Blue Dragon Series Awards menghadirkan apresiasi bagi konten drama dan acara variety produksi layanan streaming. (Sumber gambar: Blue Dragon Series Awards)

4 Fakta Menarik Penghargaan Blue Dragon Series Awards, Hadir Perdana pada 2022

20 July 2022   |   10:12 WIB

Selasa (19/7/2022) malam, Sports Chosun yang dikenal sebagai penyelenggara acara penghargaan film Blue Dragon Film Awards kini menyelenggarakan acara penghargaan dengan nama Blue Dragon Series Awards. Acara ini diselenggarakan di Paradise City, Incheon, Korea Selatan.

Berbeda dengan Blue Dragon Film Awards yang memberikan penghargaan bagi film dengan mempertimbangkan film blockbuster atau laris secara komersial serta populer dengan memiliki nilai artistik yang tinggi pada tahun sebelumnya, Blue Dragon Series Awards justru akan melirik sejumlah konten serial dan acara variety dari layanan streaming.

Baca juga: Taeil, Kun & YangYang NCT Bernostalgia dalam Single Rain Day

Diselenggarakan untuk pertama kali setelah lebih dari 58 tahun sejak Blue Dragon Film Awards, yuk simak fakta menarik dari Blue Dragon Series Awards.
 

1. Dedikasi bagi karya serial televisi dan over-the-top (OTT)

Blue Dragon Series Awards pertama kali diumumkan pada akhir Juni 2022 dengan menyebutkan bahwa Sports Chosun, anak media dari Chosun Ilbo, akan menjadi penyelenggara. Acara penghargaan pertama ini ditujukan bagi tayangan serial dan acara variety dalam platform streaming.

Pembentukannya didasarkan pada industri hiburan dan konten audio visual yang semakin berkembang dan peningkatan ketertarikan terhadap konten orisinal. Melalui penghargaan ini, acara-acara serupa juga bisa mengembangkan spektrumnya yang kini masih berada dalam pusaran drama dan acara variety yang tayang di stasiun televisi tertentu.
 

2. 13 nominasi untuk drama dan acara variety

Karya-karya yang ada dalam penghargaan ini berasal dari beberapa layanan streaming lokal dan multinasional yang beredar secara resmi di Korea Selatan seperti Netflix, Disney+, Apple TV+, seezn, WATCHA, TVING, Coupang Play, Kakao TV, dan wavve.

Ada 13 nominasi drama dan acara variety yang hadir untuk Blue Dragon Series Awards: Drama Terbaik, Aktor/Aktris dalam Drama Terbaik, Aktor/Aktris Pendukung dalam Drama Terbaik, Aktor/Aktris Pendatang Baru Terbaik, Acara Variety Terbaik, Entertainer Laki-laki/Perempuan Terbaik, Entertainer Laki-laki/Perempuan Pendatang Baru Terbaik, dan Penghargaan Bintang Populer.

Sistem penilaian terhadap pemilihan pemenang dilakukan oleh enam juri dari kalangan ahli terverifikasi, lalu ditambah dengan penilaian dari warganet melalui voting sebagai satu juri agar celah antara tim ahli dan penonton umum bisa berkurang. Nantinya, hasil ini ditentukan dari estimasi penilaian dari ketujuh pihak.
 

3. Jun Hyun-moo dan YoonA sebagai pembawa acara

Untuk penyelenggaraan pertamanya, aktris-idol YoonA dan TV personality Jun Hyun-moo terpilih menjadi pembawa acara pertama untuk penghargaan ini. Jun Hyun-moo telah dikenal sebagai pembawa acara dalam beberapa penghargaan drama seperti MBC Entertainment Awards dan KBS Drama Awards, sedangkan YoonA pernah menjadi pembawa acara dalam beberapa festival musik di MBC.

Keduanya sama-sama mengatakan bahwa mereka antusias dengan kehadiran Blue Dragon Series Awards pada saat konten televisi daring sedang banyak mendapatkan perhatian dari masyarakat. Jun kemudian menambahkan bahwa acara ini diharapkan bisa acara yang terus berkembang untuk waktu yang lama.
 

4. Bertabur aktor, idol, dan entertainer

Mengingat acara ini merupakan acara penghargaan untuk serial televisi dan acara variety yang diproduksi oleh layanan streaming, beberapa penampil dalam daftar presenter berasal dari kalangan aktor, idol, hingga entertainer dan TV personality.

Aktor Kim Young-dae (Sh**ting Stars), aktris Noh Jung-ui (Our Beloved Summer) akan membawakan Entertainer Laki-laki dan Perempuan Pendatang Baru Terbaik, lalu aktris Moon So-ri dan Lee Se-young akan membawakan nominasi Aktor dan Aktris Terbaik dalam Drama. 

Park Hyung-sik (Soundtrack #1, Happiness) dan Seolhyun (The Killer's Shopping List) akan membawakan nominasi Aktor dan Aktris Pendukung Terbaik dalam Drama. Ada juga Key SHINee dan Hyeri dari acara Amazing Saturday yang membawakan nominasi Entertainer Laki-laki dan Perempuan Terbaik.

Baca juga: Aktor Kim Woo-bin Bagikan Pengalaman Kembali ke Layar Lebar setelah Hiatus 6 Tahun

Aktor-idol Hwang Min-hyun (Alchemy of Souls) akan membawakan nominasi Aktor dan Aktris Pendatang Baru Terbaik dalam Drama, entertainer Kang Ho-dong (Knowing Brothers) membawakan nominasi Program Hiburan/Variety Terbaik, dan Jang Dong-gun (Arthdal Chronicles) membawakan Drama Terbaik.

Tidak hanya mereka, ada juga JaeJae dari program web MMTG yang akan menjadi pemandu acara untuk gelaran karpet merah dalam acara ini. Dia sendiri terpilih sebagai salah satu nonimasi dalam Entertainer Perempuan Terbaik.

Editor: Dika Irawan 

SEBELUMNYA

Facebook, Instagram & WhatsApp Sudah Daftar PSE, Google & Twitter Belum

BERIKUTNYA

Ben Affleck & Jennifer Lopez Resmi Menikah, Cinta Lama Bersemi Kembali

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: