Setiap negara punya tradisi merayakan hari anak yang berbeda-beda. (Sumber gambar: Kampus Production/Pexels)

5 Perayaan Unik Momentum Hari Anak di Berbagai Negara

23 July 2022   |   17:45 WIB

Hari Anak Nasional (HAN) dirayakan setiap tanggal 23 Juli di Indonesia. Peringatan ini berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 44 Tahun 1984, dan merupakan momentum penting untuk menggugah kepedulian dan partisipasi seluruh komponen bangsa Indonesia dalam menjamin pemenuhan hak anak.

Hak yang dimaksud adalah hak untuk hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Peringatan Hari Anak Nasional  dirayakan dengan berbagai kegiatan yang tentunya melibatkan anak-anak. Mulai dari memberikan anak hadiah, mengadakan perlombaan, merayakannya dengan bermain, hingga acara-acara khusus yang dibuat untuk anak-anak.

Meski begitu, Indonesia bukan satu-satunya negara yang memperingati hari anak setiap tahunnya. Beberapa negara lain bahkan memiliki tradisi perayaan hari anak yang unik dan menarik seperti dilansir dari The New Age Parents dan Kids Gen, berikut ini.

Baca Juga : Simak Sejarah dan Makna Peringatan Hari Anak Nasional Setiap 23 Juli 
 

1. Jepang

Orang Jepang merayakan Hari Anak atau yang disebut Kodomo no hi pada 5 Mei setiap tahunya. Pada hari itu, biasanya para keluarga akan menerbangkan layang-layang ikan mas berwarna-warni yang disebut bendera koinobori dari rumah mereka. Menurut kepercayaan, ikan mas mewakili tekad dan kekuatan dalam cerita rakyat Jepang.

Selain itu, anak-anak juga biasanya akan menikmati kue ketan dan berpartisipasi dalam acara-acara di seluruh negeri seperti drama tradisional Jepang. Gelaran Olimpiade Anak juga biasanya diadakan di Tokyo yang diikuti ribuan anak saat perayaan Hari Anak. 
 

2. Meksiko

Di Meksiko, perayaan Hari Anak yang dikenal dengan sebutan El Dia del Niño diperingati pada 30 April setiap tahunnya. Saat perayaan itu, banyak sekolah dan organisasi terkait akan menyusun berbagai acara khusus untuk anak-anak Meksiko. Kegiatan belajar di sekolah digantikan oleh pesta besar dengan makanan, permainan, dan wahana yang menyenangkan.

Permainan tradisional khas Meksiko seperti Pin the Tail on the Donkey biasanya akan dimainkan oleh anak-anak. Spanduk terbang, piñatas, pertunjukan musik dan boneka adalah beberapa pemandangan umum saat perayaan Hari Anak di negara tersebut. Tak hanya itu, anak-anak Meksiko juga akan melakukan tradisi bernyanyi sambil menggulung molinillo--pengocok kayu tradisional Meksiko--di antara telapak tangan mereka dalam minuman coklat, sebelum menikmatinya saat sarapan.
 

Ilustrasi anak-anak (Sumber gambar: Obibini Kobby/Pexels)

Ilustrasi anak-anak (Sumber gambar: Obibini Kobby/Pexels)


3. Thailand

Pada hari Sabtu kedua bulan Januari setiap tahun diperingati sebagai Hari Anak Nasional di Thailand. Anak-anak dianggap sebagai sumber daya bangsa yang paling berharga, dan perayaan tahunan itu berfungsi untuk merangsang anak-anak agar menyadari pentingnya dan tanggung jawab mereka terhadap masyarakat.

Pada peringatan Hari Anak, anak-anak Thailand biasanya akan diizinkan menaiki transportasi umum seperti bus secara gratis, berkunjung ke taman hiburan, kebun binatang, kantor pemerintah seperti gedung pemerintah, serta ke pangkalan Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara. Anak-anak juga diberikan izin oleh Royal Thai Air Force untuk menjelajahi pesawat.
 

4. Turki

Di Turki, Hari Anak Nasional diperingati pada tanggal 23 April setiap tahunnya. Uniknya, anak-anak di Turki biasanya akan diberikan kesempatan untuk berkunjung ke Gedung Parlemen Turki, dan merasakan sebagai pejabat negara selama sehari. Bahkan, mereka juga akan praktik secara langsung sebagai pejabat negara yang akan berpidato dan ditayangkan di televisi.

Selama sisa hari itu, festival anak-anak juga akan berlangsung di seluruh negeri. Anak-anak dari seluruh dunia diundang untuk berpartisipasi dan tampil dalam pakaian dan tarian tradisional mereka untuk berbagai festival, sebagai cara untuk mendorong pertukaran budaya bagi semua anak.
 

Ilustrasi anak-anak (Sumber gambar: Lukas/Pexels)

Ilustrasi anak-anak (Sumber gambar: Lukas/Pexels)


5. India

Di India, Hari Anak dirayakan pada tanggal 14 November setiap tahunnya. Tanggal ini menandai ulang tahun kelahiran Pandit Jawaharlal Nehru, perdana menteri pertama India merdeka. Nehru sangat menyukai anak-anak dan karenanya, untuk menghormati jasa-jasanya untuk anak-anak, Hari Anak diperingati pada tanggal 14 setiap November.

Hari Anak adalah momen yang menyenangkan bagi anak-anak India. Dalam kesempatan tersebut, anak-anak India biasanya mendapatkan hadiah dan ucapan selamat dari orang tuanya. Banyak sekolah di negara itu juga akan mengizinkan siswa untuk menghadiri kelas mereka dengan gaun berwarna-warni. Beberapa acara khusus juga biasanya akan dibuat, dimana para orang tua dan guru akan menyerahkan bunga mawar kepada setiap anak. Selain itu, banyak sekolah juga akan mengadakan kegiatan seperti perjalanan berkemah atau film gratis di Hari Anak untuk agar semua anak bisa bersenang-senang.

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Wow, Amerika Bangun Kantor Penelitian UFO

BERIKUTNYA

Deteksi Kelainan Pembuluh Darah Lewat MRA, Yuk Pahami Cara Kerjanya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: