Ilustrasi salah seorang pencari kerja. (Sumber gambar : Pexels/Andrea Piacquadio)

Lagi Cari Kerja? Yuk Pantau Lowongan di Industri Ini

23 June 2022   |   13:30 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Genhype, banyak lowongan pekerjaan nih seiring masyarakat Indonesia yang sudah menerima vaksinasi dosis kedua hingga booster. Dalam JobStreet Job Outlook Report 2022, jumlah lowongan kerja meningkat 45,8 persen dari Juli sampai Desember 2021. Sejumlah industri pun mulai pulih.

Nah, buat kamu yang sedang mencari pekerjaan, menurut survei JobStreet Job Outlook Report 2022, ada lima industri yang bisa kamu lirik karena mengalami pertumbuhan dan pemulihan yang kuat.

Pertama ada industri transportasi dan logistik. Kedua, grosir. Ketiga layanan kesehatan dan medis. Keempat, perawatan, kecantikan dan kebugaran. Kelima, zat kimia, pupuk dan pestisida.

Sementara itu, lima kategori industri dengan pemulihan bertahap diantaranya layanan perbankan dan keuangan; komputer dan IT; manufaktur dan produksi; produk konsumen dan FMCG; serta pertanian, perkebunan, perunggasan, dan perikanan. 

JobStreet mencatat, ada 10 besar industri yang paling volume iklan lowongan kerjanya cukup besar. Secara berurutan yakni manufaktu; ritel dan perdagangan; perbankan dan keuangan; komputer dan IT; transportasi. Kemudian produk konsumen; konsultasi; konstruksi dan bangunan; layanan kesehatan; makanan dan minuman. 

"Industri manufaktur menjadi industri dengan iklan lowongan kerja terbanyak," ujar Country Marketing Manager JobStreet Indonesia Sawitri Hertoto.

Untuk spesialisasi, volume iklan lowongan kerja tertinggi yakni penjualan dan pemasaran. Diikuti akuntasi dan keuangan; komputer/IT; admin/HR; manufaktur; jasa layanan; teknik; seni, media, dan komunikasi; bangunan dan konstruksi; pendidikan dan pelatihan. Lebih lanjut Sawitri menyampaikan jumlah total lamaran kerja pada 2021 sebanyak 110,8 juta lamaran. 
 
Dalam Job Outlook Report 2022 terdapat pula data mengenai faktor ketertarikan utama bagi pekerja di Indonesia, di mana gaji dan kompensasi menjadi faktor terpenting. Biar kamu enggak bingung, coba pakai fitur Panduan Gaji JobStreet dan Kalkulator Gaji JobStreet.

Panduan Gaji JobStreet adalah fitur untuk mengetahui nilai gaji sesuai pasar tenaga kerja berdasarkan empat kriteria, yaitu spesialisasi, posisi, industri dan gaji pokok bulanan. Fitur ini akan memberi informasi seputar jika gaji kamu tergolong rendah, tinggi atau median.

Genhype juga bisa tahu industri yang menawarkan gaji tertinggi untuk spesialisasimu, tren gaji untuk spesialisasimu, dan tips untuk mencapai target karir yang sesuai.

Ada pula Kalkulator Gaji JobStreet merupakan fitur yang dapat digunakan untuk mengetahui gaji bersih yang seharusnya diterima. Fitur ini akan bermanfaat untuk kamu yang berencana pindah pekerjaan dan ingin bernegosiasi gaji. Fitur ini akan menghitung potongan-potongan pada gaji termasuk Pajak Penghasilan (PPh) dan BPJS agar kita bisa mengetahui berapa gaji bersih yang seharusnya diterima.

 
Editor: Roni Yunianto 

SEBELUMNYA

JobStreet Laporkan Pemicu Fenomena Undur Diri Massal, Ini Penyebabnya

BERIKUTNYA

Mengenal Tenun Ikat Sikka, Wastra Asli dari Nusa Tenggara Timur

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: