Autobiography akan tayang perdana di Venice Film Festival pada 31 Agustus - 10 September 2022 (Sumber gambar: KawanKawan Media)

Film Autobiography Mewakili Indonesia di Ajang Venice International Film Festival 2022

26 July 2022   |   18:57 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Film produksi KawanKawan Media, Autobiography tercatat menjadi satu-satunya perwakilan dari Indonesia dalam kompetisi Venice International Film Festival 2022. Film panjang pertama sutradara dan penulis skenario Makbul Mubarak ini akan bersaing dengan sejumlah film dari negara lain.

Film yang dibintangi oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Rukman Rosadi, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Alm. Gunawan Maryanto itu akan berkompetisi di seksi Orrizonti (Horizons). Adapun, dewan juri seksi Orrizonti kali ini adalah sutradara veteran Spanyol, yakni Isabel Coixet.

Baca juga: 7 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop Agustus 2022

“Sebagai satu-satunya film dari Asia Tenggara, bersama film-film lain dari Ukraina, Jepang, Argentina, Italia, Perancis, Iran, dan lain-lain,” demikian keterangan tertulis yang Hypeabis.id terima.

Sutradara dan penulis skenario Makbul Mubarak merasa senang lantaran fiilm Autobiography lolos seleksi untuk tayang di perhelatan film tertua dan terbaik di dunia. Menurutnya, pencapaian ini menjadi garis finis yang manis untuk film yang proses pembuatannya memakan waktu sekitar 4 tahun.

Dia menuturkan bahwa Venice International Film Festival juga menjadi momentum yang mendebarkan, karena merupakan titik awal bagi film Autobiography untuk bertemu dengan penontonnya.

Yulia Evina Bhara, Produser KawanKawan Media, menuturkan bahwa Venice International Film Festival banyak mengawali keberhasilan film-film besar dunia seperti La La Land, A Star is Born, Birdman, The Shape of Water, dan lain-lain.

“Mereka semua terpilih untuk tayang di Venice dan kemudian hari mendapatkan nominasi Oscar,” katanya.

Tahun ini pun, lanjutnya, banyak film besar yang akan tayang di Venice Film Festival, baik itu film Hollywood atau dari seluruh dunia. Oleh sebab itu, dia merasa bahagia bahwa cerita yang awalnya ditulis dan disutradarai sebagai sebuah curhatan pribadi bisa tayang dengan film besar dunia.

Menurutnya, Autobiography adalah hasil kolaborasi dari banyak talenta di industri perfilman. Tidak hanya dari dalam negeri, paparnya, film ini juga merupakan hasil kerja sama produksi dengan sejumlah negara.

“Co-produksi antarnegara tidak hanya menguntungkan dari segi financing, lebih dari itu co-produksi memungkinkan terjadinya kolaborasi kreatif dan sekaligus memperluas jangkauan distribusi filmnya,” katanya.

Dikembangkan sejak 2017, proyek film Autobiography telah dipresentasikan di Torino Film Lab2017 dan kemudian berlanjut terseleksi ke European Audiovisual Entrepreneurs Ties That Bind, Berlinale Co-production Market, Locarno Open Doors, Southeast Asian Fiction Lab-SEAFIC, FDCP Project market dan First Cut Lab.

Autobiography, menjadi film Indonesia yang bekerja sama produksi dengan Singapura, Polandia, Filipina, Jerman, Perancis, dan Qatar, setelah mendapatkan dukungan dari beberapa pihak. Di antaranya, aide aux cinémas du monde CNC Prancis, Nouvelle-Aquitaine Regional Fund Prancis, World Cinema Fund Jerman, Purin Pictures Thailand, Polish Film Institute, Asean Co-Production Grant –ACOF Filipina, Tokyo Talents NEXT Master Program dan Doha Film Institute.

Tidak hanya dari luar Indonesia, film Autobiography juga mendapatkan dukungan pendanaan dari Badan Ekonomi Kreatif untuk tahap pengembangan dan produksi. Aspek distribusi didukung oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
 

Proses produksi

Dia menuturkan proses penulisan naskah dan persiapan produksi Autobiography memakan waktu sekitar 4 tahun, proses syuting memakan waktu 41 hari dan keseluruhan pengambilan gambar berlangsung di Bojonegoro, Jawa Timur.

Mayoritas kru dan aktor, adalah pekerja film Indonesia. Selain itu, beberapa kru Autobiography juga berasal dari luar negeri seperti Polandia, Singapura, Filipina, Prancis, dan Brazil.

Autobiography akan tayang perdana di Venice Film Festival pada 31 Agustus - 10 September 2022 bersama dengan film-film terbaru dari bintang-bintang seperti Cate Blanchett, Harry Styles, Sadie Sink, dan Hugh Jackman.
 

Sinopsis

Autobiography adalah sebuah film drama suspense thriller yang berkisah tentang Rakib yang diperankan Kevin Ardilova yang bekerja menjaga rumah kosong milik pensiunan bernama Purna, yang diperankan Arswendy Bening Swara.

Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga pun tidak lagi kosong. Setiap hari, dia menemani Purna dalam banyak kegiatannya seperti berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya.

Baca juga: Film Pengabdi Setan 2 Jadi Horor Paling Seram dengan Sihir IMAX

Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya hingga pada suatu hari sebuah kejadian tidak terduga mengubah semua pandangan Rakib.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Era Mobil Listrik Sudah Semakin Dekat, Pemerintah Siapkan Inpres untuk Kendaraan Setrum

BERIKUTNYA

Riuh Melankolis Jakarta dalam Tur Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: