB

Like
Genhype, hari ini, Kamis (4/8/2022), gim Vanaris Tactics resmi dirilis pada platform Steam. Beraliran role-playing game (RPG), gim ini memiliki narasi pendek dengan kisah sekelompok pengungsi yang kabur dari kampung halaman mereka. Tujuannya adalah untuk mencari kebebasan di luar dinding Vanaris.

Kisahnya sendiri melihat Morgana dan perjuangannya untuk mencari kebebasan bersama dengan saudaranya yaitu Nigel dan Adrien yang merupakan keponakannya sambil menjelajahi lahan Vanaris yang luas dan bertemu dengan berbagai orang baru agar terhindari dari orang-orang yang mengekang mereka. Dengan kombinasi RPG fantasi dan strategi, yuk kenalan dengan gim video Vanaris Tactics.

Baca juga: 6 Ide Lomba Kekinian untuk Memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia
 

1. Diperkenalkan pada September 2021


Dalam The Indie Houses, sebuah acara yang berisikan kolektif publisher untuk industri gim, Vanaris Tactics diperkenalkan sebagai salah satu gim yang akan hadir dari Toge Studio. Gim ini sendiri merupakan salah satu gim yang cukup dinantikan karena inspirasinya dari gim RPG lama dan merupakan kolaborasi antara Toge Productions dengan pengembang gim Matheus Reis.

Selain Vanaris Tactics, IGN melaporkan bahwa Toge Productions juga mengenalkan beberapa pembaruan gim video lain yaitu Coffee Talk Episode 2: Hibiscus & Butterfly yang ditunjukkan secara perdana, gim When the Past Was Around yang direncanakan akan hadir dalam versi ponsel, dan gim  A Space for the Unbound yang akan memiliki adaptasi webtoon dengan studio seni Kosmik Network.
 

2. Terinspirasi dari gim terkenal


Vanaris Tactics terinspirasi dari beberapa gim yang pernah dimainkan oleh sang pengembang. Reis menggunakan rujukan berbagai gim RPG fantasi taktik yang populer sepanjang masa, beberapa di antaranya adalah Final Fantasy Tactics and Tactics Ogre

Kehadiran dua referensi ini menciptakan gim yang kental dengan unsur taktik dan fantasi, ditambah dengan sistem pertarungan turn-based yang mengambil rujukan dari permainan taktis turn-based yang sempat populer pada masanya. Nantinya, gim ini juga bisa membuat pemainnya mencoba berbagai kombinasi aksesoris dan senjata yang berpengaruh dalam pengalaman bermain.
 

3. Punya versi demo selama 2022


Sebelum gim ini resmi ditayangkan di Steam dan GOG, Vanaris Tactics memiliki versi demo yang rilis pertama kali pada Januari 2022 dalam Steam Publisher Sale Event pada 17-19 Januari 2022. Demo ini hanya menunjukkan cuplikan dari gim video tersebut dan bisa memainkan semua karakter yang ada di dalamnya.

Sempat dibawakan kembali dalam Steam Next Fest pada Februari 2022, gim ini memiliki beberapa pembaruan seperti koreksi bug tambahan serta penambahan tujuh bahasa termasuk bahasa Mandarin, Jerman, Jepang, hingga Prancis. Kemudian, demo ini berganti nama menjadi Vanaris Tactis - Prologue pada April 2022 dan tersedia sebagai bagian prolog terpisah yang bisa dimainkan semua pemain.

Baca juga: Xiaomi Redmi 10 5G Resmi Rilis di Indonesia, Cek Spesifikasinya!
 

4. Menekankan pada kombinasi narasi dan taktik


Sebagai gim RPG taktik berbasis personal computer (PC), gim ini nantinya akan menggabungkan berbagai karakter unik dengan ragam kekuatan, kemampuan, dan kisah individu. Setiap karakter bisa berkembang dengan mengembangkan kemampuan dan meningkatkan batas dalam diri melalui berbagai tantangan.

Tidak hanya narasi individu, ada juga narasi dari lahan Vanaris yang hadir dengan berbagai harta karun berharga dan kisah-kisah yang disampaikan di sepanjang perjalanan. Setidaknya gim ini nantinya menghadirkan 15 cerita unik dan berbagai potongan kisah serta pertarungan dengan sejumlah pihak, dari pertarungan kecil sampai yang besar.

Dalam sisi taktik, pemain diharuskan memiliki strategi tertentu dalam menyerang musuh, menyadari adanya perlawanan musuh, hingga menyerang dari jarak tertentu. Namun, pilihan ini harus disadari akan risiko bahwa setiap keputusan berpengaruh pada cerita saat pertarungan.


Editor: Roni Yunianto
 

SEBELUMNYA

5 Fakta Menarik Head In The Clouds di Jakarta, Konser Musik Besutan 88rising

BERIKUTNYA

Yuk Intip Karya dalam Art Jakarta Spot yang Nanti Akan Ada di Art Jakarta 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: