Ilustrasi membangun ikatan bersama anak. (sumber gambar : Unsplash/Elisabeth Wales)

Begini 5 Kiat Bangun Ikatan Untuk Tumbuh Kembang Anak

22 July 2022   |   22:14 WIB

Tumbuh kembang anak menjadi hal krusial yang wajib dipantau orang tua agar memberikan dampak positif untuk masa depannya. Agar tumbuh kembang yang baik ini tercapai, hubungan antara ayah maupun ibu dengan si kecil harus dekat, lantaran hal tersebut akan berpengaruh pada pembentukan karakter mereka.

Ada banyak hal yang orang tua dapat lakukan bersama anak agar membangun kedekatan, seperti bermain dan melakukan berbagai kegiatan bersama. Anak yang bermain dan rutin berinteraksi dengan orang tua akan menjadi semakin terampil untuk berkomunikasi, berpikir kritis, memecahkan masalah, bergerak, dan bersosialisasi. 

Menyambut Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli 2022, berikut beberapa kegiatan seru yang agar hubungan dengan si kecil semakin erat :

Baca Juga : Yuk Kenali Manfaatan Rutinitas Keluarga bagi Kesehatan Mental Anak 
 

1. Olahraga Bareng

Awali hari untuk bonding dengan anak seraya menjaga kesehatan melalui olahraga bareng. Selain melakukan olahraga seperti sepak bola atau bulu tangkis, berjalan di pagi hari atau sore hari di taman kota juga cukup mendorong anak untuk mengeluarkan energinya, sembari mengeksplorasi dunia luar. Jangan lupa bawa bekal yang disukai anak tapi tetap sehat untuk disantap di taman publik.


2. Memasak bersama 

Memasak bersama anak tak hanya menyenangkan, tapi juga dapat memberi sejumlah manfaat salah satunya adalah membangun rasa percaya diri. Ketika orang tua melibatkan anak dalam aktivitas ini,  seperti membantu menyiapkan alat, bahan, dan ikut serta dalam proses pembuatannya, anak akan merasa bahwa dirinya dipercaya dan dapat membangun rasa tanggung jawab. 

Agar lebih bersemangat dan menyenangkan, buat si kecil layaknya seperti seorang chef. Cukup pakaikan topi koki dan celemek. Usai memasak, jangan lupa untuk memuji mereka sebagai tanda bahwa kamu menghargai usahanya. Hal ini juga membuat mereka lebih percaya diri dan dekat dengan orang tua. 
 

3. Bermain Peran

Seringkali kita dapati anak mengajak kita untuk bermain dokter-dokteran, polisi-polisian, dan juga ibu-ibuan bersama dengan mainan dan boneka mereka. Ikut berpartisipasi dalam permainan peran ini akan membuat orang tua semakin dekat dengan anak, dan juga melatih kemampuan mereka dalam bersosialisasi serta mempelajari topik-topik tertentu.

Anak akan menggunakan medium berupa mainan atau boneka untuk dijadikan seorang karakter ketika sedang bermain roleplay. Semakin banyak boneka yang ada, maka anak akan lebih banyak menempatkan peran dan menggunakan imajinasinya, sehingga kemampuan sosialisasi mereka pun meningkat.
 

4. Buat Proyek Seni 

Anak kita dipenuhi oleh rasa ingin tahu yang amat besar. Mereka pasti pernah bertanya tentang bagaimana suatu hal terbentuk atau terjadi. Untuk memenuhi rasa keingintahuan mereka, orang tua dapat membuat sebuah proyek seni dengan mengombinasikan warna-warna yang ada menjadi warna yang baru ketika melukis dan menggambar. Proyek seni ini juga dapat menjadi sarana orang tua untuk memvisualisasikan jawaban untuk ribuan pertayaan si kecil.
 

5. Mendongeng Sebelum Tidur 

Mendongeng kepada si kecil di malam hari, selain dapat membantunya tidur dengan nyenyak, juga bermanfaat untuk mengasah imajinasi mereka. Melalui dongeng, anak kita akan membayangkan apa pun yang mungkin tidak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Anak bisa membayangkan bagaimana hewan bisa berbicara, putri yang tinggal di istana, hingga tokoh dengan kekuatan super.

Bunda atau ayah bisa memeragakan dengan membuat shadow puppet di dinding agar ceritanya terasa lebih seru. Semakin seru dan menarik ceritanya, semakin luas imajinasi anak dapat berkembang. Hal ini juga bisa membangun kedekatan yang positif antara si buah hati dengan orang tua. 

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Era Soekamto Rilis 111.111 NFT Batik

BERIKUTNYA

KotaK Rilis Single Local Pride, Terinspirasi dari Citayam Fashion Week

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: