Wikistories (sumber gambar: Wikimedia)

Yuk Membuat Cerita Visual dengan Wikistories

21 July 2022   |   14:55 WIB

Wikipedia merupakan proyek ensiklopedia multibahasa oleh Wikimedia Foundation, sebuah organisasi nirlaba yang berbasis di Florida, Amerika Serikat. Kini kita bisa membuat cerita dengan aspek visual di laman tersebut layaknya membuat fitur Story pada Instagram.

Wikipedia tentunya sudah tidak asing lagi buat warganet. Ensiklopedia bebas yang dapat diakses gratis lewat internet tersebut sudah hadir sejak tahun 2001. Sejak awal kelahirannya, Wikipedia lebih berorientasi teks, meskipun saat ini setiap artikel Wikipedia juga sudah dilengkapi dengan foto, gambar, animasi, dan kadang-kadang suara.

Fokus pada teks bisa dimaklumi. Pada saat kemunculan pertama kali Wikipedia, internet masih belum cukup terjangkau dan mahal. Artikel yang lebih berfokus kepada teks lebih murah dan efisien dalam menyampaikan informasi kepada pengunjungnya.

Namun saat ini, internet sudah makin murah dan  kencang. Medium visual juga makin populer. Media sosial seperti Instagram dan layanan streaming video seperti YouTube kini menjadi pilihan banyak orang untuk bersosialisasi dan mendapatkan hiburan.

Menyadari pentingnya aspek visual ini, tim pengembang Wikipedia sedang menguji coba fitur baru yaitu Wikistories. Fitur ini mirip dengan fitur Story pada Instagram, atau fitur serupa pada WhatsApp.
 

Mengaktifkan fitur Wikistories/Gombang nan Cengka

Mengaktifkan fitur Wikistories/Gombang nan Cengka


Pertama kali dirintis oleh Snapchat, fitur story ini memadukan gambar, video, dan teks untuk menampilkan konten pengetahuan bebas dalam ukuran yang lebih kompak.

Perbedaan terpenting WikiStories dengan fitur dengan nama yang mirip pada media sosial adalah “cerita” dari Wikipedia ini sifatnya permanen. Ini berbeda dengan Instagram story yang secara default hanya bisa diakses selama 24 jam (kecuali bila dipajang di profil pengguna).

Tahap Beta

Wikipedia bahasa Indonesia menjadi pilihan Wikimedia Foundation untuk uji coba fitur barunya ini. Fitur ini sudah tersedia buat pengguna terbatas sejak tanggal 30 Juni 2022, dan akan diumumkan secara resmi pada tanggal 4 Juli 2022.
 

Menambahkan dan mengedit konten Wikistories

Menambahkan dan mengedit konten Wikistories


Saya mendapatkan kesempatan untuk menguji coba versi beta Wikistories ini. Pada saat ini, untuk membuat dan mengakses Wikistories pengguna harus masuk log. Ini tentunya mensyaratkan pengunjung untuk membuat akun terlebih dahulu.

Tidak perlu aplikasi khusus, cukup menggunakan peramban. Namun saat ini Wikistories hanya tersedia ketika kita mengakses Wikipedia menggunakan peramban ponsel (mobile view).

Pada saat ini, selain hanya tersedia untuk pengguna yang masuk log, Anda juga harus sudah mengaktifkan fitur beta terlebih dahulu.

Setiap Wikistory dikaitkan dengan artikel Wikipedia tertentu. Bila Anda sudah memiliki akses ke fitur Wikistories, Story yang terkait dengan suatu artikel akan ditampilkan di bagian atasnya. Kita bisa mengklik Story tersebut untuk Bila artikel tersebut belum memiliki WikiStory, Anda bisa membuatnya sendiri.
 

Tampilan wikistories (di peramban desktop)

Tampilan wikistories (di peramban desktop)


Ketika membuat Story, kita akan diminta untuk mencari gambar (atau video) dari koleksi Wikimedia Commons. Secara default, Wikipedia akan mencari gambar dengan kata kunci yang sama dengan judul artikel. Namun kita bisa menggunakan kata kunci lain untuk menemukan gambar atau video yang masih terkait dengan konten artikel.

Berikutnya kita bisa mengutip teks dari artikel. Bisa jadi teks tersebut tidak cocok dikutip mentah-mentah, sehingga kita mungkin harus menyuntingnya terlebih dahulu. Setelah selesai, gambar dan teks tersebut bisa disimpan.

Sebuah Story umumnya berisi lebih dari satu gambar. Anda bisa menambahkan gambar dan teks lain sesuai narasi yang hendak dibuat. Setelah selesai, Anda bisa menerbitkannya. Seperti artikel Wikipedia, WikiStory akan otomatis dipublikasikan dan bisa dilihat langsung oleh orang banyak.

Anda juga bisa menyunting Story yang sudah ada untuk mengoreksi kesalahan yang mungkin ada, atau memperbaiki dan menambahnya.

Editor: M R Purboyo

SEBELUMNYA

7 Lagu Kolaborasi Internasional BTS Terbaik

BERIKUTNYA

'Nope' Tantang 'Thor' Berebut Singgasana Box Office

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: