Konsumsi buah-buahan penting dalam menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. (Sumber gambar: Freepik)

Konsumsi Buah yang Cukup Bantu Penuhi Kebutuhan Kesehatan Tubuh

01 August 2022   |   17:53 WIB

Like
Perawatan pada kesehatan tubuh menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh sebagian masyarakat saat ini. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat dengan porsi yang seimbang untuk kebutuhan gizi harian. Hal ini termasuk pada konsumsi buah yang penting bagi tubuh.

Sayangnya, Guru Besar Departemen Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor Dodik Briawan mengamati dalam berbagai survei bahwa setidaknya 90 persen konsumsi porsi sayuran dan buah-buahan masih belum tercukupi bagi masyarakat setiap harinya. Salah satu penyebabnya adalah prinsip makan kenyang yang banyak diamini masyarakat Indonesia.

"Masyarakat Indonesia masih berprinsip makan itu kenyang saja, tapi lupa dengan komposisi makanannya. Selain itu, daya beli dan akses pada produk buah-buahan serta sifat masyarakat, terutama anak-anak, yang masih pemilih secara tekstur dan rasa juga jadi penyebab konsumsi buah yang masih rendah," tuturnya dalam sesi diskusi pada Senin (1/8/2022).

Baca juga: Menghidrasi Tubuh hingga Jaga Kesehatan Kulit, Intip 8 Khasiat Buah Semangka

Padahal, konsumsi buah-buahan dianggap sebagai salah satu cara untuk meningkatkan kesehatan tubuh karena kaitannya dengan daya tahan tubuh. Pernyataan ini disampaikan oleh dokter spesialis gizi klinis Diana Felicia Suganda yang mengatakan bahwa asupan makanan sehat, termasuk buah-buahan, punya pengaruh terhadap kondisi fisik tubuh.

Oleh karena inilah, dia mengimbau kepadamasyarakat agar rajin mengonsumsi buah-buahan, setidaknya 2-3 porsi buah dalam satu hari. Untuk porsinya sendiri bisa berupa satu buah berukuran sedang (mis. apel, pir, jeruk, dan sebagainya) atau satu potong buah berukuran besar (mis. semangka, melon, pepaya, dan sebagainya). 

Penyajiannya bisa bermacam-macan, baik hanya satu buah maupun kombinasi beberapa buah. Dia menyarankan bahwa konsumsi buah perlu dilakukan dengan kombinasi beragam warna secara konsisten, sehingga kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan antioksidan bisa terpenuhi dari kumpulan buah-buahan yang membentuk warna pelangi.

"Kombinasi buah cukup dengan beberapa buah yang mudah ditemukan seperti buah pepaya, pisang, jeruk [dan lain-lain]. Tapi balik lagi dengan kebutuhan setiap individu. Idealnya 3-4 jenis buah dalam satu hari konsumsi, lalu bisa ditambahkan secara bertahap," tambah Diana.

Jika penyajiannya berupa gabungan dari buah-buahan, maka bisa dihidangkan dalam satu mangkok atau piring. Misalnya, salad buah dan sop buah. 

Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa penyajian buah yang kurang dalam satu kali konsumsi bisa dicukupi dalam sesi makan selanjutnya pada hari yang sama.
 

Mengenalkan buah pada Anak

Sementara itu, mengonsumsi buah-buahan secara konsisten juga diyakini dapat memberikan manfaat kesehatan jangka panjang bagi tubuh. Kegiatan inilah yang dilakukan oleh aktris Nirina Zubir yang kini mengedepankan penyajian buah-buahan kepada keluarganya.

Sebagai ibu dengan dua anak, aktris yang disapa dengan Na ini memiliki cara tersendiri dalam mengenalkan buah kepada keluarganya. Dalam hal ini, dia melakukannya dengan pendekatan yang seru dan interaktif.

Beberapa cara termudah yang dia lakukan adalah dengan menunjukkan bahwa buah ternyata merupakan makanan yang bisa dinikmati dengan lezat. Selain itu, dia juga mengajak kedua buah hatinya tentang produk buah, dari proses pengupasan sampai mendorong hingga mencicipi buah-buah baru. 

Baca juga: 10 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan

"Butuh usaha untuk menyediakan buah, biasanya belanja buah dua hari sekali di tukang sayur dekat rumah. Kegiatan ini bisa jadi aktivitas fisik sekaligus edukasi untuk anak dengan mengajarkan tentang rasa buah yang lebih alami dan lebih baik untuk kesehatan," jelas Nirina.

Dalam prosesnya, aktris yang pernah bermain dalam film Keluarga Cemara itu turut mengajarkan bahwa pentingnya kreativitas orang tua dalam mengolah buah-buahan, baik dalam bentuk jus, smoothies, hingga sop buah. Hal ini dilakukan agar si kecil tidak mudah bosan dan mengurangi kejenuhan.

Tidak hanya itu, cara lain untuk tetap konsisten menghadirkan buah-buahan juga harus dilakukan dengan mengenal buah dan rasa kesukaan anak-anaknya. Menurutnya cara-cara ini bisa mengenalkannya pada kebiasaan makan anak-anaknya, serta mengakali anak agar tetap terbiasa ingin makan buah dalam jangka panjang.

SEBELUMNYA

Simak Asal-Usul Bendera Negara Sang Merah Putih

BERIKUTNYA

Pecah! J-Hope BTS Jadi Headliner K-Pop Pertama yang Guncang Panggung Lollapalooza

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: