Buah berry dapat menyehatkan jantung. (Sumber gambar : Unsplash/Susn Matthiessen)

5 Makanan yang Menyehatkan Jantung, Salah Satunya Cokelat

02 August 2022   |   06:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Jantung merupakan organ vital yang berfungsi untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan demikian, nutrisi dan oksigen dapat diserap oleh tubuh. Namun ada kalanya, organ jantung mengalami kerusakan yang disebabkan beberapa faktor mulai dari keturunan, usia, kolesterol tinggi, stres, dan tentunya gaya hidup yang tidak sehat.

Faktor keturunan mungkin sulit untuk diatasi, namun kolesterol tinggi, stres, dan gaya hidup masih bisa kita benahi untuk mendapatkan jantung yang sehat.  Selain berolahraga, ada pula lho makanan yang dipercaya menyehatkan gantung. Penasaran apa saja? Berikut daftarnya: 

Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyakit Jantung, Salah Satunya Jarang Gerak
 

1. Sayuran hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kale dikenal kaya vitamin, mineral, dan zat antioksidan. Sayuran ini merupakan sumber vitamin K yang membantu melindungi arteri dan melancarkan peredaran darah. 

Mengutip Healthline, sayuran hijau juga tinggi nitrat yang dapat  mengurangi tekanan darah, mengurangi kekurangan kekerasan arteri, dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melapisi darah. Menurut penelitian, asupan tinggi sayuran hijau dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner.
 

2. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti gandum, beras cokelat, oats, barley, dan quinoa dapat mengurangi riisko penyakit jantung. Makanan ini kaya serat dan mampu menurunkan kolesterol yang menjadi menyumbat pembuluh darah di jantung. 
 

3. Kacang-kacangan

Kacang almond mengandung kolesterol sehat dan lemak hati yang sehat (Omega3) yang membantu menurunkan kolesterol jahat. Begitu pula dengan edamame yang membantu menurunkan tingkat kolesterol. 

Sementara Kenari adalah sumber besar serat dan mikronutriens seperti magnesium, tembaga, dan manganese. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kenari membantu melindungi kita dari penyakit jantung.

Makan beberapa jenis kacang-kacangan yang mengandung protein dan serat terbukti mengurangi tekanan darah dan peradangan yang merupakan faktor risiko penyakit jantung. Namun jangan berlebihan ya, Genhype. 
 

4. Cokelat Hitam

Mengutip Medical News Today, cokelat hitam mampu mengatasi aterosklerosis, yakni penumpukan plak di arteri dan meningkatkan risiko serangan jantung atau strok. 

Coklat hitam kaya dalam antioksidan seperti flavonoid, yang dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung. Beberapa penelitian menyebut cokelat hitam mengurangi risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes.

Namun tetap dalam batas wajar ya dalam mengkonsumsinya. Sebab cokelat hitam tinggi gula dan kalori. Pastikan untuk memilih cokelat hitam yang berkualitas dengan isi cokelat setidaknya 70 persen.


5. Buah Beri

Buah berry seperti stroberi, bluberi, blackberries, dan rasberi padat nutrisi dan dapat memelihara kesehatan jantung. Beri juga kaya antioksidan seperti anthosianins, yang melindungi terhadap tekanan oksidatif dan peradangan yang berkontribusi terhadap pengembangan penyakit jantung.

Baca juga: 4 Faktor Risiko Penyakit Jantung, Salah Satunya Jarang Gerak

Beberapa studi menyebut makan banyak buah beri dapat mengurangi beberapa faktor risiko untuk penyakit jantung. Makan blueberry secara rutin meningkatkan fungsi sel-sel yang berbaris dengan pembuluh darah, dan membantu mengendalikan tekanan darah dan pembekuan darah.

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

5 Gim Populer di Steam & Epic Games Ini Tidak Bisa Dimainkan Setelah Diblokir Kominfo

BERIKUTNYA

Simak Tema & Filosofi Logo HUT Kemerdekaan ke-77 RI

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: