D.P. dan Squid Game menjadi serial dengan penghargaan terbanyak dalam Blue Dragon Series Awards pertama. (Sumber gambar: Youtube U+TV/Blue Dragon Series Awards)

D.P & Squid Game Raih Penghargaan Terbanyak dalam Blue Dragon Series Awards Pertama

20 July 2022   |   10:48 WIB

Penyelenggaraan Blue Dragon Series Awards pertama pada Selasa (19/7/2022) malam menjadi momen di mana serial D.P dan Squid Game meraih penghargaan terbanyak dalam acara tersebut. Dua konten orisinal dari platform streaming Netflix itu masing-masing mendapatkan dua penghargaan untuk dua nominasi berbeda.

Berlokasi di Paradise City, Incheon, Korea Selatan, acara yang dipandu oleh aktris-idol YoonA dan TV personality Jun Hyun-moo itu memberikan penghargaan dan apresiasi untuk para pelaku industri hiburan yang terlibat dalam konten platform streaming.

Beberapa aktor seperti Lee Jung-jae menceritakan sekilas tentang kesannya terhadap penghargaan yang diterimanya, Aktor Terbaik karena perannya di serial Squid Game.

Baca juga: 4 Fakta Menarik Penghargaan Blue Dragon Series Awards, Hadir Perdana pada 2022

"Saya hidup dalam babak ketiga dalam hidup saya melalui Squid Game. Jung Woo-sung, saya mendapatkan sebuah penghargaan," ujarnya.

Bagi Squid Game, penghargaan ini semakin menambah panjang daftar trofi mereka di industri hiburan. Sebelumnya mereka sempat memenangkan penghargaan Baeksang Arts Awards pada Mei lalu. Serial ini menyabet penghargaan utama (Daesang) dalam kategori televisi, serta Best Director untuk sutradara Hwang Dong-hyuk dan Jung Jae II untuk Best Art Director.

Sama seperti Squid Game, serial drama Korea D.P juga sebelumnya tercatat telah menerima penghargaan dari ajang lain. Pada tahun ini, serial tersebut juga mendapat penghargaan pada ajang BaekSang Arts Awards. Mereka memborong penghargaan untuk kategori Best Drama, Best Supporting Actor (Cho Hyn-CHul), dan Best New Actor (Koo Gyo-Hwan). 

Dalam momen terpisah, Kim Go-eun yang memenangkan penghargaan Aktris Terbaik karena perannya di serial Yumi's Cells memberi kesan tentang penghargaan terbaru yang didapatnya. "Saya mendapatkan Penghargaan Rookie (Pendatang Baru) of the Year dalam gelaran Blue Dragon Film. Ini adalah sesuatu yang bermakna karena terjadi setelah 10 tahun sejak debut," katanya sebagaimana dilansir dari Allkpop.

Sebagai informasi, Yumi's Cells menjadi salah satu drama Korea yang mendapat perhatian dari penonton. Sebagai drama adapatasi komik webtoon yang memiliki konsep berbeda dibandingkan dengan drama serupa, Yumi's Cells menghadirkan pengalaman menonton yang berbeda dengan kombinasi animasi dan live action dalam satu konten.

Berikut daftar pemenang beserta dengan penerima nominasi untuk Blue Dragon Series Awards Pertama pada tahun ini.
 

Drama/Serial Televisi

Drama Terbaik
D.P.

Aktor Terbaik
Lee Jung-jae (Squid Game)

Aktris Terbaik
Kim Go-eun (Yumi's Cells)

Aktor Pendukung Terbaik 
Lee Hak-joo (Political Fever)

Aktris Pendukung Terbaik
Kim Shin-rok (Hellbound)

Aktor Pendatang Baru Terbaik
Goo Kyo-hwan (D.P.)

Aktris Pendatang Baru Terbaik
Jung Ho-yeon (Squid Game)
 

Acara Variety/Program Hiburan

Program Variety Terbaik
Transit Love

Entertainer Laki-laki Terbaik
Kang Ho-dong (New Journey to the West Special: Spring Camp)

Entertainer Perempuan Terbaik
Celeb Five [Song Eun-yi, Ahn Young-mi, Shin Bong-sun, dan Kim Shin-young] (Celeb Five: Behind the Curtain)

Entertainer Laki-laki Pendatang Baru Terbaik
Kai EXO (New World)

Entertainer Perempuan Terbaik
Joo Hyun-young (SNL Korea)

Sebelumnya, nominasi untuk acara Blue Dragon Series Awards pertama telah diumumkan dengan Squid Game memegang nominasi terbanyak untuk serial televisi dengan lima nominasi: Drama Terbaik, Aktor Terbaik, Aktor Pendukung Terbaik, Aktris Pendukung Terbaik, dan Aktris Pendatang Baru Terbaik.

Lalu, nominasi terbanyak untuk kategori acara variety jatuh kepada SNL Korea dengan empat nominasi: Program variety Terbaik, Entertainer Laki-laki Terbaik, Entertainer Laki-laki Pendatang Baru Terbaik, dan Entertainer Perempuan Terbaik.

Baca juga: 10 Artis K-pop dengan Penghargaan Terbanyak hingga 2022

Tidak hanya itu, beberapa drama yang bersaing ke dalam daftar nominasi adalah Through the Darkness, Move to Heaven, Tracer, Juvenile Justice, Happiness, Mad for Each Other, My Name, One Ordinary Day, Youth of May, Semantic Error, Rookie Cops, All of Us Are Dead, dan Hope or Dope.

Lalu, beberapa program hiburan yang turut masuk ke dalam nominasi ini adalah Seoul Check-in, Girls' High School Mystery Class, Play You, Baek Jong-won's Four Seasons, Single's Inferno, Fighter Club, Golf Battle: Birdie Buddies, dan Learn Way.
 

Sejarah penghargaan

Dibandingkan dengan ajang lain, Blue Dragon Series Awards terbilang baru seumur jangung di industri hiburan Korea SElatan. Penghargaan pertama kali diumumkan pada akhir Juni 2022 dengan menyebutkan bahwa Sports Chosun, anak media dari Chosun Ilbo, akan menjadi penyelenggara. Acara penghargaan pertama ini ditujukan bagi tayangan serial dan acara variety dalam platform streaming.

Sementara itu, pembentukannya didasarkan pada industri hiburan dan konten audio visual yang semakin berkembang dan peningkatan ketertarikan terhadap konten orisinal. Melalui penghargaan ini, acara-acara serupa juga bisa mengembangkan spektrumnya yang kini masih berada dalam pusaran drama dan acara variety yang tayang di stasiun televisi tertentu.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Ben Affleck & Jennifer Lopez Resmi Menikah, Cinta Lama Bersemi Kembali

BERIKUTNYA

Tidak Asal Tuang, Ketahui 5 Teknik Penyajian Bir Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: