Sejumlah remaja berjalan di kawasan Sudirman, Jakarta (Sumber gambar: Hypeabis.id/Eusebio Chrysnamurti)

Saat Anak-anak “SCBD” Tidak Tahu Siapa Gubernur Tempat Nongkrong Mereka

20 July 2022   |   12:43 WIB

Like
Kabar soal anak-anak SCBD, yaitu Sudirman Citayam Bojonggede dan Depok rupanya belum habis. Ada saja tingkah mereka yang bikin penasaran dan mengundang pro kontra di antara netizen. Setelah viral aksi mereka di Citayam Fashion Week pekan lalu, awal pekan ini mereka membuat heboh setelah kedapatan tidur di jalanan tanpa alas di kawasan Stasiun BNI City, Dukuh Atas, Jakarta. 

Terbaru, aksi mereka bikin Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ikut berkomentar. Bukan soal aksi tidur di jalanan, melainkan ketidaktahuan mereka tentang nama Gubernur DKI Jakarta, pemimpin yang memiliki tempat tongkrongan mereka di kawasan Sudirman. 

Di akun Instagram resminya, Anies mengunggah video yang memperlihatkan dua anak muda sedang diwawancara, Rabu (20/7/2022). Mereka ditanya soal siapa Gubernur DKI Jakarta. Alih-alih menjawab Anies Baswedan, salah seorang dari mereka justru menjawab Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Padahal, seperti kita tahu, Gubernur DKI Jakarta adalah Anies Baswedan. 

Baca juga: Citayam Fashion Week, Ketika Anak Muda Berekspresi lewat Fesyen

"Wawancara teman2 "SCBD". Sudah jalan jauh dari Jabar sampai ke DKI Jakarta tapi Gubernurnya tidak ganti. Beginilah nasib saat kalah ganteng dan kalah tenar sama Gubernur tetangga. Bukan begitu, Kang @ridwankamil?," tulis Anies di akun Instagramnya. 

Mendapati mention dari Anies, Ridwan Kamil lewat akun Instagram pribadinya pun segera menjawabnya di kolom komentar. "Hahaha. Udah minjem tempat, ga apal pula yg punya tempat. Mohon dimaafkan."

Video yang diposting ulang dari akun @azzahratasning ini telah mendapat respons dari para netizen. Tercatat  hingga pukul 11.25 WIB, unggahan tersebut mendapat 1.263 like dan 23,595 like
 


Sejatinya, anak-anak “SCBD” ini tinggal di wilayah Jawa Barat, di mana gubernur mereka adalah Ridwan Kamil. Sedangkan, tempat tongkrongan mereka di kawasan Sudirman, berada di wilayah DKI Jakarta. Adapun, pemimpin di wilayah ini adalah Anies Baswedan. 

Sebagai informasi, Anies Baswedan menjabat Gubernur DKI Jakarta dengan masa periode 2017 hingga Oktober 2022. Sementara itu, Ridwan Kamil menjabat Gubernur Jawa Barat dari 2018 dan akan berakhir pada 2023.
 

Fenomena “SCBD”

Kawasan Sudirman, Jakarta, khususnya di Dukuh Atas belakangan ini ramai diperbincangkan karena menjadi tempat mangkal muda-mudi dari Citayam, Bojonggede, dan Depok. Mereka ramai-ramai menjadikan area tersebut sebagai tempat nongkrong. Sampai akhirnya, tongkrongan mereka viral karena gaya fesyen yang mereka tampilkan. 

Akhirnya, fenomena ini melahirkan istilah Citayam Fashion Week (CFW).  Istilah ini mengacu pada fenomena anak muda yang mejeng di kawasan Stasiun MRT Dukuh Atas di Jakarta. Tak hanya berkumpul, tak sedikit dari mereka yang bergaya nyentrik dengan fesyen yang mereka kenakan.

Fenomena ini diduga berawal dari konten TikTok yang memperlihatkan wawancara sejumlah remaja dengan pasangannya yang nongkrong di kawasan tersebut. Gaya berbicara yang blak-blakan, cablak, dan penuh jargon dari mereka tak jarang mengundang tawa penonton. Ditambah dengan gaya fesyen yang unik, mereka sukses menjadi pusat perhatian khalayak.

Baca juga: Citayam Fashion Week Viral, Yuk Intip Gaya Fesyen dari 7 Negara Ini

Kawasan Sudirman pun mendadak disulap menjadi runway street style para remaja yang mayoritas berasal dari daerah penyangga Jakarta seperti Depok, Citayam, Bojong Gede dan Depok. Namun, tak sedikit pula yang berasal dari Jakarta, seperti Kalideres, Tanjung Priok, dan Cakung.


Editor: Gita Carla
SEBELUMNYA

Tidak Asal Tuang, Ketahui 5 Teknik Penyajian Bir Ini

BERIKUTNYA

Kim Garam Hengkang dari Girl Group LE SSERAFIM Pasca Putus Kontrak dengan HYBE & Source Music

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: