Red Dead Redemption 2 merupakan salah satu gim populer yang ikut tidak bisa dimainkan karena pemblokiran Steam oleh Kominfo. (Sumber gambar: Unsplash/Hamed Taha)

5 Gim Populer di Steam & Epic Games Ini Tidak Bisa Dimainkan Setelah Diblokir Kominfo

01 August 2022   |   20:46 WIB

Sejumlah aplikasi gim seperti Steam, Epic Games, dan Origin tidak bisa diakses oleh masyarakat Indonesia sejak Sabtu (30/7/2022). Kementerian Komunikasi dan Informatika menyebutkan hal ini terjadi karena ketiga platform digital tersebut belum mendaftarkan produknya ke dalam database Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE).

Sebagai imbas dari pemblokiran tersebut, para pemain gim lokal dan streamer tidak bisa mengakses beberapa gim yang populer seperti Dota 2, PlayerUnknown Battle (PUBG), dan Counter-Strike yang kerap kali dipertandingkan sebagai bagian dari lineup olahraga daring atau e-sports.

Selain tiga gim tersebut, berikut beberapa gim populer lain yang juga terdampak dari pemblokiran Steam dan sejumlah sistem elektronik yang terkait dengan gim.
 

1. Fortnite


Gim milik Epic Games yang diunggah di Steam ini merupakan gim berkonsep survival, battle royale, dan sandbox yang hadir sejak 2017. Gim ini mulai populer hingga menjadi fenomena di kalangan pemain gim dengan keuntungan sebesar lebih dari US$9 miliar hingga 2019.

Meski gim ini memenangkan sejumlah penghargaan, Fortnite sempat menerima kecaman di Indonesia karena penistaan agama Islam setelah beredar bangunan berbentuk Ka'bah. Bahkan, gim ini diklaim oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai gim yang mempromosikan kekerasan.
 

2. The Sims 4


Instalasi keempat dari gim simulasi sosial The Sims ini dikenal sebagai salah satu gim yang populer karena pemain bisa membuat karakter dan bangunan serta mengendalikan keberadaannya dengan ragam aktivitas dan tindakan. The Sims 4 sendiri memiliki fitur pengembangan Sim, pembangunan bangunan, penciptaan semesta tertentu, dan pengembangan perasaan dari setiap Sim.

Gim ini memiliki respons yang bervariasi dengan ulasan bahwa gim ini lemah dalam beberapa konten dan fitur dibandingkan dengan The Sims 3, misalnya penciptaan gaya Sim dan semesta Sim yang terbuka, lemah dalam segi interaktivitas, hingga obyek yang hilang dari seri sebelumnya. Ulasan lainnya yang beredar memuji pada aspek multitasking dan desain visual yang lebih baik.
 

3. FIFA 22


Bagi Genhype yang suka dengan permainan simulasi olahraga sepak bola, FIFA 22 merupakan gim yang kini banyak dikenal oleh pecinta gim maupun penggemar bola. Gim ini hadir dengan fitur HyperMotion Technology, Career Mode, Ultimate Team, Card Kinds, VOLTA Football, Pro Clubs, dan Player Traits serta lisensi dari lebih dari 700 klub bola dan 17.000 pemain.

Gim ini mendapatkan respons positif secara komersial dalam aspek pengunduhan digital dengan estimasi 77 persen, lalu penjualannya mencapai lebih dari sembilan juta kopi. Gim ini mendapatkan capaian terbaru dengan kategori Best Music Supervision for a Video Game dalam Guild of Music Supervisors Awards. Ulasannya mengarah ke hal positif dengan pujian pada pengembangan pemain dan aspek grafis.
 

4. Grand Theft Auto (GTA) V


Gim ketujuh dalam seri Grand Theft Auto sekaligus gim ke-15 dari semua instalasi keseluruhan dari GTA ini dikenal dengan aliran aksi-petualangan berkonsep kriminal di kota fiksi San Andreas, California Selatan. Kisahnya sendiri memiliki berfokus pada upaya pencurian di pemerintahan yang korup dan tokoh kriminal yang kuat.

Dengan sudut pandang orang pertama dan ketiga, gim ini dianggap sebagai salah satu produk yang paling cepat terjual sepanjang sejarah gim video dengan pendapatan hingga US$1 miliar pada tiga hari pertama. Ulasan yang beredar menyebutkan bahwa gim ini memiliki desain karakter, semesta gim, dan gameplay yang baik tapi memiliki penggambaran pada kekerasan dan perempuan yang cenderung buruk.
 

5. Dead by Daylight


Berkonsep survival horor, gim multiplayer dari pengembang Behaviour Interactive ini menyajikan konsep peperangan satu versus empat orang dengan satu pemain sebagai pembunuh dan empat orang sebagai penyintas. Gim ini rilis perdana pada 2016 dan terus berkembang sampai saat ini dengan ragam semesta, karakter, hingga kisah di balik setiap karakter.

Dengan mengundang lebih dari 50 juta pemain, Dead by Daylight dikenal dengan kolaborasi bersama beberapa pemegang lisensi konten film dan serial seperti Halloween, Saw, Ghost Face, Stranger Things, Silent Hill, Resident Evil, hingga Ringu dan Attack on Titan. Ulasan yang beredar bervariasi dari komentar negatif sampai positif dengan penilaian rata-rata dari 6,1/10 sampai 9/10.

Selain itu, beberapa gim yang tidak bisa diakses dari Steam adalah Among Us, Fall Guys, Phasmophobia, Monster Hunt Rise, Black Desert Online, Apex Legends, dan Red Dead Redemption 2

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Penuaan Dini Banyak Terjadi pada Usia Muda, Begini 4 Cara Mencegahnya!

BERIKUTNYA

5 Makanan yang Menyehatkan Jantung, Salah Satunya Cokelat

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: