Semangka kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan (Sumber gambar: Freepik)

Menghidrasi Tubuh hingga Jaga Kesehatan Kulit, Intip 8 Khasiat Buah Semangka

01 June 2022   |   20:32 WIB

Buah semangka yang berwarna merah cerah dan mengandung banyak air sering dijadikan pilihan sebagai camilan ketika musim panas. Selain rasanya yang manis serta dapat membantu melepas dahaga, buah satu ini juga kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Semangka juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti potasium, magnesium, serta vitamin A dan C. Semangka juga merupakan buah yang rendah kalori, termasuk banyak kandungan citrulline, asam amino yang dapat meningkatkan kinerja aktivitas fisik.

Tak hanya itu, semangka juga memiliki kandungan antioksidan termasuk vitamin C, karotenoid, likopen dan cucurbitacin, yang bisa membantu memerangi radikal bebas. Melansir dari Healthline, Rabu (1/6/2022), berikut adalah beberapa khasiat semangka untuk kesehatan tubuh.


1. Menghidrasi tubuh

Semangka terdiri dari 92% air dan itu dapat menyokong kebutuhan air dalam tubuh agar berfungsi dengan baik. Karena kandungan airnya yang tinggi, semangka juga memiliki kalori yang rendah sehingga dapat membantu mengelola berat badan dengan membuat rasa kenyang lebih lama.

Baca juga: 10 Manfaat Buah Tin untuk Kesehatan


2. Mencegah kanker

Beberapa senyawa tanaman yang ditemukan dalam semangka seperti likopen dan cucurbitacin E, memiliki kemungkinan efek anti kanker seperti kanker prostat dan kolorektal. Lycopene diyakini bisa menurunkan kadar insulin-like growth factor (IGF), hormon yang mendorong pembelahan sel. Khususnya, kanker terbentuk ketika pembelahan sel menjadi tidak terkendali.

Selain itu, cucurbitacin E dapat menghambat pertumbuhan tumor dengan mendorong autophagy sel kanker. Autophagy adalah proses dimana tubuh menghilangkan sel-sel yang rusak.
 

Floh Maier

Semangka juga mengandung berbagai nutrisi lain seperti potasium, magnesium, serta vitamin A dan C (Sumber gambar: Floh Maier/Unsplash)


3. Menjaga kesehatan jantung

Beberapa nutrisi dalam semangka juga dapat menjaga kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa likopen dalam semangka dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah. Ini juga dapat membantu mencegah kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi.

Baca juga: Sorbet Semangka, Sorbet Mudah & Segar saat Lapar Tengah Malam


4. Mengurangi peradangan

Peradangan kerap menjadi pendorong utama banyak penyakit kronis. Kombinasi antioksidan, likopen dan vitamin C dalam semangka dapat membantu menurunkan peradangan dan kerusakan oksidatif. Sebagai antioksidan, likopen juga dapat menunda timbulnya dan perkembangan penyakit Alzheimer. Namun, penelitian lebih lanjut masih tetap diperlukan.
1
2


SEBELUMNYA

5 Cara Mudah Bersihkan Dasbor Mobil

BERIKUTNYA

Game Air Twister dari Pengembang Legendaris Segera Meluncur di Apple Arcade 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: