The Panturas (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Siap-siap, The Panturas Gelar Konser Wahana Ombak Banyu di 3 Kota

20 July 2022   |   13:35 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Kondisi pandemi yang kian mereda dimanfaatkan oleh para musisi Tanah Air untuk menggelar tur konser, tak terkecuali The Panturas. Band surf rock asal Jatinangor itu akan menggelar tur spesial bertajuk Wahana Ombak Banyu Asmara di tiga kota yakni Bandung, Yogyakarta, dan Jakarta, pada akhir bulan ini.

Tur konser itu dibuat untuk merayakan album Ombak Banyu Asmara yang telah dirilis pada bulan September 2021 lalu, sekaligus lanjutan dari rangkaian kegiatan The Panturas dalam mempromosikan album tersebut. Sebelumnya, mereka juga merilis film pendek All I Want karya Edy Khemod dan video live session Ombak Banyu Asmara di YouTube.

“Rukun nge-band mah menurut kita standar sih. Rilis karya fisik, showcase, terus tur. Nah makanya kita bikin showcase buat nuntasin semua itu,” tutur Bagus Patria atau Gogon, Bassis The Panturas, dalam rilis resmi yang diterima Hypeabis.id, Rabu (20/7/2022).

Baca jugaThe Panturas Lebih Eksploratif di Album Ombak Banyu Asmara
 

Drummer The Panturas, Surya Fikri atau Kuya, menambahkan rangkaian tur ini juga menjadi bentuk apresiasi The Panturas kepada para pendengar setia mereka, yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia.

"Juga dari showcase ini, diharapkan semua lagu-lagu yang ada di album Ombak Banyu Asmara bisa tervisualisasikan dengan baik ketika ditampilkan di showcase nanti," kata Kuya.
 

Sajikan Pertunjukan Spesial

Menggarap konser tunggal bukanlah hal yang baru bagi The Panturas. Pada 2018 silam, mereka pun sukses menyuguhkan pertunjukan serupa bertajuk Pesta Mabuk Laut di Bandung dan Jakarta sebagai perayaan perilisan album perdana mereka, Mabuk Laut (2018).

Namun dalam konser Wahana Ombak Banyu Asmara, mereka memastikan bahwa sajian pertunjukan tersebut akan menampilkan sesuatu yang lebih menarik dibandingkan dengan Pesta Mabuk Laut.

“Sesuai dengan nama acaranya, showcase nanti tuh pengen jadi kayak fasilitator kebahagiaan yang nonton. Kayak wahana tempat bermain di pasar malam lah. Semuanya bisa senang-senang dengan caranya sendiri di satu lokasi yang sama lewat musik yang kita mainin,” kata Gogon. 
 

Poster tur Wahana Ombak Banyu (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Poster tur Wahana Ombak Banyu (Sumber gambar: Creathink Publicist)

Begitupun dari sisi tata produksi panggung, Gogon memastikan bahwa penggunaan tata lampu panggung hingga jalannya pertunjukan akan lebih ciamik dibandingkan dengan tur konser sebelumnya.

Tak hanya dari segi produksi teknis, The Panturas pun memastikan bahwa tur Wahana Ombak Banyu Asmara akan menawarkan konsep pertunjukan dan pengisi acara yang lebih menarik di setiap kotanya.

"Kalau biasanya pas The Panturas manggung ada sekitar lima atau enam orang yang ada di panggung, di showcase nanti bakal ada minimal sebelas orang di atas panggung yang main,” papar Gogon.

Kuya juga menjelaskan nantinya, akan ada beberapa additional players yang bermain perkusi, brass section, keyboard, termasuk choir, yang membuat pertunjukan lebih megah. Begitupun dari sisi lagu-lagu yang akan dibawakan, The Panturas telah menyiapkan deretan hit yang menjadi andalan mereka.

“Kurang lebih nanti bakal ada 27 lagu yang dimainin pas showcase. Itu sudah termasuk semua lagu yang ada di katalog rilisan kita dan beberapa lagu cover. Biar makin seru,” katanya.

Kendati menyiapkan pertunjukan yang spesial yang tentunya meningkatkan ongkos produksi, The Panturas mengaku bahwa penggarapan tur Wahana Ombak Banyu diupayakan dengan sistem kolektif menggunakan uang kas mereka sendiri. Proses pengerjaannya pun didukung oleh orang-orang terdekat di lingkungan mereka.

"Jujur, lumayan deg-degan juga sama showcase ini teh, soalnya no sponsor banget. Jadi semua garapannya masih terbilang pake sistem kolektif dan babarudakan," ungkap Kuya.

Adapun, untuk kalian yang ingin menonton konser tur Wahana Ombak Banyu Asmara dari The Panturas, berikut adalah informasi detailnya.
 

Bandung (Sabtu, 23 Juli 2022)

Lokasi: Critical Eleven
Band pembuka: Leipzig, CJ1000
Kolaborator: Arina & Riko (Mocca), Rekti (The SIGIT), Adipati (The Kuda)
Tautan pembelian tiket. : https://www.loket.com/event/wahana-ombak-banyuasmaraprogrammenenggelamkanbandung-buv1.
 

Yogyakarta (Minggu, 31 Juli 2022)

Lokasi: Alpha Bravo Stage
Band pembuka: The Sailors, Skandal
Kolaborator : Om Robo (Southern Beach Terror, Sundancer), Nesia Ardi (NonaRia), Adipati (The Kuda)
Tautan pembelian tiket : https://www.loket.com/event/wahana-ombak-banyu-asmaraprogrammenenggelamkanyogyakarta_bUV4.
 

Jakarta (Sabtu, 6 Agustus 2022)

Lokasi: Studio Palem
Band pembuka: Tabraklari, The Jansen
Kolaborator: Oscar Lolang, Nesia Ardi (NonaRia), Adipati (The Kuda)
Tautan pembelian tiket : https://www.loket.com/event/wahana-ombak-banyu-asmaraprogrammenenggelamkanjakarta_bUV3.



Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Intip Alila Villas Uluwatu yang Masuk Masuk Jajaran Resor Terbaik di Asia

BERIKUTNYA

Film Seoul Vibe Hadirkan Nostalgia Balapan Mobil pada 1988

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: