Nope (sumber gambar Universal Pictures)

'Nope' Tantang 'Thor' Berebut Singgasana Box Office

21 July 2022   |   16:47 WIB

Setelah mendapatkan tontonan beragam dari jagoan super, dinosaurus yang kembali menguasai bumi, hingga petualangan pilot jet tempur selama musim panas di pasar Amerika Serikat dan Kanada, kini penonton akan mendapat suguhan film horror misteri yang layak dinanti.

Kali ini penulis dan sutradara kenamaan Jordan Peele akan mempersembahkan film horor orisinal Nope. Peele sudah beberapa kali membuat film horor orisinal yang cukup sukses di pasaran. Sebut saja Get Out hingga Us.

Dengan kehadiran Nope di bioskop  Amerika Serikat dan Kanada, maka film horor tersebut akan bersaing dengan pemegang mahkota box office Thor: Love and Thunder yang menghasilkan US$46 juta dalam pekan ini dengan total pendapatan menjadi US$233 juta di pasar AS dan domestik dan US$498 juta di seluruh dunia.

Pendapatan Thor pekan ini sebenarnya bukan kabar baik bagi Marvel Cinematic Universe (MCU) mengingat hal itu berarti terjadi penurunan sebesar 68?ri pendapatan pekan sebelumnya, dan mendapatkan penilaian yang biasa saja dari penggemarnya, yang ditandai dengan nilai B+ dari CinemaScore.

Posisi kedua box office pekan ini ditempati oleh Minions: The Rise of Gru, yang mendapat US$26 juta dari penjualan tiket pada akhir pekan ketiga penayangannya di pasar AS dan Kanada, atau turun hanya 44 persen pekan sebelumnya, sehingga total pendapatan Minions mencapai US$262,6 juta, atau setara dengan pendapatan 17 hari tayang pendahulunya, Minions pertama.

Adapun posisi ketiga ditempati pendatang baru Where the Crawdads Sing yang meraup US$17 juta. Film yang dibintangi oleh Daisy Edgar-Jones ini berdasarkan sastra fenomenal Delia Owens yang menjadi salah satu novel terlaris dalam satu dekade terakhir. Film dengan biaya ‘hanya’ US$24 juta dari Sony dan Hello Sunshine karya Reese Witherspoon ini ternyata mendapat sambutan baik dari penonton dengan mendapat A- CinemaScore).

Di tempat keempat masih dikuasai petualangan pilot pesawat tempur Top Gun: Maverick dengan tambahan US$12 juta, sehingga menjadikan pendapatan total film tersebut US$618 juta di pasar AS dan Kanada dan US$ 1,237 miliar di seluruh dunia.

Film  ini bakalan tidak mendapat halangan berat untuk bisa memasuki singgasana sepuluh besar box office sepanjang masa di pasar AS dan Kanada, pekan depan dan akan terus terbang jauh untuk menembus sejumlah rekor baru.

Adapun Elvis berada di tempat kelima pada akhir pekan keempat dengan pencapaian US$7,6 juta dengan total US$ 106 juta. Film tersebut menjadi film nonwaralaba dari Warner Bros dengan pendapatan terbesar untuk orang dewasa tahun ini.


Geser Thor

Untuk pekan ini Nope merupakan satu-satunya film yang beredar secara luas di Amerika Serikat dan Kanada dan mencoba menggeser posisi Thor. Berdasar prediksi pasar, film ini akan memperoleh pendapatan US$46 juta hingga US$63 juta.


Film yang dijadwalkan tayang pada pada 17 Agustus di Indonesia tersebut merupakan film dengan genre komedi horor fiksi ilmiah yang ditulis, disutradarai, dan diproduksi bersama oleh Jordan Peele di bawah panji Monkeypaw Productions.

Nope dibintangi Daniel Kaluuya, Keke Palmer, dan Steven Yeun dan bercerita soal penduduk kota terpencil yang menyaksikan peristiwa misterius dan tidak normal soal alien dan mencoba untuk menangkap bukti video dari benda terbang yang tak dikenal tersebut.

Peele sebelumnya pernah bekerja sama dengan Kaluuya dalam Get Out (2017). Film tersebut juga berhasil meraih piala Oscar 2018 untuk kategori Best Original Screenplay.

Nope ditayangkan perdana di TCL Chinese Theatre di Los Angeles pada 18 Juli 2022 dan dirilis di bioskop-bioskop di Amerika Serikat pada 22 Juli 2022 oleh Universal Pictures.

Peele, saat wawancara dengan ET, menyatakan bahwa filmnya kali ini tetap bertema misteri horor dengan tema yang kompleks dan masih akan menyelipkan nuansa komedi, serta suasana gelap yang kadang membingungkan penontonnya, khususnya mereka yang baru kali ini menonton film karya Peele.

"Kau dapat menonton dan menganalisis dan berbicara dengan teman-temanmu, atau kau bisa diam dan menonton sambil bersenang-senang," kata Peele dalam wawancara itu.


Editor: Roni Yunianto

 

SEBELUMNYA

Yuk Membuat Cerita Visual dengan Wikistories

BERIKUTNYA

Balai Lelang Christie's Akan Adakan Pameran Karya Bacon & Ghenie di Korea Selatan

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: